Tips

6 Manfaat Berorganisasi Bagi Mahasiswa

6 Manfaat Berorganisasi Bagi Mahasiswa

Berorganisasi merupakan salah satu kegiatan yang sering diikuti mahasiswa dari berbagai usia. Tentu alasannya karena manfaat berorganisasi sangatlah banyak, Sobat Intipers!

Baik hard-skill ataupun soft-skill, kamu bisa mendapatkan upgrade skill secara gratis dengan cara berorganisasi.

Selain itu, berorganisasi juga bisa menambah koneksi kamu secara signifikan. Di mana hal itu bisa memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan setelah lulus, Intipers.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Penasaran dengan manfaat organisasi yang lain? Simak 6 manfaat berorganisasi bagi mahasiswa!

Makin Jago Dalam Berkomunikasi

Apakah kamu suka heran dengan anak-anak organisasi yang public speakingnya jago, Intipers?

Pada dasarnya mereka gak semuanya les public speaking, melainkan mereka sering melatih skill berkomunikasi mereka dalam forum organisasi.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ketika kamu berorganisasi, pasti ada banyak sekali kesempatan untuk berkoordinasi dan berdiskusi.

Memang meningkatkan skill komunikasi tidak bisa instan. Tetapi jika kamu rajin berorganisasi yang menuntut kamu untuk terus berkomunikasi, maka kemampuan kamu akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Mau meningkatkan skill komunikasi sekarang juga? Kamu bisa klik di sini, Intipers.

Masternya Teamwork

“Alone, we can do so little; together we can do so much.” – Hellen Keller.

Seperti kata Hellen Keller, ketika kamu bekerja di dalam kelompok, maka kamu dan rekan satu tim kamu bisa menyelesaikan banyak sekali pekerjaan. Tidak melulu kamu capek sendiri mengerjakan segala-sesuatunya selama kamu pintar melakukan teamwork.

Berorganisasi akan memosisikan kamu di dalam sebuah tim, suka atau tidak. Sebagai contoh, kamu bisa saja masuk ke divisi acara dan menyusun acara bersama teman-teman kamu.

Belum tentu kamu akrab dengan seluruh rekan satu tim kamu, akan tetapi kamu tetap dituntut untuk bekerja dalam tim guna meraih tujuan acara.

Semakin banyak pengalaman kamu bekerja dalam tim keorganisasian, maka kamu akan mendapatkan banyak insight dan memahami strategi yang baik untuk bekerja bersama orang lain.

Jadi Intipers, makin semangat kan untuk berorganisasi?

Melatih Skill Kepemimpinan

Saat membahas organisasi, sudah pasti tidak akan jauh-jauh dari bahasan skill kepemipinan (leadership). Ada banyak sekali project yang akan menantang skill kamu dalam memimpin, Intipers.

Selain itu, saat berorganisasi kamu akan melakukan trial dan error dalam memimpin. Hal ini akan membuat kamu belajar mengenai cara menjadi pemimpin yang baik.

Pastinya kamu juga bisa mendapat model kepemimpinan yang kamu anggap ideal. Misalnya dari senior, pembina, teman atau orang lainnya yang terlibat di dalam organisasi bersama kamu.

Mau latihan menjadi pemimpin yang baik? Berorganisasi lah jawabannya, Intipers.

Manajemen Waktu Anti Karet

Manajemen waktu merupakan salah satu kunci suksesnya seorang mahasiswa. Ketika kamu sibuk mengerjakan tugas mata kuliah A, tiba-tiba muncul lagi tugas mata kuliah B. Wah dunia perkuliahan intens sekali ya Intipers?

Terutama untuk kamu yang berkuliah sambil kerja sampingan. Wah, kamu wajib sekali memiliki manajemen waktu yang baik.

Dengan berorganisasi, kamu bisa melatih manajemen waktu kamu, Intipers. Kamu akan berusaha untuk mengatur waktu yang hanya 24 jam sehari ini agar bisa melakukan banyak hal.

Semakin kamu sering berlatih mengatur waktu, kamu akan semakin percaya diri untuk melakukan banyak hal dalam satu hari. Di mana hal ini akan berdampak bagus untuk kehidupan kamu kedepannya.

Coba ingat-ingat, seberapa sering kamu lihat syarat tempat kerja yang gak menuntut skill time management?

Jarang kan?

Cepat Beradaptasi

Salah satu keuntungan ketika kamu rajin berorganisasi adalah kamu mampu beradaptasi dalam berbagai macam situasi.

Selayaknya bunglon yang bisa berubah warna sesuai lingkungannya, kamu pun akan mudah melebur dalam situasi sosial baru di sekitar kamu.

Kemampuan adaptasi merupakan salah satu kemampuan luar biasa yang bisa dimiliki manusia. Jika kamu bekerja di tempat baru, maka kamu butuh beradaptasi. Saat kamu bergabung ke kelompok sosial baru, maka kamu juga harus beradaptasi.

Intipers, kamu tidak mampu beradaptasi kamu akan merasakan ketidaknyamanan dalam berinteraksi. Bisa jadi kamu merasa tidak cocok berada di kelompok tersebut dan akibatnya kamu akan merasa terkucilkan.

Meningkatkan Kemampuan Berempati

Seperti yang pernah di bahas di artikel 5 Soft Skill yang Wajib Dilatih oleh Mahasiswa Psikologi, berempati adalah memosisikan diri kita di posisi orang lain. Di mana kita berusaha merasakan apa yang juga mereka rasakan.

Jika kamu berorganisasi, kemampuan kamu dalam berempati akan meningkat. Pastinya karena kamu akan bertemu dengan banyak sekali orang dengan latar belakang yang berbeda.

Alhasil, kamu mendapati banyak sekali cerita orang lain yang berbeda-beda. Tak jarang, kisah mereka membuat kamu memikirkan perasaan mereka di suatu situasi. Dengan kata lain, kamu latihan berempati, Intipers!

Ternyata banyak sekali manfaat berorganisasi untuk mahasiswa, Sobat Intipers! Sekarang kamu gak perlu ragu lagi saat mau kuliah sambil berorganisasi.

Waktu luang kamu pastinya tidak akan sia-sia karena kamu bisa menemukan banyak pelajaran dan teman di organisasi.

Pastinya pilihlah organisasi yang sesuai dengan arah minat kamu ya Intipers, supaya kamu bisa berorganisasi tanpa merasa terbebani.

So, selamat berorganisasi, Sobat Intipers!

Sindy Prisila
Seorang mahasiswi psikologi yang memiliki minat besar terkait dunia copywriting, content writing, dan SEO. Gemar mengeksplorasi berbagai pengalaman terkait psikologi dan dunia literasi.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.