Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Administrasi Pendidikan UPI (Luthfi)

Halo sobat intipers! Aku M. Luthfi Zhafran F , alumni dari jurusan Administrasi Pendidikan UPI. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Administrasi Pendidikan UPI seperti apa?

Biasanya ketika orang secara umum mendengar kata Administrasi itu biasanya berpikiran ke arah-arah ekonomi atau akuntansi. Makanya banyak juga nih yang ngira kalau mahasiswa Adpen ini limpahan dari ekonomi, padahal di jurusan ini kita sama sekali gak belajar hal-hal yang berhubungan sama ekonomi, akuntansi dan perhitungan ekonomi lainnya. Nah tapi kalau di UPI ini ada kata pendidikannya juga. Jadi administrasi pendidikan ini terletak di Fakultas Ilmu Pendidikan, berarti ada di bawah naungan pendidikan.

Secara garis besar jurusan Administrasi Pendidikan UPI kita membahas proses pendidikan dari awal sampai nanti pada output pendidikan. Kita membahas kurikulum, kinerja guru dan staf sekolah, sarana dan prasarana pendidikan, jadi memang bener-bener pure mengenai pendidikan.

Slide5

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

administrasi pendidikan upi

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Administrasi Pendidikan UPI ?

Dulu SMA sebenernya basicnya itu IPA, tapi karena dorongan ibu. Dulu pengen banget di jurusan lain tapi mungkin bukan rezekinya. Waktu pilih jurusan, itu pilihan 1 itu jurusan yang aku pengen, pilihan 2 itu pilihan ibu dan pilihan terakhir itu jurusan yang kita cari aman aja. Pas pengumuman di pilihan 1 ga diterima dan keterima di pilihan 2.

Dulu aku buta banget soal Administrasi Pendidikan UPI, nah setelah keterima itu baru aku cari tahu tentang Adpen. Pas pertama masuk ya ada kagetnya juga karena belajarnya teori dan hafalan, sedangkan saya sukanya hitungan. Jadi saya menyesuaikan cara belajar aja sih kalau gitu saya lebih cenderung ke pemahaman daripada menghafal.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Administrasi Pendidikan UPI ?

Mata kuliah itu ada manajemen kurikulum, manajemen sumber daya manusia. Ada penelitian pendidika, sarana prasarana. Bener-bener membahas tuntas pendidikan dari awal membuat kurikulum sampai nanti output pendidikannya. Kalau mata kuliah favorit saya itu matkul Kepemimpinan Pendidikan itu kita membahas bagaimana seorang pemimpin menjalankan organisasi atau lembaga pendidikan supaya bisa lebih maju.

Tugas sendiri lebih pada analisis kasus, membedah cara menyelesaikan kasusnya mulai dari input-proses-output. Dalam tugas itu kita mengemukakan gagasan yang disertai dengan teori atau peraturan-peraturan perihal pendidikan. Oh ya selain tugas ini, kita sering ditugaskan untuk observasi. Di semester 3 dan 4 itu hampir semua mata kuliah itu ada observasi dengan beda-beda tujuan observasi. Misalnya di mata kuliah pembiayaan pendidikan, kita menanyakan cara mengatur pembiayaan pendidikan di sekolah. Ada juga perihal kesiswaannya, kita menanyakan cara pengelompokan siswa di kelas.

Lalu kalau untuk praktik ada yang namanya PPL itu langsung ke lapangan. Kadang tidak langsung ke sekolah, lebih pada instansi di atas sekolah, seperti Dinas Pendidikan dan lembaga lainnnya. Di sana kita membantu dalam membuat Diklat untuk kepala sekolah  atau guru. Sebelum PPL juga ada magang di semester 6. Sebenernya gak beda jauh sama PPL, magang ini kita diikutsertakan merancang kurikulumnya, merancang diklatnya.

Apa saja konsentrasi atau peminatan di jurusan ini?

Ada 2 yaitu perencanaan dan pengawasan. Bedanya itu ngaruh nanti ke prospek kerja. Kalau untuk perencanaan itu lebih fokus merancang kurikulum, nanti pun bisa menjadi wakasek kurikulum bahkan kepala sekolah. Kalau pengawasan ini nanti bisa jadi pengawas sekolah atau nanti bekerja di Dinas Pendidikan. Itu konsentrasi S1 ya, kalau di S2 Administrasi Pendidikan UPI itu ada konsentrasi kepemimpinan dan kebijakan.

Konsentrasi di S1 mulai bisa dipilih di semester 3, jadi di semester 1 kita belajarnya fokus ke dasar-dasar tentang administrasi pendidikan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, SBMPTN sama seleksi mandiri UPI. Selain itu ada juga jalur bidik misi sama afirmasi. Info lebih lengkap bisa diakses di instagram @upiofficial. Temen-temen juga harus cari tahu di website, yang penting kita harus validasi dulu infonya.

Kuota seangkatan itu di angkatan 2015 sekitar 40-50, ketika 2016 kuota ditambah hingga 64 orang. Mulai dari 2017 Administrasi Pendidikan membuka 2 kelas dengan kuota yang terus ditambah hingga 70-80 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama itu mambangun rasa kecintaan sama jurusan kita. Apresiasi diri kita ketika udah keterima di jurusan ini, dan kita harus cinta. Karena ketika menjalani tanpa cinta kan nanti bisa hambar. Terus, perbanyak relasi khususnya di internal, baik itu ke kakak tingkat maupun adik tingkat. Dengan itu kalau ke kakak tingkat kita bisa menanyakan apa yang mereka lakukan di perkuliahan apa yang sudah mereka hadapi. Kalau ke adik tingkat kita juga harus berbagi ilmu juga karena kita kan udah dapat ilmu dari kakak tingkat. Menurut ibu saya, ketika kita dibantu orang dan kita menjadi bisa karena orang lain, dan orang lain menjadi bisa karena kita. Jadi ada pengaruh orang lain juga untuk kita bisa survive di perkuliahan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu mungkin banyak yang mengira hanya bisa menjadi tata usaha sekolah, tapi sebenernya lebih luas. Ada yang di lembaga pendidikan, di Dinas Pendidikan, bahkan kepala sekolah atau kepala yayasan juga menjadi seorang pengawas pun bisa.

Harapan dan rencana ke depannya?

Ketika masih maba pun pengen jadi dosen, jadi rencananya itu nunggu pendaftaran S2 UPI prodinya tetep sama yaitu Administrasi Pendidikan. Harapannya ya secara umum semoga Corona cepat beres  dan untuk temen-temen yang mau pilih Administrasi Pendidikan jangan kabar burung tentang jurusan ini dan relasi itu juga penting ya.

Kode konten: C189

Komen dibawah! 1

  1. Gina Nurinayah

    Assalamualaikum kak, izin bertanya. Kalo s2 administrasi pendidikan itu menerima jurusan s1 apa saja? Atau hanya menerima jurusan s1 administrasi pendidikan?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *