Tips

7 Jurusan Kuliah Soshum Jamin Banyak Dicari Dunia Kerja

7 Jurusan Kuliah Soshum Jamin Banyak Dicari Dunia Kerja

Bagi seluruh siswa yang akan melanjutkan kuliah, khususnya siswa IPS pasti tidak mudah dalam memilih fokus minat jurusan kuliah Soshum. Itu karena, dibutuhkan banyak pertimbangan dan rencana yang ingin di raih di dunia kerja agar tak kalah dengan fokus jurusan Saintek.

Ada banyak jurusan kuliah Soshum yang diprediksi sangat dibutuhkan di masa depan dengan prospek kerja tinggi. Beberapa di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi yang bisa kamu pilih.

  1. Jurusan Kuliah Soshum Ilmu komunikasi

Jurusan pertama rekomendasi untuk IPS adalah Ilmu Komunikasi. Itu karena, di jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang komunikasi. Selain itu, akan menjadi nilai tambah jika kamu yang suka berbicara di depan umum. Namun, jangan khawatir untuk kamu yang belum bisa berbicara di depan umum, masih bisa kuliah di sini loh, karena kamu akan diajarkan kembali komunikasi atau public speaking secara bertahap.

Prospek Kerja

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Prospek pekerjaan untuk jurusan kuliah Soshum ini sangat luas yaitu penulis, presenter, jurnalis, public relations, hubungan masyarakat, dan masih banyak yang berhubungan dengan komunikasi.

  1. Akuntansi

Di jurusan IPS pasti mata pelajaran Akuntansi tidak asing lagi, jadi buat yang suka Akuntansi saat sekolah atau seorang yang detail dan teliti bisa banget buat ambil jurusan kuliah Soshum ini. Jurusan Akuntansi akan mempelajari mata kuliah managemen, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, hingga wirausaha.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Soshum Akuntansi

Jurusan Akuntansi pun mejanjikan banyak lapangan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tentu saja, karena setiap perusahan pasti membutuhkan seorang yang kompeten di bidang keuangan untuk mengatur keuangan perusahaan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

  1. Penyiaran/Jurnalistik

Hampir setiap hari kita menyaksikan dan dikelilingi informasi-informasi dari berbagai media, semua orang bisa membagi dan memberi informasi sesuka hati dan acak. Hal itu, membuat banyak orang yang mengabaikan bagaimana mengambil informasi yang baik dan sesuai fakta. Karena itu, kita butuh jurusan Penyiar/Jurnalistik. Jika kamu termasuk orang yang suka membagikan informasi, rasa penasaran yang tinggi, dan menyukai hal yang viral, mungkin jurusan ini bisa menjadi pilihan kamu.

Prospek Kerja

Banyak yang dipelajari seperti bagaimana menciptakan dan mengemas ide yang baik untuk disiarkan pada khalayak lewat media. Kamu juga akan mendalami  script writing, camera, teknis menulis berita, opini, dan artikel laporan peristiwa, dan editing. Karena Jurnalistik mempelajari tentang media, maka setelah lulus kamu bisa menjadi wartawan, tim kreatif TV atau radio, content creator, presenter.

Baca artikel lainnya: Catat! 7 Peringkat UNESCO Kuliah di Luar Negeri Terbanyak

  1. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah jurusan kuliah Soshum yang trend dipilih oleh pelajar IPS. Selama kamu berkuliah di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana segal hal mengenai hubungan antar negara, seperti  hubungan internasional, hubungan antar negara, isu internasional, hubungan antara organisasi internasional, perilaku politik, pemerintahan, dan lingkungannya.

Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan kuliah Soshum ini meliputi Konsultan Politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi.

  1. Administrasi Bisnis

Sesuai dengan namanya Administrasi Bisnis, jurusan ini memang mempelajari segala aspek mengenai bisnis dan proses menciptakan konsep, dan menjalankan bisnis hingga sukses. Hal ini menjadikan jurusan kuliah Soshum ini sangat favorit.  Mata kuliah yang dipelajari seperti, dasar organisasi, Akuntansi, keuangan, MSDM, perpajakan, Permodelan Bisnis, kebijakan Strategi pemasaran, hingga pariwisata.

Prospek Kerja Jurusan Soshum Administrasi Bisnis

prospek kerja dari jurusan ini adalah konsultan bisnis, Staff HRD, Konsultan Bisnis, Staff Pemasaran, Manajemen Perusahaan, Pegawai Bank, Pegawai Negeri Sipil, Staff Administrasi, atau entrepreneur.

  1. Jurusan Kuliah Soshum Geografi

Kuliah sambil belajar alam buat Soshum? Gak Cuma IPA saja, loh. IPS juga bisa dengan memilih jurusan Geografi. Jurusan ini akan mempelajari alam baik dari kondisi fisik, sosial, dan ekonominya. Kemudian setelah lulus, kamu bisa bekerja di dinas kehutanan, dinas pertanhan, BMKG, hingga menjadi seorang guru.

  1. Psikologi

Jurusan kuliah Soshum yang terakhir adalah jurusan Psikologi. Jurusan ini kamu akan mempelajari mental, pikiran, karakter, perilaku manusia, hingga  menganalisis pikiran dan alasan di balik perilaku, dan dampaknya terhadap lingkungan ataupun mental. Oleh karena itu, jurusan Psikologi dibutuhkan di manajemen sumber daya manusia banyak perusahaan seperti HRD, psikolog, konsultan pendidikan, konselor, peneliti.

Ketahui hard skill apa saja yang dibutuhkan mahasiswa milenial di sini.

 

Di atas adalah sebagian jurusan kuliah Soshum yang bisa kamu pilih. Tentu, dengan prospek kerja yang sama besarnya dengan lulusan Saintek. Jadi, jika kamu belum menentukan pilihan jurusan, maka cepatlah untuk membuat perencanaan masa depanmu bersama daftar jurusan di atas.

Baca artikel menarik lainnya: Siap Bersaing di Tahun 2022 dengan Kuasai 6 Skill Berikut

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.