Tips

6 Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Terpercaya

6 Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Terpercaya

6 Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Terpercaya

cara mencari jurnal

Halo sobat intipers! Pusing cari referensi untuk penelitian? Buku-buku yang membahas penelitian kalian terbatas? Atau buku-buku dan jurnal-jurnal di perpustakaan sudah lama tidak diperbaharui? Mimin akan bantu kalian karena kali ini mimin akan membahas mengenai 6 cara mencari jurnal nasional dan internasional terpercaya yang pasti bermanfaat untuk kalian yang lagi atau akan mengerjakan skripsi, tesis, atau disertasi.

1.  Google Scholar

Tentu kalian sudah tidak asing dengan Google yang merupakan salah satu mesin pencarian terbesar di dunia. Google meluncurkan situs pencarian yang berfokus pada referensi ilmiah dan literatur pendidikan, seperti buku, artikel, tesis, abstrak, dan lain sebagainya. Situs pencarian tersebut  bernama Google Scholar.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Cara mencari jurnal yang pertama ini bisa digunakan untuk mencari literatur nasional maupun internasional. Di sini kalian bisa mencari, menyimpan, menunduh, dan memilih referensi yang kalian inginkan berdasarkan tanggal dan tahun yang kalian inginkan.

Selain itu, Google Scholar menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk menyitasi jurnal dengan hanya satu klik saja. Pengguna juga bisa melihat publikasi terkait dengan mudah.

Sayangnya, beberapa literatur yang disajikan berbayar.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

2. Research Gate

Cara mencari jurnal yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan Research Gate. Sesuai dengan namanya, Research Gate memuat publikasi ilmiah yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik.

Sedikit berbeda dengan Google Scholar, di sini para peneliti bisa saling berkomunikasi dengan bertanya dan menjawab pertanyaan di forum yang tersedia. Di sini pengguna bisa mencari referensi berdasarkan bidang keilmuan yang diinginkan.

Sayangnya, ada beberapa publikasi yang tidak bisa langsung diunduh. Tetapi jangan khawatir, kalian tetap bisa mendapatkannya dengan menghubungi pemilik jurnal tersebut via email.

3. PubMed Central

PubMed Central adalah situs yang berfokus pada bidang biomedik dan ilmu pengetahuan alam. Sama seperti Google Scholar, di sini pengguna bisa mencari literatur berdasarkan tanggal dan tahun yang dipilih.

Selain itu, situs ini menyediakan jurnal dan buku secara gratis. Hal ini tentu saja mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan.

Fitur menarik yang perlu dicoba adalah PubReader. PubReader merupakan fitur yang mengijinkan pengguna untuk membaca literatur lebih mudah. Di sini pembaca bisa mengatur ukuran huruf dan tata letak tulisan. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa melihat outline jurnal dan apabila ingin langsung membaca ke bagian yang diinginkan, pembaca tinggal mengklik bagian tersebut.

Tertarik untuk mencoba cara mencari jurnal yang ketiga? Kunjungi PubMed Central.

4. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ merupakan cara mencari jurnal keempat yang kalian butuhkan. Pengguna bisa mencari jurnal dan artikel berdasarkan ISSN, judul, penerbit, dan bidang keilmuan yang diinginkan.

Bidang keilmuan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari pendidikan, seni, hukum, medis, bahkan sastra.

Fitur lainnya adalah penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang tertera jelas ketika pengguna disajikan beberapa pilihan jurnal sesuai dengan apa yang pengguna butuhkan. Menariknya, pengguna juga disajikan dengan sejumlah informasi terkait jurnal yang dipilih.

5. Science Direct

Cara mencari jurnal yang kelima adalah melalui Science Direct.

Pengguna bisa mencari jurnal maupun buku yang berbayar dan tidak berbayar. Apabila pengguna tertarik untuk mendapatkan literatur gratis, pengguna bisa langsung menuju ke kanal yang khusus untuk fitur open access.

Tidak hanya itu, pengguna bisa mencari publikasi ilmiah yang diinginkan dengan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, penerbit, penulis, judul, dan lainnya.

Bidang keilmuan yang disajikan juga beragam, antara lain teknik, ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, dan lain sebagainya.

6. Biomed Central

Biomed Central merupakan cara mencari jurnal terakhir yang patut dicoba. Di sini pengguna bisa mencari literatur berdasarkan bidang keilmuan atau kata kunci yang diinginkan.

Apabila pembaca ingin membaca artikel yang diinginkan, pembaca bisa langsung membacanya di website yang disediakan atau mengunduh artikel secara langsung.

Bidang keilmuan yang tersedia antara lain filosofi, psikologi, farmasi, matematika, dan lain sebagainya.

Oke, jadi itu 6 cara mencari jurnal nasional dan internasional terpercaya! Semoga membantu ya! Oh ya, kalau kalian merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin (@intipkuliah) di Instagram dan baca tips lainya di sini.

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.