Tips

5 Kursus Online Gratis untuk Meningkatkan Skill

5 Kursus Online Gratis untuk Meningkatkan Skill

5 Kursus Online Gratis untuk Meningkatkan Skill

kursus online gratis

Halo sobat intipers! Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk internet. Kita dimudahkan dalam mencari informasi cukup dengan sekali klik. Akan tetapi taukah kalian bagaimana cara untuk memanfaatkan hal ini dan mencari ilmu gratis secara online?  Kali ini mimin akan berbagi 5 kursus online gratis untuk meningkatkan skill.

1. Coursera

Kursus online gratis yang pertama adalah Coursera. Coursera menawarkan berbagai akses pendidikan informal dan formal yang bisa kalian coba, antara lain kursus, pelatihan, sertifikasi, maupun pendidikan tinggi secara online.

Bidang ilmu yang tersedia juga beragam mulai dari data science, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya. Khawatir akan harga, durasi waktu, dan bahasa? Jangan khawatir sobat intipers, kalian bisa mengecek hal ini ketika akan memilih akses pendidikan yang kalian inginkan, jadi kalian bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan minat kalian.

Harga berlanggangan cukup bervariasi antara sekitar Rp700.000 – Rp1.130.000 per bulan dan 5.000.000 per tahun. Apabila kalian ingin mendaftar untuk program yang berbayar tetapi tidak mempunyai dana yang cukup, kalian bisa mengajukan financial aid. Tidak lepas dari itu, banyak sekali kursus gratis yang bisa kalian coba. Menariknya, kursus yang tersedia langsung dari universitas terkemuka, loh dan kalian bisa mengakses coursera via website atau aplikasi di smartphone masing-masing. Jadi tunggu apa lagi? Segera cek Coursera.

intipkuliah-web1

2. Future Learn

Kursus online gratis yang kedua adalah Future Learn. Di sini pelajar bisa belajar berdasarkan subjek dan program yang diinginkan. Subjek yang tersedia pun bermacam-macam, yaitu hukum, bahasa, bisnis & manajemen, dan lain sebagainya. Sama seperti coursera, future learn juga menawarkan beberapa program yang bisa dipilih, seperti kursus singkat, pelatihan, sertifikasi, dan pendidikan tinggi online.

Ketika kalian mendaftarkan diri untuk sebuah kursus kalian bisa berinteraksi dengan peserta lainnya dengan mudah. Tentu saja hal ini bisa membantu kalian untuk lebih leluasa berdiskusi dan menjalin koneksi. Bagi kalian yang ingin berlangganan, harga yang dipatok sekitar £139.00/tahun atau £23.99/bulan. Meskipun begitu, kalian tetap bisa mengakses kursus-kursus yang tersedia secara gratis. Ingin tahu lebih lanjut? Cek Future Learn.

3. RevoU

Kursus online gratis yang ketiga adalah RevoU. RevoU merupakan sekolah online yang berfokus pada keterampilan digital yang sedang banyak dicari pada era industri teknologi 4.0. Beberapa program yang tersedia adalah digital marketing, data analytics, product management, dan business development/tech sales.

Program yang tersedia bisa dalam bentuk full-stack yang memakan waktu 3 – 6 bulan (berbayar) atau mini-course selama 1 – 2 minggu (gratis). Apa aja sih yang didapat ketika mengikuti program gratis ini? Kalian bisa bergabung dengan komunitas RevoU mini-course dan mendapatkan materi dari ahlinya selama rentang waktu yang ditentukan. Tidak hanya itu, kalian juga diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas yang bisa dimasukkan ke dalam portofolio nantinya. Daftar segera di RevoU Mini-Course.

4. Khan Academy

Kursus online gratis yang keempat adalah Khan Academy. Khan Academy menyediakan materi-materi mulai dari jenjang TK hingga kuliah. Mata pelajaran yang diajarkan adalah matematika, kimia, biologi, ekonomi, TI (Teknologi Informasi), dan lain-lain.

Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum USA dan tentu saja menggunakan Bahasa Inggris untuk semua kontennya, akan tetapi kalian tetap bisa menggunakan subtitle dengan memanfaatkan fitur auto-translate.

Di sini juga terdapat materi mengenai SAT (Scholastic Aptitute Test) yang diperuntukkan bagi pelajar SMA yang ingin kuliah di USA. Tidak hanya gratis, Khan Academy menyediakan program basic life skills yang memuat materi tentang mengelola keuangan, pengembangan karir, dan sebagainya yang bisa dipelajari. Semua jenjang umur bisa mengakses program yang ada di website atau melalui smartphone masing-masing.

5. Udemy

Kursus online gratis yang kelima adalah Udemy. Di sini, kalian bisa mengakses berbagai macam kursus di bidang marketing, development, IT & software, Design, dan bidang lainnya.

Kursus yang tersedia ada yang gratis dan berbayar. Apabila kalian berminat untuk mengikuti kursus berbayar, kalian bisa membelinya dengan harga mulai Rp109.000 saja!

Ketika kalian sudah menjadi peserta dari suatu kursus, kalian akan mendapati fitur Q&A (Question and Answer), notes, dan sumber belajar. Sumber belajar yang diberikan bisa berupa dokumen PDF, mp3, atau link untuk mengerjakan quiz. Tidak hanya itu, sekali kalian mendaftarkan diri untuk sebuah kursus gratis atau berbayar, kalian bisa mengakses kursus tersebut selamanya. Tertarik? Cek Udemy.

Oke, jadi itu 5 kursus online gratis untuk meningkatkan skill yang bisa kalian coba. Semoga membantu ya! Oh ya, kalau kalian merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin (@intipkuliah) di Instagram dan baca tips lainya di sini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.