Tips

6 Jurusan Kuliah IPS untuk Kamu yang Suka Pelajaran IPS

6 Jurusan Kuliah IPS untuk Kamu yang Suka Pelajaran IPS

Jurusan kuliah IPS merupakan jurusan perkuliahan yang asik sekali untuk dipelajari, Sobat Intipers. Ada banyak sekali jurusan dengan prospek kerja menjamin dari jurusan kuliah IPS.

Jurusan kuliah IPS identik dengan jurusan yang sering berhubungan dengan sesama manusia, misalnya aktif dalam segi sosial dan budaya.

Tetapi, meski namanya jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, tetap saja ada banyak jurusan yang gak hanya bergerak di bidang sosial lho, Intipers.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Penasaran? Simak 6 jurusan kuliah IPS untuk kamu yang suka mata pelajaran IPS!

Jurusan Kuliah – Sejarah

Siapa yang cita-citanya melestarikan sejarah penting negara Indonesia tercinta? Jika kamu menjawab ‘iya’ artinya kamu cocok nih masuk jurusan sejarah, Intipers.

Jika kamu suka pelajaran sejarah dan mengambil jurusan ini, bukan berarti kamu orangnya susah move-on ya, Intipers.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Tapi, kamu akan mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu melalui berbagai konteks. Misalnya agama, seni, kebudayaan, politik, dan lain-lain.

Belajar sejarah itu bagaikan mempelajari kisah yang menarik akan tetapi kisahnya benar-benar terjadi di dunia ini!

Gimana? Jadi tertarik masuk jurusan sejarah, Intipers?

Jurusan Kuliah – Ilmu Ekonomi

Apa yang terpikirkan ketika kamu mendengar kata ‘ekonomi?’ Apakah kamu kepikiran tentang uang? Wah, kalau begitu kamu harus mengenal lebih banyak nih tentang jurusan ekonomi.

Ternyata jurusan ekonomi isinya gak cuma belajar uang aja lho, Intipers. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara mengelola sumber daya, bersamaan dengan pertimbangan efisiensinya.

Jurusan ilmu ekonomi ini prospek kerjanya juga luas, Intipers. Bahkan dengan ilmu ekonomi yang kamu dapat ini, kamu bisa membuka usaha dan menggunakan ilmunya untuk mengatur sumber daya usaha kamu!

Wajar kan jurusan ini jadi ramai peminat?

Jurusan Kuliah – Psikologi

“Wah kamu pinter kasih nasihat ya? Kamu masuk jurusan psikologi aja sist,”

Apakah kamu familiar dengan kata-kata temanmu yang serupa? Wah selamat! Kamu bakal cocok banget kalau masuk jurusan Psikologi, Intipers!

Jurusan psikologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang perilaku dan tingkah laku manusia. Kamu juga akan belajar mengenai kepribadian, sifat, minat dan bakat manusia lho.

Jika kamu mengambil jurusan ini maka kamu bisa menjadi psikolog nantinya, yang bertugas melakukan asesmen serta konseling terhadap client yang membutuhkan.

Eits… Jurusan psikologi bukan belajar cara membaca masa depan lewat tarot lho ya, Intipers. Jangan sampai salah kaprah ya, hihihi.

Jurusan Kuliah – Geografi

Apakah kamu merasa senang saat mempelajari fenomena alam di belahan bumi tertentu? Atau kamu suka mempelajari peta dan cuaca? Kamu perlu tahu jurusan geografi, Intipers!

Di jurusan geografi kamu akan belajar mengenai kondisi alam, populasi manusia, bentuk fisik bumi, bencana alam, dan masih banyak lagi.

Jurusan goegrafi tak kalah sepi peminat, Intipers. Karena letak negara kita yang unik yaitu di garis khatulistiwa, maka akan ada banyak sekali fenomena alam yang butuh dipelajari. Tentu saja pekerjaan itu membutuhkan kamu para pecinta pelajaran geografi!

So, Intipers udah siap untuk mempelajari alam?

Jurusan Kuliah – Sosiologi

Jurusan soisologi belajar apa sih? Sosiologi adalah sebuah jurusan di mana kamu akan belajar mengenai sifat dan perilaku yang terjadi di dalam masyarakat.

Misalnya, kamu akan belajar mengenai sistem kehidupan dalam suatu masyarakat, pekembangannya dari waktu ke waktu serta interaksi yang terjadi di dalamnya.

Dengan belajar jurusan sosiologi, kamu bisa banget menjadi lulusan yang membantu masyarakat secara positif. Kamu juga bisa membantu organisasi atau lembaga yang ada di sekitar lingkungan kamu.

Prospek kerjanya? Pastinya luas sekali ya, Intipers. Kamu bisa menjadi personalia, public relation executive, reporter, politisi, dan masih banyak lagi!

Jurusan Kuliah – Akuntansi

Untuk kamu yang semasa SMA atau sederajatnya suka menghitung keuangan, kamu juga bisa tengok jurusan akuntansi, Intipers!

Di jurusan akuntansi kamu akan belajar terkait pencatatan laporan keuangan yang akan membantu dalam pengambilan keputusan pihak yang membutuhkannya.

Jika kamu sudah jago dalam pencatatan laporan, kamu bisa banget melamar pekerjaan ke berbagai sektor. Keren kan?

Perlu kamu tahu Intipers, di masa sekarang akuntansi sedang ramai sekali lowongan pekerjaannya. Jadi jangan kaget nanti jika kamu sudah lulus S1 lalu diperebutkan oleh recruiter dari berbagai perusahaan!

Itu dia beberapa Jurusan Kuliah IPS yang bisa jadi pilihan utama kamu saat mendaftar kuliah nanti, Sobat Intipers.

Akan selalu ada sebuah jurusan yang jodoh dengan kamu. Iya, bener banget Intipers, cari jurusan kuliah itu jodoh-jodohan juga lho. Kalo kamu merasa gak cocok, lebih baik jangan dipinang ya.

Daripada kamu bingung dengan jurusan kuliah yang akan dipilih, mending kamu lihat tips memilih jurusan dengan klik judul artikel di bawah ini:

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Simak Tips Ini!

Merasa gak cocok dengan salah satu jurusan kuliah IPS yang sudah disebutkan? Kamu bisa banget nonton bedah jurusan kuliah IPS lainnya di YouTube Intip Kuliah yang membahas jurusan secara mendalam dengan suasana yang santai dan seru banget.

Selamat menentukan jurusan, Intipers!

Sindy Prisila
Seorang mahasiswi psikologi yang memiliki minat besar terkait dunia copywriting, content writing, dan SEO. Gemar mengeksplorasi berbagai pengalaman terkait psikologi dan dunia literasi.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.