Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya

Administrasi Bisnis UB (Hanna)

Administrasi Bisnis UB (Hanna)

Halo sobat intipers! Aku Hanna Dela Sadidayumlik dari Administrasi Bisnis UB angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Administrasi Bisnis UB ?

Administrasi Bisnis itu banyak stigma yang salah, kita dikira ngurusin persuratan dan administrasi. Padahal bukan. Secara umum kita dibentuk untuk memiliki keahlian untuk mengoperasikan bisnis mulai dari sisi marketing, sistem informasi, keuangan hingga SDM. Bahkan dari semester 1 aja kita udah belajar bagaimana membangun bisnis kita sendiri. Kita dituntut untuk kreatif mencari ide bisnis, kita bisa explore banyak hal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Administrasi Bisnis?

Alasannya awalnya aku lulusan SMK jurusan kimia industrI. Aku ngerasa salah jurusan karena merasa lebih ke sosial gitu anaknya, aku berniat untuk masuk soshum namun yang bisa dikejar anak lintas jurusan. Aku coba ambil mandiri di UB, tapi untuk lulusan di UB pilihan jurusannya terbatas. Akhirnya aku kepoin Administrasi Bisnis UB dan ternyata prospeknya luas juga mata kuliahnya menarik. Jujur aku ngerasa bersyukur kecemplung dijurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Administrasi Bisnis?

Mata kuliah di Adbis itu beragam, ada yang wajib dan peminatan. Kalau peminatan ada marketing, SDM dan lainnya, untuk yang wajib aku suka pemodelan bisnis dimana kita belajar analisis bisnis didunia real kita dan menemukan kelemahan produk intinya memodifikasi bisnis. Kalau peminatan aku suka perilaku bisnis mempelajari behaviour manusia yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk, jadi kita bisa bikin strategi pemasaran yang cocok untuk konsumen kita. Kalau tugas kita gaada laprak, mungkin lebih ke explore ide atau inovasi aja contohnya semenjak Covid ini muncul banyak sistem inovasi online supaya bisnisnya tetap bertahan.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Administrasi Bisnis UB ?

Kelompok keahlian itu ada 4, yaitu keuangan, marketing, SDM dan sistem informasi bisnis.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk yang ada di Administrasi Bisnis UB waktu tahun aku ada 3, SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri yang disebutnya Seleksi Mandiri/Selma UB. Tahun aku itu tesnya langsung ke UB. Kalau tahun ini jalur Mandirinya banyak, ada jalur prestasi, jalur rapor dan jalur nilai UTBK.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Buat teman-teman yang baru masuk kuliah, kalau kalian mau kuliah harus sesuai dengan ketertarikan dan motivasi. Pasti kalian akan kuliah dengan semangat dan goals yang sudah jelas akan kalian pegang. Misalnya kalian minat banget ambil bisnis ya ambil bisnis, jadi kalian akan enjoy ngikutin perkuliahan. Kalau untuk teman-teman yang baru diterima di Adbis aku ucapkan selamat bergabung, kalian sangat beruntung dan tepat sasaran. Alangkah baiknya piker matang-matang konsentrasi apa yang kalian mau pilih sesuai dengan minat kalian. Juga jangan cuma kuliah aja, cobalah ikut lomba, organisasi maupun bangun bisnis sendiri. Kita perlu keluar dari zona nyaman.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Aku sendiri pengen kerja dulu dibidang yang sesuai dengan bidang keahlian aku yaitu Marketing. Aku juga mau ikut beasiswa untuk lanjut studi S2 ke luar negeri. Selanjutnya aku ingin menjadi dosen dan membuat bisnis sendiri.

Kode konten: C942

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.