Tips, Uncategorized

Bosan Belajar? Simak 5 Tips Kuliah Online Berikut Ini!

Bosan Belajar? Simak 5 Tips Kuliah Online Berikut Ini!

Pandemi covid-19 memberi banyak dampak di hampir segala aspek kehidupan. Sebagai akibatnya, kita harus beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi di era new normal, salah satunya dengan pembelajaran online. aa saja tips kuliah online yang perlu diterapkan untuk membantu jalannya kulian online?

Untuk sebagian orang, belajar di rumah terasa sangat membosankan karena tidak dapat bertatap muka secara langsung. Untuk kamu yang sudah mulai bosan belajar atau kuliah di rumah, simak 5 tips kuliah online berikut sampai habis yuk!

1. Buat Reminder Jadwal Kuliah Online

Belajar di rumah bukan berarti liburan ya intipers. Supaya tidak ketinggalan kelas, dan menghindari jadwal yang bentrokan, buat reminder jadwal kuliah yang bisa kamu akses dengan mudah.

Beberapa tools gratisan yang bisa kamu coba untuk membuat reminder jadwal kuliah :

  • Google Calendar

    Tools gratis dari google ini terhubung langsung dengan akun gmail, sehingga dapat mengirim notifikasi kegiatan lewat gmail secara realtime.

  • Notion

    Hampir sama dengan google calendar, notion adalah tools yang dapat mempermudah dalam merencanakan atau mengerjakan sesuatu. Ada banyak fitur yang dapat kamu coba untuk membantu meningkatkan produktivitasmu.

2. Cari Tempat yang Nyaman

Cari tempat yang nyaman dan hindari tempat yang bising. Jika perlu, kamu bisa dekor dan tata ulang ruang belajarmu supaya tercipta suasana baru yang mendukung kuliah onlinemu.

intipkuliah-web1

Jika ingin mencoba hal baru, kamu bisa belajar di beberapa tempat berikut :

  • Perpustakaan

    Perpustakaan menjadi salah satu tempat favorit untuk belajar karena memiliki banyak koleksi bukkuk yang bisa dipinjam serta akses internet gratis.

  • Coworking space¬†

    Selain perpustakaan, kamu bisa mencoba belajar atau kuliah online di coworking space cafe yang menyediakan ruang khusus untuk bekerja atau belajar.

    kuliah-online

3. Cari Suasana yang Nyaman

Jika sudah ada tempat yang nyaman untuk belajar, tips kuliah online selanjutnya adalah bangun suasana kuliah yang bikin kamu betah berlama-lama belajar.

Ada beberapa cara yang bisa bantu kamu naikin mood belajar, beberapa diantaranya adalah :

  • Sambil mendengarkan music

    Belajar sambil dengerin musik bisa bantu ngeboost mood belajarmu, asal ngga sambil nyanyi ya! Mendengarkan instrumen-instrumen klasik juga bisa membantumu lebih fokus belajar.

  • Tambahkan pengharum ruangan di tempat belajar

    Salah satu tips buat bikin suasana belajar yang nyaman adalah dengan wewangian. Kamu bisa gunakan humidifier, reed diffuser, atau lilin aroma theraphy sebagai teman belajar yang bantu suasana belajar semakin nyaman.

4. Hindari Menunda Tugas

Belajar atau kuliah di rumah kadang bisa bikin kita lupa dan lalai akan tugas. Tidak jarang dari kita sengaja menunda mengerjakan tugas dan berakhir dengan sistem kebut semalam.

Menunda-nunda pekerjaan sudah pasti bukan kebiasaan yang bagus, semakin menunda, semakin banyak pula yang harus diselesaikan esok hari.

 

5. Hindari Begadang

Siapa nih yang suka begadang? Hayo ngaku deh!

Selain ngga baik buat kesehatan, begadang juga bisa menghambat produktivitas harian. Tidur yang terlalu malam bisa bikin kamu bangun terlalu siang dan telat kelas online.

Kamu bisa mulai kebiasaan baru dengan tidur lebih awal dan bangun lebih awal supaya badanmu dapat beristirahat dengan optimal tanpa harus menganggu produktivitas harianmu.

 

Kuliah online menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para mahasiswa, disinilah time management mahasiswa diuji. Adaptasi dengan kebiasaan baru memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa kan?

Jika kamu mulai merasa bosan dan jenuh saat kuliah online, kamu bisa coba 5 tips kuliah online diatas agar kuliah online tetap berjalan efektif dan kamu tetap bisa produktif. Jangan lupa cek juga tips belajar efektif yang dapat membantumu belajar secara efektif.

 

Author : Anita Ayu Rst

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.