Tips

5 Rekomendasi Drakor Kedokteran dan Rumah Sakit

5 Rekomendasi Drakor Kedokteran dan Rumah Sakit

5 Rekomendasi Drakor Kedokteran dan Rumah Sakit

Hai sobat intipers! Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati setiap tahunnya. Namun, kadang kita belum punya pandangan atau referensi mengenai tugas dan kehidupan seorang dokter. Nah, ternyata drama korea bisa kita jadikan sebagai salah satu referensi lo! Kok bisa? Untuk tahu jawabannya, pastikan untuk membaca artikel rekomendasi drakor kedokteran ini sampai akhir ya! 

Drama korea memang dikenal sering menampilkan sebuah profesi dari karakternya dengan sangat jelas dan detail. Misalkan jika tokoh tersebut adalah seorang polisi, hakim, atau pengacara, maka di sepanjang cerita akan membahas mengenai kasus atau hal yang berkaitan dengan profesi tersebut. Begitu juga dengan profesi seorang dokter, drama tersebut akan menceritakan aktivitas dari seorang dokter. Bahkan kadang adegan saat operasi juga ditayangkan dengan detail dan cermat. Meskipun hanya cerita fiksi, tapi hal ini bisa menjadi referensi sekaligus ajang refreshing.  

Berikut rekomendasi drakor kedokteran yang seru dan insightful: 

  • Hospital Playlist  

Drama ini bercerita tentang persahabatan lima orang dokter sejak mereka menempuh kuliah ilmu kedokteran pada tahun 1999. Mereka adalah Lee Ik Jin (Jo Jong Suk) seorang dokter spesialis Hepatobiller-Pankreas  , Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok) dokter Spesialis Anak, Kim Jun Wan (Jung Kyoung Ho) dokter Spesialis Kardiotoraks, Yang Seok Hyung (Kang Dae Myung) dokter Spesialis Ginekologi , dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) dokter Spesialis Saraf.  

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Hospital Playlist merupakan drakor Netflix yang sudah tayang selama dua musim dan berhasil menjadi salah satu drama kesayangan para penonton. Drakor ini menghadirkan banyak kisah haru dan beragam komedi yang dilakukan para tokohnya. Dalam drakor Hospital Playlist, juga terselip tentang jabatan fungsional dokter, seperti karakter Lee Ik Jun yang merupakan dokter utama hingga Jang Gyeo-ul serta Do Jae Hak sebagai dokter madya. 

  • Doctor Stranger  

Kisah dari drama yang tayang tahun 2014 ini dimulai ketika Park Hoon yang diperankan Lee Jong Suk kecil dan ayahnya yang merupakan seorang dokter, dijebak untuk pergi ke Korea Utara dan tak bisa kembali ke Korea Selatan. Di sana dia dilatih menjadi seorang dokter oleh ayahnya dan enjadi lulusan terbaik sekolah kedokteran Korea Utara. Park Hoon kemudian tumbuh menjadi seorang ahli kardiotoraks yang genius. 

Dengan kemampuannya yang luar biasa, dia bisa dengan cepat mendeteksi bagian dari jantung pasien yang bermasalah hanya dengan sentuhan tangannya. Tak hanya itu, hebatnya karakter Park Hoon ini dapat melakukan operasi meski kondisi ruangan dalam keadaan gelap.  

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

  • Doctor Romantic  

Drakor kedokteran ini bercerita tentang tiga dokter beda generasi, yaitu Kang Dong Joo yang diperankan Yoo Yeon Seok, Yoon Seo Jung diperankan oleh Seo Hyun Jin, dan Boo Yong Joo yang diperankan Han Suk Kyu. 

Boo Yong Joo adalah seorang dokter bedah yang terkenal akan kejeniusannya dalam menyembuhkan pasien. Ia bekerja di Geodae Hospital, rumah sakit paling terkenal di Seoul. Namun saat berada di puncak karier, Yong Joo tiba-tiba menghilang. Tak disangka, ternyata ia mengasingkan diri sebagai dokter di rumah sakit kecil di pinggiran kota. Bukan hanya itu, Yong Joo juga mengubah namanya menjadi Kim Sa Bu alias Master Kim.  

Di sisi lain ada Kang Dong Joo, seorang mahasiswa koas yang menjadi dokter karena sebuah keterpaksaan. Sementara Yoon Seo Jung, dokter muda yang punya ambisi besar agar ia bisa diakui oleh seseorang. Drakor kedokteran yang tayang tahun 2016 ini memiliki konflik cerita yang cukup rumit dan berkaitan dengan para pasien, dokter, hingga rumah sakit besar dan terkenal yang bernama Godae. Dr.Romantic menjadi salah satu drakor kedokteran yang disukai banyak penontonnya.   

  • Hospital Ship

    Drakor Kedokteran

    Hospital Ship – Sumber: Viu

Drakor kedokteran yang tayang pada tahun 2017 ini secara garis besar menceritakan tentang kehidupan para dokter dari berbagai bidang yang bertugas di sebuah kapal rumah sakit untuk membantu para penduduk di pulau terpencil. Song Eun-jae yang diperankan oleh Ha Ji-won, adalah seorang dokter bedah dari rumah sakit besar di Seoul. Ia mempunyai kemampuan luar biasa dan dinobatkan sebagai dokter bedah termuda.  

Di rumah sakit kapal ini Dokter Sung Eun Jee bersama tim dokter lainnya berusaha keras menyelamatkan masyarakat dengan berbagai masalah kesehatan yang diderita. Dokter Kwak Hyun yang perankan oleh Kang Min Hyun juga hadir sebagai dokter relawan. 

Para dokter relawan berusaha mencari bantuan dan donasi untuk bisa memfasilitasi rumah sakit kapal ini agar mampu melayani secara maksimal kepada pasien yang datang dari warga sekitar yang tinggal di pulau terpencil itu.   

  • Life 

Drakor kedokteran ini bercerita tentang konflik perebutan kekuasaan yang terjadi di Rumah Sakit besar di Korea Selatan. Life dibintangi oleh Lee Dong Wook sebagai Ye Jin Woo. Dokter Ye Jin Woo adalah spesialis pengobatan darurat yang berdedikasi di salah satu pusat medis top Korea Selatan. Ketika direktur rumah sakit tiba-tiba meninggal karena jatuh dari atap gedung, ia mencurigai bahwa  itu bukan sebuah kecelakaan. Dokter Ye Jin Woo kemudian mulai berselisih dengan presiden baru rumah sakit yang memiliki orientasi bisnis dan mengesampingkan pelayannan.   

Karena tidak puas dengan sistem yang dijalankan di rumah sakit tersebut, Dokter Ye Jin Woo bersama staf rumah sakit lainnya mengungkapkan konspirasi besar atas peristiwa yang terjadi di rumah sakit tersebut.  

Nah itulah rekomendasi drakor kedokteran yang bisa sobat intipers tonton untuk memperoleh gambaran tentang profesi kedokteran, namun ingat ya kalau cerita di drakor tersebut hanya fiksi. Sehingga pasti ada perbedaan dengan profesi dokter di dunia nyata. Semoga membantu ya! 

Oh iya, kalau kamu tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin intipkuliah di Instagram. Sobat intipers juga dapat membaca tips-tips lainnya di sini ya!

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.