Administrasi Negara

Administrasi Negara Universitas Udayana (Lewi)

Administrasi Negara Universitas Udayana (Lewi)

Hallo teman-teman onlineku! Perkenalkan nama saya Lewi, saya berasal dari Denpasar Bali. Saat ini saya masih menjadi mahasiswa semester 6 jurusan Administrasi Negara Universitas Udayana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, . Saya merupakan mahasiswa angkatan 2017,  dahulu saya sebelum kuliah di Unud, sewaktu SMK saya sempat mengambil jurusan Administrasi Perkantoran. Nah, disini saya akan membagikan informasi serta pengalaman saya bagi kalian tentang jurusan yang saya ambil sekarang ini. Yuk, mari simak selengkapnya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih itu jurusan Administrasi Negara Universitas Udayana ? Dari namanya saja sudah kelihatan akan mengurus negara, rumitkah ?

Sebelum mengetahui apa itu administrasi negara, saya akan sedikit menjelaskan dua arti kata tersebut. Administrasi negara berasal dari 2 kata yakni administrasi dan negara, administrasi artinya mengelola / mengatur/ memanage, sedangkan negara artinya wilayah yang diakui secara hukum.  Jadi administrasi negara merupakan kegiatan yang menyangkut tentang bagaimana mengelola, mengatur serta merencanakan bagaimana pemerintah menyelenggarakan urusan pemerintahnya kepada rakyat. Jadi administrasi negara merupakan sebuah program studi yang mempelajari tata kelola administrasi secara lebih spesifik mulai dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengadaan, pemberian perintah, pengkoordinasian, pelaporan, serta penganggaran instansi baik milik pemerintah ataupun swasta guna mencapai tujuan dari negara tersebut. Batas dari bidang ilmu administrasi negara, hanya pada lingkup tata kelola administrasinya saja, tidak sampai mempelajari ilmu perpajakan, ilmu hukum, atau ilmu akuntansi secara mendalam. So, jurusan ini sangat menyenangkan jika semakin diperdalami, karena jurusan ini menurut saya merupakan jurusan yang mendatangkan prospek pekerjaan yang banyak diidamkan oleh masyarakat luas.

Berkuliah di jurusan administrasi negara, merupakan suatu keberuntungan menjadi mahasiswa yang terpilih di jurusan ini, karena dengan mempelajari mengenai administrasi di negara kita, secara tidak langsung kita bisa menjadi bagian dari masyarakat yang mampu berpikir kritis dalam menganalisa setiap tindakan ataupun peraturan perundang – undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi dengan menjadi mahasiswa administrasi negara, kita dapat mampu untuk menganalisa menggunakan daya pikir kita terhadap kebijakan pemerintah apakah menguntungkan masyarakat atau tidak.

Apa saja yang mata kuliah dan tugas khas yang ada di jurusan Administrasi Negara Universitas Udayana ?

Mata kuliah yang khas di jurusan administrasi negara di Unud adalah Seminar Masalah Administasi Negara. Mata kuliah ini merupakan pelajaran yang nantinya akan menjadi sebuat tugas akhir berupa skripsi. Di dalam mata kuliah ini dosen akan memberikan bimbingan layaknya bimbingan skripsi untuk mengarahkan mahasiswa untuk memecahkan permasalahan di lingkup masyarakat yang menyangkut dengan kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tugas khas yang paling sering didapatkan mahasiswa adalah membuat jurnal. Jadi jurnal yang ditugaskan oleh dosen itu seperti jurnal penelitian yang dimana isinya itu untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan masyarakat yang menyangkut tentang kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Konsentrasi jurusan administrasi negara

Konsentrasi di jurusan administrasi negara, lebih berfokus pada pemahaman mahasiswa mengenai kebijakan public yang kita kenal peraturan perundang – undangan, program pemerintah, surat edaran dan hal – hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Jadi  dalam beberapa matakuliah di setiap semester, mahasiswa dituntut untuk dapat memahami serta menganalisa berbagai tindakan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat, dan nantinya tindakan tersebut akan diukur berdasarkan tingkat efektivitasnya, kualitasnya, implementasinya, efesiennya dan lain sebagainya. Pemahaman mengenai kebijakan publik tersebut nantinya akan dipakai menjadi tugas akhir atau yang kita kenal sebagai skripsi.

TIPS buat MABA Administrasi Negara di UNUD !

