Administrasi Bisnis, UPN Veteran

Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta (Ike)

Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta (Ike)

Assalamualikum Hallointipers.Perkenalkan saya Ike Binti Nur Fitria. Mahasiswi Jurusan Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta 2018. Btw disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang sedang saya lalui sekarang dijurusan Administrasi bisnis. Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Kira-kira Apa ya yang dipelajari di jurusan Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta?

Kalian tau nggak? Banyak orang mempertimbangkan prospek pekerjaan ketika akan mengambil studi di perkuliahan. Harapannya dengan ilmu yang sesuai maka tidak akan kesulitan mencari pekerjaan. Karena itulah program studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik .seperti jurusan ilmu administrasi bisnis, akuntansi dan manajemen kerap jadi favorit anak muda.Sesuai nama nya kita diajarkan untuk belajar soal dunia bisnis. Eitssss tapi gak belajar soal bisnis doang ya selain itu  banyak banget yang dipelajari. heheh

Slide5

Lalu apa beda nya Administrasi Bisnis dengan Administrasi Negara?

Jadi setahuku, Administrasi Bisnis itu dilakukan dengan tujuan untuk kelangsungan dan kelancaran bisnis. Sedangkan Administrasi negara dilakukan dengan tujuan untuk memakmurkan masyarakat dan bentuk tanggungjawab pemerintah kepada seluruh masyarakat.

Secara Spesifiknya, dalam Ilmu adminstrasi bisnis  itu kita dituntut untuk terus memiliki ide dan inovasi produk,tapi juga harus cakap dalam mengelola segala urusan  terkait usaha yang kamu bangun. Nah, disinilah Jurusan Administrasi bisnis atau kerap disebut Adminiatrasi niaga akan mengajakmu untuk mempelajari segala sesuatu terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Seperti kegiatan pemasaran(marketing), pengelolaan keuangan,pengelolaan personalia(SDM), hingga kegiatan produksi.

Dalam Administrasi bisnis akan mengajak kamu untuk memahami bagaimana mengurus berbagai macam dokumen kebisnisannya. Tentu saja mengembangkan bisnis tersebut. Perlu kalian ketahui dalam jurusan ini kita juga belajar soal keuangan loh. Ada berbagai macam matkul seperti komunikasi keogranisasian, psikologi industri dan lain sebagainya. Ohhh iya kalau di UPN Sendiri kalian juga akan menemukan matkul pariwisata guys ini seruu banget loh. Jadi kalian gak melulu belajar soal keuangan aja tetapi disini kalian akan belajar tentang seluk beluk pariwisata jadi kerasa kek punya wisatanya gitu heheh, Sekilas aja dalam matkul pariwisata nanti kalian akan bertemu dengan jurnal internasional. Nahhh kalian akan diajak gimana sih cara menganalisi jurnal itu.

Truss Gimana Administrasi Negara itu?

Jurusan Administrasi negara sendiri sebuah jurusan yang mempelajari seluk beluk pemerintahan, masyarakat dan kebijakan publik. Jurusan ini juga akan mengajakmu bagaimana memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. Singkatnya di prodi ini kamu akan mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan hingga pengimplementasikan dan evaluasinnya, dan pelayanan masyarakat, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan birokratis. Biasanya dijurusan ini kamu juga bisa memilih beberapa konsentrasi seperti konsentrasi pemerintahan daerah, konsentrasi Administrasi pembangunan, dan kebijakan publik.tapi sayang di UPN Veteran Yogyakarta belum terdapat jurusan ini guys adannya jurusan Administrasi bisnis heheh

Mata kuliah dan Dosen favorit Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta?

Mata kuliah yang dipelajari di Administrasi Bisnis UPNVYK banyak sekali teman –teman. Seperti dasar-dasar organisasi, pariwisata, Akuntansi, keuangan, MSDM, perpajakan,Kebijakan Strategi pemasaran dan masih banyak lagi. Nah untuk mata kuliah favorite saya ada tiga yang pertama yaitu pariwisata dan kebijakan dan strategi pemasaran, keuangan. dan pariwisata. Matkul Pariwisata kita diajarkan untuk menganalisis jurnal serta lansung praktek ke dunia nyata. Seperti kita disuruh survei tempat wisata yang dikaitkan dengan jurnal. Disitu kita diberi kesempatan untuk mengenal masalah apa yang terjadi di tempat yang kita teliti serta diberi kesempatan untuk membuat solusi pada permasalahan tersebut. Itulah yang membuat saya suka dikarenakan kita seperti belajar KKN untuk terbiasa dalam suatu strategi penanganan.

Yang kedua, matkul kebijakan strategi pemasaran. Kenapa saya suka? Dikarenakan didalamnya terdapat banyak sekali  ilmu tentang dunia marketing apalagi soal mempengaruhi orang lain. Nah dimatkul ini temen-temen kita diajarkan banyak hal tentang dunia pemasaran. Mulai dari bagaimana cara membaca peluang dalam mendirikan bisnis, cara kita mengetahui sasaran strategi dalam suatu bisnis yang tepat itu seperti apa.

Yang ketiga, yaitu matkul keuangan. Aku suka matkul ini dikarenakan kita diajarkan banyak sekalai ilmu ilmu tentang keuangan. Tentang rugi laba modal awal dan lain lainnya. Uniknya matkul keuangan ini teman teman kita diajarkan sebuah konsep yang memudahkan kita dalam menganalisis keuangan dan membuat kita jadi semakin tahu bahwa dunia keuangan itu seperti ini.

Sementara, dosen favorite saya pak meilan,pak lukmono, pak indro dan bu eny. Menurut saya, dalam menyampaikan materi mereka sangat baik dan juga sangat disiplin. Membuat para mahasiswa semakin disiplin dalam belajar. Ketegasannya membuat para mahasiswa terpacu untuk konsisten dalam belajar dan menggali potensi lainnya.

Tips-tips untuk Maba Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta?

Mata Kuliah dijurusan Administrasi Bisnis ini berkaitan dengan kehidupan termasuk bisnis, komunikasi dengan orang lain. Maka jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk mengatasi permasalahan yang kita miliki.dan sering berlatih public speaking di depan umum karena membuat terbiasa menghadapi orang lain dan mempengaruhi orang lain. Disini banyak dosen yang memberikan masukan kepada mahasiswa baru bahwa ilmu itu akan lebih kita mengerti. Selain itu gunakan waktu sebaik baik nya.S elagi ada kesempatan coba. Gagal? Coba lagi  jatuh? Bangkit lagi jangan nunggu lama terkadang kita pelu keluar dari zona nyaman untuk mengetahui gimana skill kita gimana kita mengetahui arah tujuan kita. Dan disaat menjadi maba coba untuk ikut magang/ organisasi yang membuat skill mu terasah yang membuat dirimu untuk terus belajar soal bakat dan hal hal baru yang sebelumnya belum kamu coba.

Dijurusan administrasi bisnis banyak sekali kegiatan yang bisa kamu ikuti baik ditingkat jurusan, fakultas maupun Universitas. Diantarannya Humanis, Ksm” antara lain Ksm investasi dan Ksm Pemasaran serta ada Himmfis, Bem fakultas dan masih banyak lagi.
Pesan buat maba ayoo jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.Di situlah kita akan mengerti gimana menjadi seseorang yang sebenarnya dan akan terbisa dengan tantangan yang ada didepan kita. Kita akan mulai terbisa dengan kondisi lingkungan apapun sehingga tidak mudah kagetan. Pilihlah organisasi sesuai dengan bidang kamu sehingga kamu menjalaninya dengan senang.

Prospek Kerja dan Alumni Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta biasanya kerja dimana?

Prospek kerja dijurusan Administrasi Bisnis ini sangatlah banyak antara lain bisa jadi dosen, konsultan bisnis serta bisa juga bekerja di dalam perusahaan seperti BRI, BNI dan perusahaan lainnya. Bisa juga dengan membuka bisnis baru dan masih banyak lagi. Dari lulusannya pun beragam ada yang sudah bekerja di perusahaan diluar kota ada juga yang jadi konsultan bisnis, serta ada juga yang jadi dosen di UPN dan lainnya.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Harapannya setelah lulus mencari kerja dulu sambil mencari info tentang kuliah S2. Pernah punya fikiran sebelum kuliah harus punya bisnis sendiri buat sampingan dan tidak menjadi beban orang tua. Untuk rencana kerja dimana pengen kerja di suatu perusahaan dan setelah itu cari info info beasiswa untuk melanjutkan lagi ke jenjang yang diinginkan.amin semoga ya.

Kode konten: X398

Komen dibawah! 2

  1. luthfiya

    Halo kak.aku mau tanya.untuk masuk UPN jogja kakak lewat jalur apa ya.sama mau tanya tips tips buat masuk Jurusan administrasi bisnis.

  2. Fatin Batrisya

    Assalamu’alaikum kak mau tanya kaka masuk jalur apa? Dan saya SMAnya jurusan mipa kak.
    Boleh kasi masukan kak karna saya takut salah pilih jurusan🙏 mohon kasi masukan kak,terima kasih.
    Wasalamu’alikum

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *