Agrobisnis Perikanan

Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo (Yuliana)

Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo (Yuliana)

Assalamualaikum. Halo intipers. Perkenalkan saya Yuliana bisa di panggil Yuli, mahasiswa jurusan Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo Kendari angkatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya yang telah saya lalui selama 5 semester di jurusan ini. Penasaran ? Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa sih Jurusan Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo itu ?

Jurusan Agrobisnis Perikanan itu merupakan jurusan yang mempelajari atau mengkaji tentang sosial dan ekonomi di dunia perikanan. Jurusan ini sudah ada dibeberapa universitas lain selain Universitas Halu Oleo tapi dengan nama yang berbeda yaitu Sosial Ekonomi Perikanan. Lebih tepatnya dijurusan ini kalian akan mempelajari mengenai kehidupan sosial, bisnis, manajemen, ekonomi yang ada kaitannya dengan perikanan. Perikanan itu sendiri mencakup hal yang luas baik perikanan budidaya, perikanan tangkap, dan pengolah perikanan. Pokoknya masuk dijurusan ini kalian sedikit demi sedikit akan terbentuk jiwa entrepreneur/pengusahanya karena muara dari semua jurusan di perikanan yah tentunya bisnis perikanan.

Sekedar informasi 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan dan sekarang Indonesia telah dinobatkan sebagai poros maritim di dunia, jadi tentu banyak sekali potensi Indonesia dibidang perikanan dan salah satu cara untuk memanfaatkan potensi itu yaitu berbisnis. Nah, banyak yang bilang nih kuliah di Jurusan Agrobisnis Perikanan itu ujung-ujungnya bakal jadi penjual ikan, apa benar ? jawaban saya benar tapi saya lebih suka menyebutnya pengusaha ikan. Pernah dengar kisah Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan 2017-2019) ? beliau itu salah satu pengusaha perikanan yang sukses dengan latar belakang pendidikan tamatan SD, beliau bisa sukses dengan pekerjaan sebagai penjual ikan (Pengusaha perikanan) meskipun dengan keterbatasan pendidikan. Kalau beliau saja bisa sukses dan bangga dengan pekerjaan itu ? mengapa tidak dengan kita yang sudah masuk ke jenjang perguruan tinggi.

Mata Kuliah dan Praktek di Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo ?

Mata kuliah dijurusan ini terbagi atas mata kuliah wajib, umum dan pilihan. Bedanya adalah mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang wajib kamu ambil dan selesaikan selama berkuliah di jurusan ini, mata kuliah umum adalah mata kuliah yang semua jurusan di universitas itu wajib ambil, sedangkan mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang kamu bisa memilih antara mengambil atau tidak mata kuliah ini. Jadi mata kuliah pilihan itu diambil ketika jumlah sks (sistem kredit semester) kamu tidak mencukupi atau kurang untuk lanjut ke tahap akhir perkuliahan.

Mata kuliah umum terdiri dari mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Teknologi Informasi, Kewarganegaraan, Kewirausahaan dan Pendidikan Agama sedangkan mata kuliah wajib terdiri dari Pengantar Agrobisnis Perikanan, Matematika Ekonomi, Pengantar Ekonomi Perikanan, Ekonomi Mikro dan Makro, Teknologi Hasil Perikanan, Dasar-Dasar Akuntansi, Komunikasi Bisnis Perikanan, Selam Dasar, Iktiologi, Ekologi Perairan, Wawasan Kemaritiman, Hukum Bisnis Perikanan, Penyuluhan dan Komunikasi Bisnis Perikanan, Antropologi Perikanan, Pengolahan Data Sosial Ekonomi Perikanan, Metode Ilmiah, Manajemen Operasi Usaha Perikanan, Pengantar Oseanografi, Dasar-Dasar Aquakultur, Perdagangan Internasional, Kelembagaan Perikanan, Pemasaran Hasil Perikanan, Ekonomi Produksi Perikanan, Bisnis Mina Wisata Bahari. Untuk mata kuliah pilihan mencakup Ekonomi Syariah, Perbankan dan Lembaga Asuransi, serta Manajemen Finansial.

Mata kuliah favorit

Mata kuliah favorit saya adalah wawasan kemaritiman. Hal yang dipelajari adalah kemaritiman secara luas tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia. Mengulas sejarah dan potensi perikanan itu sendiri. Pada akhirnya menyadarkan kalian bahwa kalian sangat bangga menjadi salah satu warga negara yang diakui dunia karena potensi perikanannya. Apalagi dosen yang mengajar adalah dosen-dosen yang hebat. Satu lagi mata kuliah yang jadi favorit saya adalah Perdagangan Internasional. Dari namanya aja bisa ketebak bahwa yang dipelajari adalah bisnis secara internasional terkhusus bidang perikanan. Di mata kuliah ini kalian akan ketemu dengan salah satu dosen favorit saya yaitu bapak Sjamsu Alam Lawelle, S.Pi., M.M. Beliau menyampaikan materi dengan sangat keren. Ketika menjelaskan, beliau selalu memberikan contoh yang terkait pengalaman pribadi yang menurut saya dan beberapa teman saya sangat mengagumkan.

Praktek jurusan Agrobisnis Perikanan itu sendiri lebih banyak dilakukan dilapangan. Kebanyakan praktek dilakukan dengan sistem wawancara, survey dan mengambil data. Praktikum di laboraturium hanya dilakukan pada mata kuliah Iktiologi dan Teknologi Informasi. Jadi bisa dibilang anak jurusan Agrobisnis Perikanan adalah anak lapangan karena lebih seringnya terjun ke masyarakat langsung. Hal yang menarik adalah jurusan ini bisa jadi jurusan yang bisa buat kamu berasa traveling/liburan padahal lagi praktek, kok bisa ? Karena rata-rata tempat prakteknya itu keren-keren bisa ke perusahaan, tempat pariwisata ataupun di alam bebas.

Tips Buat MABA (Mahasiswa Baru)

Memang tidak mudah kuliah di Jurusan Agrobisnis Perikanan. Suatu saat kalian akan temukan hal-hal menurut kalian tidak akan mampu melewatinya. Namun, yakinkan bahwa seberat apapun rintangan atau hambatan itu pasti ada solusinya tetap hadapi dan jalani saja.  Karena semua pada akhirnya akan terlewati juga. Mari kita bercermin dengan senior-senior kita yang telah lulus, tentu mereka pernah mengalami hal yang sama namun mereka memilih untuk menghadapi hal tersebut hingga pada akhirnya gerbang kelulusan itu bukan lagi khayalan. Masalah akan tetap jadi masalah jika kita tidak bisa mengambil pelajaran dibaliknya. Jadi kalau kalian mengalami masalah didalam perkuliahan, setelah mendapat solusi maka carilah pelajaran di balik semua itu. Tetap semangat belajar dan menjaga etika sopan santun terhadap sesama mahasiswa dan dosen. Menurut saya perlakuan/sikap kita ke orang lain itu lebih tinggi nilainya dibandingkan ilmu yang kita miliki.

Prospek Kerja Agrobisnis Perikanan

Alumni dari jurusan Agrobisnis Perikanan ini akan mendapat gelar Sarjana Perikanan (S.Pi) yang dapat bekerja di perusahaan swasta perikanan, peneliti, pengajar, masuk dalam pemerintahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), perbankan, dan tentu saja menjadi pengusaha perikanan yang bisa menyediakan lapangan kerja bagi orang lain.

Rencana Setelah Lulus

Saya berencana melanjutkan studi di luar negeri yaitu di Jepang negara yang memiliki segudang ilmu. Mengapa harus jepang ? karena disana bidang teknologi perikanannya sudah sangat canggih dan banyak ilmuwan-ilmuwan perikanan hebat berasal dari sana. Saya ingin jadi salah satunya. Kelak jika terwujud saya akan pulang ke negara saya untuk mengabdi, mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari disana. Saya juga ingin sekali membangun usaha dibidang perikanan yang nantinya bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Kode Konten: X154

Komen dibawah! 3

  1. Muty

    Ga usah dibalas ya ka, ini cuma tes aja

  2. arfini nurna

    Kak yuli.. angkatan 31?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *