Bisnis

Administrasi Bisnis Internasional Politani Negeri Pangkep (Annisa)

Administrasi Bisnis Internasional Politani Negeri Pangkep (Annisa)

Halo teman-teman Intipers ! Well.. Perkenalkan saya Annisa Ika Wahyuni. Saya adalah mahasiswi angkatan 2018 pendidikan Sarjana Terapan (D4) di Jurusan Agribisnis , Program Studi D4 Administrasi Bisnis Internasional Politani Negeri Pangkep. Kali saya akan berbagi sedikit informasi mengenai Prodi yang saya tekuni selama 4 semester ini. Okay, Check it out ! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana Prodi Administrasi Bisnis Internasional di Polipangkep ?

Sejak tahun 2016, Politeknik Pertanian Negeri pangkep membuka Program Sarjana Terapan (D4) Administrasi Bisnis Internasional. Program ini dirancang untuk bagaimana kita mampu berusaha mengembangkan skill, pengetahuan yang penting dalam bidang administrasi bisnis di era persaingan era berbasis teknologi, dan mahasiswa/i juga dibekali dengan keterampilan komunikasi dan pemahaman dalam melakukan inovasi  yang tepat bagi pengembangan diri sendiri serta masyarakat indonesia. Ternyata masih banyak masyarakat yang masih asing mendengar prodi ini. Seringkali mereka menyamakan prodi administrasi bisnis dengan administrasi negara. Padahal sudah jelas dari namanya saja udah beda, mungkin persamaannya yah sama-sama menekuni di bidang administrasi.

Apa yang dipelajari di Prodi Administrasi Bisnis Internasional ?

Pada Program Administrasi Bisnis Internasional, kita belajar mengenai berbagai bidang atau kalau boleh disebut Adm. Bisnis Internasional ini sebagai Ilmu yang multidisipliner karena cakupannya banyak. Apa saja ? Mulai dari bahasa, Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Statistik, Komunikasi, Etika, Komputer dan English, dan lainnya. Kenapa seperti itu? Memang, karena inilah yang akan menjadi bekal dasar bagi mahasiswa/i untuk nantinya terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Politeknik Pangkep setiap tahunnya itu mengikuti program student exchange ke luar negeri sobat Intipers, dan beberapa mahasiswa/i Adm. Bisnis Internasional bergabung dalam kegiatan itu. Tahun sebelumnya destinasti student exchangenya itu ke Thailand, Filipina, dan Vietnam. Disana mahasiswa/i melakukan studi Banding ke kampus ternama yang ada disana. Pembelajaran di adm. bisnis menggunakan metode yang dimana mahasiswa/i akan dihadapkan dengan kondisi nyata didalam menjalankan usaha dan pengambilan keputusan kritis. Pembelajaran dilakukan melalui kombinasi kuliah konvensional dikelas, tutorial, praktek lapangan dan studi kasus.

promo-web

Mata kuliah Administrasi Bisnis Internasional Politani Negeri Pangkep dan Tugas Khas

Setiap tahunnya, mahasiswa/i khususnya di Administrasi Bisnis sudah dituntut untuk dapat berwirausaha. Pada semester 4, kita akan bertemu dengan mata kuliah kewirausahaan atau biasa singkatnya disebut KWU. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa/i dituntut untuk mampu merancang dan mengelola sebuah inovasi usaha. Dari situlah kami diajarkan bagaimana kita dengan baik melakukan manajemen, berpikir kreatif dan inovatif, dan mampu berani mengambil risiko serta bertanggung jawab. Semester sebelumnya pun kami selalu dipertemukan dengan mata kuliah Character Building 1, Character Building 2 , dan Etika Bisnis (Profesi) . Dari mata kuliah tersebutlah, kami selalu ditekankan akan pentingnya sebuah kepribadian yang baik serta memiliki etika dan etiket yang baik dalam berkehidupan baik pribadi maupun sosial.

Tantangan terbesar berkuliah di administrasi bisnis internasional ?

Berkuliah di Politeknik Pertanian Negeri Pangkep,  dikenal sebagai kampus politeknik, dan disini Administrasi Bisnis Internasional menjadi salah satu dari rumpun sosial diantara lautan teknologi dan sosial, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dimana kami dituntut untuk aware pada bidang-bidang manapun untuk mengikuti perkembangan teknologi. Dan di program ini  kita juga dituntut untuk menjadi orang yang super duper disiplin dan tahu mengenai bagaimana kita melakukan manajemen sebaik mungkin.

Tips untuk mahasiswa baru Administrasi Bisnis Internasional Politani Negeri Pangkep

Jadilah pribadi yang disiplin, pandai dalam manajemen waktu, dan jangan semangan di awal saja yah.. semangatnya itu harus sampai akhir nanti saat kalian bakalan lulus perkuliahan. Karena itu, jadi mahasiswa/i jangan suka menunda-nunda tugas, Do what u love and Love what u do .. that’s it..

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Internasional

  1. Office Manager
  2. Executive Administrative Assistant
  3. Entrepeneure
  4. Intrapreneure
  5. Consultant

Kode Konten: X152

Komen dibawah! 4

  1. Serly

    apakah anak ipa pantas berada d prodi trsbt

    • annisaikaw20

      Boleh banget kakak, kalau memang dari dalam diri kita sendiri merasa bahwa passion saya juga ada di bidang tersebut, why not? Bukan berarti jadi kita salah jurusan dong masuk ipa, kalo ujungnya ngambil prodi bisnis. Engga kayak gitu kok. Justru itu mngartikan bahwa we have many ability di beberapa bidang. It makes you more valuable 🙂

  2. Ardillah

    Apakah Mahasiswa baru ABI harus pintar berbahasa Inggris?

    • Annisa Ika Wahyuni

      Ga harus fasih kok, setidaknya basicnya bisa, kan basic udah kita pelajarin dari SMP SMA juga kakak. Untuk selebihnya kita di prodi adm. Bisnis bakalan sama sama belajar sambil praktekin didalamnya for how to use english better dalam proses perkuliahan. Jadi jangan takut kak. Selalu yakin 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *