Tips

5 Tips Belajar Bahasa Korea Tanpa Tutor bagi Pemula!

5 Tips Belajar Bahasa Korea Tanpa Tutor bagi Pemula!

Belajar Bahasa Korea akan mudah jika dilakukan dengan cara yang tepat. Pemelajar pemula tentu saja mengalami kesulitan untuk memulai jika tidak didampingi oleh seorang tutor. Namun, tidak perlu khawatir! Sebelum memulai belajar, teman-teman pemula sangat dianjurkan untuk mengetahui tips belajar bahasa Korea khusus bagi pemula. Sehingga, urutan-urutan yang tepat dalam belajar bahasa Korea dapat dipahami.

Seiring pesatnya perkembangan industri musik Korea tidak mengherankan jika banyak masyarakat dunia yang ingin mengetahui lebih dalam terkait budaya dan bahasa Korea. Popularitas idol Korea mampu menggaet penggemar dari berbagai Negara dan sekaligus memperkenalkan bahasa Korea kepada para penggemarnya.

Tips belajar bahasa Korea bagi pemula

Menurut sejarah Huruf Korea atau Hangeul diciptakan oleh Raja yang sedang berkuasa pada jaman itu yakni Raja Sejong. Huruf Korea sendiri merupakan huruf yang mudah untuk dipelajari dari pada huruf China dan huruf Jepang. Huruf Korea terdiri dari 24 huruf yang dibagi menjadi 10 huruf vocal dan 14 huruf konsonan.

Berikut 5 tips belajar bahasa Korea di rumah dan tanpa tutor bagi pemula:

  • Belajar Hangeul

Tips belajar bahasa Korea yang pertama ialah mengenal dan mempelajari Hangeul atau huruf-huruf Korea. Kunci utama belajar bahasa Korea bagi pemula yakni harus benar-benar paham dengan cara menulis dan membaca Hangeul.

intipkuliah-web1

Untuk belajar Hangeul, teman-teman tidak perlu ke Koreanya langsung. Karena huruf Korea sudah banyak bersebaran di google ataupun di youtube. Hal yang perlu teman-teman lakukan yakni print out file huruf Koreanya kemudian teman-teman bisa mempelajari bunyi-bunyi huruf tersebut melalui channel-channel youtube yang khusus membagikan pelajaran bahasa Korea.

Selain itu, teman-teman juga bisa mendonwload aplikasi belajar bahasa Korea yang menyajikan cara menulis Hangeul dan cara pengucapannya.

  • Menulis dengan Hangeul

“Well done, untuk teman-teman intipers yang sudah menguasai Hangeul”

kita lanjut ke tips belajar bahasa Korea yang kedua yakni latihan menulis kata atau kalimat menggunakan Hangeul.

Latihan menulis yang bisa kamu lakukan adalah menulis namamu sendiri atau menulis nama artis idolamu dalam bahasa Korea.

Selain menulis nama, kamu juga bisa berlatih dengan menulis ulang lirik lagu bahasa Korea atau menulis ulang teks bahasa Korea yang bisa kamu temukan di situs berita Naver.

  • Menghafal Kosakata Bahasa Korea

Memperkaya kosakata tentu menjadi sangat penting dalam belajar bahasa. Tips belajar bahasa Korea yang ketiga yakni mempelajari kosakata.

“Bagaimana caranya?”

Hal yang perlu dilakukan yakni mencatat kosakata yang kamu temukan di kamus, di google, atau di variety show Korea favoritemu.

Kamu bisa mulai menghafal kosakata yang tidak terlalu sulit seperti  nama anggota badan, nama binatang, nama buah, transportasi, atau nama tempat dalam bahasa Korea.

Selain itu, kamu juga bisa menempelkan sticky notes disetiap benda-benda yang ada di rumahmu kemudian tuliskan nama-nama benda tersebut dalam bahasa Korea.

  • Mempelajari Tata Bahasa Korea

Setiap bahasa tentu memiliki tata bahasanya masing-masing, tata bahasa Korea berbeda dengan tata bahasa Indonesia dan tata bahasa Inggris. Tata bahasa Korea berstruktur S-O-P atau Subjek-Objek-Predikat sementara bahasa Indonesia dan Inggris berstruktur S-P-O atau subjek-predikat-objek.

Belajar tata bahasa Korea harus dibarengi dengan belajar kosakata. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya bagaikan resep dan bahan makanan.

Cara yang bisa kamu lakukan ketika belajar tata bahasa Korea yakni dengan mencari bentuk-bentuk tata bahasa Korea tersebut di internet atau di youtube. Kemudian, menghafalkannya dan berlatih menuliskan kalimat menggunakan tata bahasa tersebut.

  • Berbicara Bahasa Korea

Tips belajar bahasa Korea yang sangat mantul adalah mempraktikkan langsung bahasa Korea kita dengan penutur asli Korea. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan teman orang asli korea di aplikasi hilokal kemudian kamu bisa mengikuti grup-grup diskusi dengan orang Korea secara langsung. Teman-teman bisa mengikuti sesi diskusi dengan didampingi tutor yang tidak hanya orang Korea akan tetapi orang-orang diberbagai negara yang sudah belajar bahasa korea dan bersedia mengajar bahasa Korea secara gratis.

 

Seperti itulah tips belajar bahasa Korea yang bisa intipers ikuti dan terapkan secara perlahan dan tentunya harus konsisten. Selamat mencoba!!!!!

Source:

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.