Tips

6 Tips Kerja Cerdas Supaya kalian Lebih Produktif

Bagi sobat intipkuliah menghadapi kuliah pasti tidak sama dengan jaman SMA. Banyak sekali perbedaanya dari sistem belajar, organisasi dan tugas – tugasnya. Pastikan jaman kuliah makin sibuk, maka perlunya kerja cerdas.

Kerja cerdas adalah beberapa kegiatan yang dapat membagi menjadi skala prioritas, dari yang berdampak signifikan sampai tidak berdampak menjadi kegiatan yang lebih efektif dan efisien.

Faktor utama kerja cerdas adalah memahami kebutuhan dan kemampuan diri sendiri. Dengan itu dapat mengambil keputusan kapan perlu bantuan orang lain dan kapan bisa mengerjakan seorang diri sesuai potensi diri.

Paham mengambil keputusan yang tepat, tidak akan sekedar usaha mati – matian untuk mencapai suatu tujuan. Melainkan paham memanfaatkan sumber daya sekitar untuk mencapai tujuan.

tips kerja cerdas adalah

intipkuliah-web1

Tips Melakukan Kerja Cerdas

Menentukan Skala Prioritas

Menjadi mahasiswa lebih banyak pilihan kegiatan yang bisa lakukan. Seperti, belajar, nongkrong, mengerjakan tugas bahkan mengikuti kegiatan – kegiatan mahasiswa. Kita perlu cerdas untuk memilih kegiatan yang di ikuti sesuai tujuan dalam perkuliahan.

Cara Melakukan Skala Prioritas Yaitu

Catat semua tugas yang ada. tugas – tugas yang perlu di kerjakan di hari itu. Bahkan bisa mengunakan google calender untuk tugas atau kegiatan yang harus di lakukan di hari – hari berikutnya.

Identifikasi tugas. Setiap tugas yang sudah di catat, identifikasi terleibih dahulu  tugas yang perlu di kerjakan mendesak dan penting, dan tugas akan memberikan nilai tinggi.

Kerjakan dari yang mudah terlebih dahulu sampai yang susah. Mengerjakan yang susah terlebih dahulu akan menyitakan waktu yang banyak, akan menyebabkan tugas – tugas yang lain keteteran.

Fleksibel. Terkadang tugas datang secara tiba – tiba, akan menyebabkan jadwal menjadi berantakan. Perlunya fleksibilitas dalam mengerjakan tugas.

 Manajemen Waktu

Bagi mahasiswa membagi waktu itu cukup sulit. Karena terkadang kita tidak sadar bahwa waktu sangat cepat berputar. dengan itu mengerjakan dengan tergesa – gesa membuat hasil tidak maksimal.

Perlunya membagi waktu yang tepat. Cara membagi waktu belajar yang tepat.

Mengasah Kemampuan Komunikasi

Menjadi mahasiswa tidak akan bisa sukses dengan mengerjakan semua sendiri. Perlunya kolaborasi atau bantuan orang lain dengan tujuan yang sama, perlunya kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi dengan memberikan secara positif akan berdampak pada kehidupan pribadi ataupun relasi.

Istirahat yang Cukup

Terlalu sibuk kegiatan di perkuliahan, isitirahat yang cukup tidak lagi menjadi prioritas. Jika bisa membagi waktu tidur yang cukup secara terus menerus kualitas tidur menjadi baik. Tidur yang cukup bagi orang dewasa ialah 7-8 jam. Isitraha yang cukup sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan kamu secara optimal.

Kurangnya tidur  akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti hilang fokus dan tidak dapat berkosentrasi saat belajar atau berkendara dan menjadi obesitas.

Menciptakan Rutinitas dan Berkomitmen

Kebiasaan buruk yang rutin di lakukan akan berimbas pada karakter dan kesuksesan seseorang. kebiasaan buruk akan menghancurkan istirahat yang cukup dan manajemen waktu. Kebiasan buruk seperti begosip, menunda pekerjaan dan menggunakan gadget tanpa batas dan lainnya tanpa disadari bisa menghancurkan produktifitas.

Perlunya menciptkan rutinitas dan berkomitmen. Rutinitas aktifitas yang memberikan dampak produktifitas positif dan berkomitmen menjalaninya. Melatih  Self control  menjadi kunci supaya bisa kosisten terhadap berbagai tujuan positif dalam hidup.

menjadi kerja cerdas adalah

 Mengindari Multitasking

Dunia makin modern dan cangih tidak jarang orang menjadi lebih multitasking. Milsanya main gadget sambil makan, mengetik sambil denger musik atau berkendara sambil dengar podcast. Multitasking menawarkan kecepatan dan efisiensi yang semu. Dampak multitasking yaitu tidak fokus, distraksi, daya ingat menurun dan tidak peka dengan sekitar.

Solusinya hanya satu yaitu monotasking. Monotasking adalah tindakan hanya dilakukan satu tugas atau aktifitas saja, dengan perhatian penuh satu waktu itu.

Untuk mengetahui monotasking lebih lanjut coba simak video berikut.

 

Itulah tips kerja Cerdas yang bisa di lakukan pada saat mahasiswa. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.