Tips

4 Program Pertukaran Pelajar Gratis Terbaik

4 Program Pertukaran Pelajar Gratis Terbaik

4 Pertukaran Pelajar Gratis yang Perlu Kamu Ketahui!

pertukaran pelajar

Halo sobat intipers! Apakah kalian ingin menambah wawasan dan pengalaman kalian dalam skala global? Pertukaran pelajar adalah jawabannya! Tidak hanya menambah ilmu, kalian juga akan belajar untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang dari berbagai latar belakang di dunia! Kali ini mimin akan bocorkan 4 pertukaran pelajar gratis yang perlu kamu ketahui!

1. YES (Youth Exchange and Study) Program

Pertukaran pelajar yang pertama yaitu Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES), biasa dikenal dengan YES.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Program ini berdiri pada tahun 2003 dan dikhususkan untuk pelajar di sekolah menegah atas, terutama kelas 10 dan 11.

Nantinya peserta terpilih akan berkesempatan untuk belajar di sekolah menengah atas Amerika dan tinggal bersama keluarga Amerika selama satu semester.

Biaya yang ditanggung oleh pihak beasiswa antara lain, visa, tiket pulang-pergi, asuransi kesehatan, uang saku bulanan, perjalanan domestik, program orientasi, dan penempatan sekolah serta keluarga asuh di Amerika. Untuk informasi selanjutnya, cek di sini.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

2. IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards)

Pertukaran pelajar yang kedua yaitu IISMA yang dibentuk oleh kemendikbud pada tahun 2021.

Program ini khusus untuk mahasiswa-mahasiswi semester 4 atau 6.

Berbeda dengan YES, peserta bisa memilih universitas yang ada di beberapa negara seperti Australia, New Zealand, Belanda, Amerika, dan lain sebagainya.

Apabila peserta lolos seleksi, peserta akan berkesempatan untuk belajar di universitas yang dipilih selama satu semester.

Biaya yang ditanggung termasuk visa, tiket pulang-pergi, asuransi kesehatan, registrasi dan biaya pendaftaran kampus, tempat tinggal, uang saku, tes PCR, serta karantina. Untuk informasi selanjutnya, cek di sini.

3. Global Undergraduate Exchange Program

Pertukaran pelajar yang ketiga yaitu Global Undergraduate Exchange Program yang merupakan program beasiswa dari negara Amerika. Program ini sudah dimulai dari tahun 2008, loh.

Oh ya, sesuai dengan namanya, program ini ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswi khususnya bagi mereka yang sedang menempuh semester 3 atau 5.

Hal yang perlu diketahui adalah program ini bersifat non-akademik.

Peserta terpilih akan mendapatkan fasilitas seperti workshop, program orientasi, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.

4. Asia Kakehashi Project

Pertukaran pelajar yang keempat yaitu Asia Kakehashi Project yang berasal dari Jepang. Siapa yang tidak suka negara sakura satu ini? Bagi kalian yang tertarik, bisa langsung cek dan mendaftar program ini.

Sayangnya, program ini diperuntukan bagi pelajar SMA yang pernah atau sedang belajar bahasa Jepang, baik di sekolah ataupun kegiatan di luar sekolah.

Pelajar terpilih akan tinggal dengan keluarga asuh di Jepang yang merupakan orang Jepang asli. Selain itu, penerima beasiswa juga akan menjadi murid di salah satu sekolah di Jepang. Tentu saja hal ini sangat menarik, selain dapat pengalaman baru, penerima beasiswa juga bisa melatih bahasa Jepang dengan penutur asli.

Jangan khawatir, sobat intipers! Biaya visa, tiket pulang-pergi, program orientasi, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya sudah ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.

Oke, jadi itu 4 pertukaran pelajar gratis yang perlu kamu ketahui! Bagaimana? Menarik bukan? Oh ya, kalau kalian merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin (@intipkuliah) di Instagram dan baca tips lainya di sini. Agar kalian tidak bingung tes bahasa Inggris mana yang harus kalian pilih dan cara belajarnya, silahkan cek TOEFL, IELTS, Tes Bahasa Inggris, dan Channel YouTube Belajar Bahasa Inggris.

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.