Tips

5 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan 

5 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan 

5 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

Tingginya perkembangan industri media di Indonesia telah memperluas kemampuan komunikasi manusia. Hal ini berpengaruh terhadap semakin tingginya peluang karir bagi sarjana Ilmu Komunikasi. Oleh sebab itu, bagi kamu yang menginginkan untuk berkuliah di jurusan ini, kamu berkesempatan memperoleh pekerjaan yang menjanjikan setelah lulus. 

Beberapa karier bagi lulusan Ilmu Komunikasi antara lain di bidang media konvensional seperti televisi dan radio hingga bidang digital seperti situs web atau blog, streaming video audio serta situs jejaring sosial. Tidak hanya itu, lulusan ilmu komunikasi juga dibutuhkan di hampir seluruh lini bidang perusahaan. 

Ilmu komunikasi merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional. Tidak heran jika prospek kerja untuk para lulusannya memiliki cakupan yang luas. 

Berikut ini beberapa prospek kerja ilmu komunikasi: 

prospek kerja ilmu komunikasi

Prospek kerja ilmu komunikasi

  • Public Relations 

Public relations merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara perusahaan dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan perusahaan tersebut. Tugasnya antara lain mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan. Seorang public relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar tercipta reputasi yang baik bagi perusahaan.  

intipkuliah-web1
  • Jurnalis

Bidang pekerjaan ini mempelajari bagaimana cara mengemas suatu berita untuk layak disebarkan ke khalayak luas, hal ini juga membutuhkan kemampuan menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Selain itu seorang jurnalis harus memiliki kemampuan menulis, peka terhadap kondisi  di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih  berita mana yang layak untuk disebarkan. Meskipun pekerjaan ini terbuka untuk berbagai jurusan, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak. 

Profesi ini bertugas mencari, mengumpulkan, memilih, mengolah dan menyajikan berita secepatnya kepada masyarakat luas melalui media massa, baik media cetak ataupun elektronik. Jurnalis merupakan kekuatan keempat dalam sebuah negara setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pendapat tersebut sekiranya tidak berlebihan karena kenyataannya seorang wartawan dapat menciptakan atau membentuk opini masyarakat luas, sehingga mampu menggerakkan kekuatan yang sangat besar.

  • Content Marketing 

Content marketing merupakan pihak yang bertugas mengatur strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan konsisten. Tujuannya untuk menarik perhatian para audiens yang dituju mengubah mereka menjadi customer. Tahapan kerja yang biasa dilakukan antara lain merencanakan konten, membuat konten, dan mendistribusikannya kepada market yang sesuai dengan target bisnis. Bentuk content marketing bisa beragam mulai dari artikel, video, dan podcast.  

  • Copywriter 

Seorang copywriter bertanggung jawab atas setiap tulisan dalam pemasaran. Profesi ini mendalami teknik penulisan khusus, yang disebut copywriting. Pada konteks ini, copy artinya teks bersifat persuasif, yang bisa mendorong seseorang melakukan suatu tindakan. Hal ini jadi elemen penting untuk menunjang kegiatan pemasaran/marketing. 

Kebanyakan copywriter bekerja di suatu agency (digital agency, advertising agency, creative agency). Sebagian lainnya masuk di tim marketing suatu perusahaan. Selain itu, ada juga yang bekerja secara freelance. 

  • Marketing Communications 

Marketing communication adalah segala pesan dan media yang disampaikan perusahaan dalam upaya berkomunikasi dengan pasar. Bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai dari iklan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kegiatan-kegiatan PR, presentasi sales, sponsor, aktivitas online, dan lainnya.   

Pada bagian ini seorang marketing communications tidak semata mengedepankan unsur pemasaran dari ilmu bisnis saja. Melainkan dapat menjadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan seperti apa tujuan yang diharapkan.  Apabila pemasaran yang dilakukan cukup menarik, kamu tak hanya mendapatkan kemungkinan produk laku terjual, tapi pelanggan pun akan kembali lagi untuk membeli. 

 

Nah, itulah beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi.  Meskipun sehari-hari kita selalu berkomunikasi, bukan berarti cara kita berkomunikasi selalu efektif. Di jurusan ilmu komunikasi, kamu akan berlatih dan memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk bekerja. Semoga bermanfaat! 

Oh iya, kalau kamu merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin intipkuliah di Instagram. Kamu juga dapat baca tips-tips lainnya di sini.

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.