Jadi buat kalian nanti yang diterima di jurusan administrasi negara di Unud. Saya punya tips buat kalian ketika nanti kalian mulai secara resmi mengikuti mata kuliah :

  1. Jangan pernah titip absen. Selain karena melanggar aturan kampus, jika diketahui dosen bisa jadi tidak diluluskan mengikuti matkul selama satu semester.
  2. Saling menghargai. Jadi sikap saling menghargai sangat dijunjung tinggi sekali oleh seluruh warga di Fisip Unud baik dengan sesama teman maupun dengan dosen.
  3. Harus tahan banting dan jangan pernah sesekali putus asa. Dalam menghadapi dunia perkuliahan tidak semua akan berjalan lancer seperti waktu masa SMA. Semua akan berbanding terbalik 180 derajat. Jadi janganlah putus asa tetaplah berjuang mengejar cita – cita demi keluargamu dan banyak orang.
  4. Tingkatkan rasa solidaritas. Jadi di jurusan itu terdapat wadah yang menaungi aspirasi mahasiswa disana berupa organisasi mahasiswa yang bernama PMAN (Persatuan Mahasiswa Administrasi Negara). Jangan lupa untuk bergabung di organisasi itu. Dijamin bakalan bikin kalian jadi mahasiswa yang open minded dan punya banyak relasi. Nambah wawasan serta nambah pengalaman yang belum kalian temukan di bangku SMA.

Lulusan Administrasi negara akan susah mendapatkan pekerjaan, benarkah ?

Secara garis besar, asumsi ketika mendengarkan administrasi negara di dalam pikiran masyarakat pada umumnya akan terdengar asing. Bisa dikira kalau jurusan ini pasti akan susah pelajarannya atau tamatnya susah mencari pekerjaan. Jurusan administrasi negara, merupakan salah satu jurusan yang belum awam didengar oleh masyarakat. Baru hanya sebagian besar saja yang mengetahui secara mendasar terhadap jurusan ini.

Nah untuk kalian, saya akan share beberapa pekerjaan yang kece buat kamu, jika kamu menjadi lulusan administrasi negara. Lulusan administrasi negara bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan, terutama jika ingin menjadi pegawai negeri sipil. Tetapi, kalau kamu lebih menyenangi bekerja kantoran yang tidak terikat dalam waktu lama, beberapa referensi mengenai pekerjaan jurusan administrasi negara yakni sebagai jurnalis, staff tata usaha ( admin), aktivis, divisi Human Resource Development (HRD) atau dibagian sumber daya tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Jadi jangan khawatir buat masuk sebagai mahasiswa administrasi negara. Saya yakin beberapa tahun mendatang lagi, lulusan administrasi negara merupakan lulusan yang prospek pekerjaannya sangat luas dan dicari – cari oleh pemerintah, mengingat saat ini pemerintah sangat memberdayakan generasi muda untuk turut ikut menggerakkan pemerintahan ini.

HARAPAN KU SETELAH LULUS DI UNUD ?

Jadi setelah nantinya saya sudah menyelesaikan masa studi saya selama 4 tahun mungkin kurang. Saya ingin sekali menciptakan lapangan pekerjaan dan itu impian saya. Namun sebelum itu saya harus membekali diri terlebih dahulu dengan cara bekerja. Saya berharap saya bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya dengan nyaman. Harapannya saya bisa bekerja di bagian instansi pemerintahan. Ingin sekali menjadi anak muda yang bisa secara langsung menaungi dan mewadahi aspirasi masyarakat demi kepentingan bersama. Kemudian dapat secara langsung menyampaikannya kepada kepala daerah untuk dapat ikut turut serta merealisasikan harapan – harapan masyarakat.

Kode Konten: X169

Komen dibawah! 3

  1. Karisma

    Kak, saya mau nnya kalo misalnya lulusan di administrasi negara apakah boleh atau tidak bekerja di bank ? Dan haruskah selama 4 tahun untuk bisa lulus dari kuliah administrasi negara?

  2. ari

    kak saya mau bertanya apakah lulusan smk jurusan perhotelan bisa masuk fakultas admisnistrasi negara? dan apakah nanti kesulitannya jika masuk di fakultas admisnistrasi negara?

  3. didi

    hai kak, saya merupakan siswa sma yang mengambil jurusan bahasa, saya ingin mengambil jurusan administrasi negara apakah ada peluang? seberapa persen peluang itu terlepas dari nilai yang saya peroleh? dalam artian apaan yang diutamakan untuk dapat masuk jurusan ini adalah anak ips? terima kasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *