Hukum, Universitas Brawijaya

Administrasi Hukum Universitas Brawijaya (Adam)

Administrasi Hukum Universitas Brawijaya (Adam)

Halo sobat intipers! Aku Adam Dinar dari Administrasi Hukum Universitas Brawijaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Administrasi Hukum Universitas Brawijaya seperti apa?

Administrasi hukum UB ini ada di naungan pendidikan vokasi yang berbasis pada 2 hal yaitu administrasi dan hukum. Bisa dibilang jurusan ini tuh unik, karena jarang ditemui di kampus lainnya. Lalu, kurikulumnya juga agak beda karena 70% praktik dan 30% teori. Pembelajarannya juga menurutku itu relevan dengan dunia pekerjaan karena disesuaikan juga dengan perusahaan-perusahaan, atau pemerintah, BPAT dan notaris yang membutuhkan.

Ada juga nih stigma tentang jurusan ini, mungkin banyak juga yang ngira kalau masuk vokasi itu prospek kerjanya sedikit, masa depannya suram. Ya gak seperti itu ya.. tapi semua itu masih bisa dipatahkan dengan syarat kita harus punya kompetensi yang gak kalah sama yang lain.

promo-web

Jurusan ini kan diploma, jadi kalau nanti mau upgrade dari praktisi jadi akademisi itu bisa masuk ke fakultas Hukum UB.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Administrasi Hukum Universitas Brawijaya?

Pertama dulu pengen masuk universitas brawijaya, karena salah satu universitas top ya, tapi saya ketolak di Psikologi dan Sosiologi UB. Namanya baru lulus sekolah jadi merasa harus kuliah jadi saya cari cara lain dengan daftar ke UIN Maulana Malik Ibrahim dan D3 Vokasi UB yang waktu itu masih buka pendaftaran. Dulu saya keterima di Psikologi UIN dan di Adm Hukum UB. Saya akhirnya milih jurusan Adm Hukum UB dengan pemikiran waktu itu karena anak psikologi di luar sana itu udah banyak, sedangkan adm hukum itu unik dan gak banyak juga. Alhamdulillah sekarang dijalani masih semangat di jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas di Administrasi Hukum Universitas Brawijaya

Mata kuliahnya menurutku keren ya karena relevan dengan dunia kerja nantinya. Mulai dari yang basic itu ada pengantar ilmu hukum dan pengantar hukum Indonesia. Ada juga mata kuliah bahasa Inggris profesi dan yang umum. Kalau bahasa Inggris profesi itu di semester 2, kita dikasih tau cara membuat MoU dan kesepakatan antar perusahaan. Lalu ada mata kuliah Hukum Agraria. Ada juga pengantar ilmu administrasi, kewarganegaraan.

Tugas-tugasnya sih menurut aku mudah karena dibuat fun aja, gak terbebani. Pernah diajari ngetik 10 jari di lab. Mencari Perppu di daerah lalu dianalisis.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Saya masih bingung juga ya karena kan basic nya pendidikan vokasi. Nanti kita lulus nanti dikasih sertifikasi, sertifikasi ini sangat penting untuk lulusan vokasi.

perjanjian MOU (praktek penjelasan perjanjian)

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuknya ada 2, SMPV yang dibagi menjadi jalur prestasi dan rapot untuk 2020. Pada saat aku itu jalur prestasi dan tes tulis di kampus. 2019 itu yang diterima 90 orang. Informasi lebih lanjut bisa diakses ke infoub.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, semangat. Semangat ini penting, harus sama kaya semangat pas baru pertama kali masuk. Kedua, harus giat baca. Di jurusan manapun penting untuk giat baca karena dengan itu kita bisa meningkatkan literatur dan memperluas sudut pandang. Terakhir, jalani aja dulu yang dimiliki nanti juga baka ngerti.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja tergantung individual melihat peluang dan memiliki kompetensi yang relevan di dunia kerja. Kita bisa masuk di dunia usaha, industri, sekretaris, notaris, PPAT dan instansi pemerintahan.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Mau lanjut pendidikan ke S1 Ilmu Hukum dan pengen juga untuk berorganisasi selama kuliah.

Kode Konten: C158

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *