Agroteknologi

Agroteknologi Universitas Jember (Royhan)

Agroteknologi Universitas Jember (Royhan)

Hallo intipers semua, semoga sehat ditengah pandemi ya hehe. oh iya, pepatah orang Indonesia menyatakan bahwa “tak kenal maka tak aruf” eh.. “tak sayang” maksudnya, jadi izinkan saya memperkenalkan diri hehe. Nama saya Royhan Saydi kalian bisa panggil Royhan sekarang sudah mau memasuki semester 5 di Jurusan Agroteknologi Universitas Jember. Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini (berasa pidato ya hehe), izinkan saya untuk bercerita dan membagikan mengenai kehidupan perkuliahan saya di Agroteknologi Universitas Jember, bagi adik-adik juga yang ingin masuk di Agroteknologi khususnya di Universitas Jember. simak yuk! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Belajar apa saja sih di Agroteknologi Universitas Jember?

Kalau mendengar “Pertanian”, pasti dibenak teman-teman hal yang jorok seperti “mencangkul”, “ngebajak sawah” dll. Benar, tapi tunggu dulu. Kita belajar tidak hanya sebatas itu saja kok. Praktikum di lab juga loh, keren kan? Kita belajar banyak hal di Fakultas Pertanian Universitas Jember, tidak hanya tentang mencangkul dan ngebajak sawah. Kita belajar mengenai agribisnis yaitu bisnis mengenai pertanian, ilmu tanah yang digunakan para pecinta lingkungan untuk menjaga tanah, HPT (Hama Proteksi Tanaman) bisa dikatakan kedokterannya pertanian, Agronomi yang menjadi dasar untuk budidaya tanaman dan Fisiologi Tumbuhan yang kerjanya di laboratorium. Banyak kan? dan kalau dibilang, Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jember, salah satu jurusan yang padat dan keras loh! eits, jangan salah tapi dengan ini, banyak alumni kita yang kuat menghadapi kerasnya dunia kerja diluaran sana, gila kan hehe..

Di jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jember tidak melulu menjadi petani loh, banyak yang menjadi manager, praktisi pertanian dan kerja di perusahaan pertanian lainnya. Stigma-stigma tidak baik bagi jurusan Agroteknologi, jangan sampai dipikirkan terlalu berlebihan ya teman.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata Kuliah Agroteknologi Universitas Jember apa saja sih kak? susah ya? apa cuma belajar ngetraktor sama nyangkul doang?

Hmm, sudah dibilang kita tidak hanya sebatas itu kok. susah? ya lumayanlah, mangkanya kuliah kita memang tidak main-main. Kalau di semester 1 dan 2 masih mata kuliah umum dan mata kuliah dasar yang ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Pertanian jurusan lainnya baik prodi agribisnis, Penyuluhan Pertanian, Proteksi Tanaman, Agronomi dan Ilmu Tanah. Mata kuliah tersebut misalnya Agrobiosains, Pengantar Ilmu Pertanian, Pengantar Ilmu Tanaman, Pengantar Teknologi Pertanian dan masih banyak lagi.

Nah, mata kuliah yang paling berkesan bagi saya pribadi yaitu Sains Tanah dan Bioekologi OPT. Karena praktikum nya itu tidak kenal waktu yaitu praktikum malam Jum’at jam 20.00-22.00 dan hari minggu jam 05.30. apakah berat? tentu saja tidak, enjoy saja kok. asik lagi, tugasnya berat? lumayan, karena ketika habis praktikum kita disuruh buat laporan ilmiah yang referensi nya minimal 3-3-1 (Jurnal internasional-Jurnal Nasional-Text Book). Tugasnya lumayan? banget, tapi dari hal ini kita bakal dilatih bagaimana manajemen waktu dengan baik. Ayo, jangan salah persepsi ya, walaupun berat, kehidupan selanjtnya jauh lebih berat loh, ambil positifnya saja ya …

Awalnya bingung sih di Fakultas Pertanian, mengingat tugasnya yang seabrek, kuliahnya padat, praktikumnya tidak kenal waktu. Tapi, dengan ini saya bisa manajamen waktu dengan baik, bisa bagi skala prioritas dan tangguh menghadapi situasi hehe. keep enjoy

Minat ristetnya nanti apa saja kak?

wah, ini nih yang sedang saya hadapi para calon mahasiswa semester 5. Kebetulan semester sudah berlalu nih hehe. Kalau di Agroteknologi sendiri terdapat 3 minat riset yaitu:

a. Bioteknologi, dibidang ini, bagi mahasiswa yang otaknya encer dan suka ngelab, bisa nih ikut minat riset ini. Fokus yang dikembangkan di bioteknologi juga menarik loh, misalnya daerah Jember sendiri punya tebu transgenik yang dikembangkan melalui bioteknologi

b. Agroekosistem, bagi yang suka budidaya tanaman, bercocok tanam dan menanam, agroekosistem cocok bagi kalian

c. TTG (Teknologi Tepat Guna), Nah, pada minat riset ini, dikembangkan inovasi dan produk yang tepat guna dibidang pertanian.

Bagaimana tips bagi Mahasiswa Baru di Agroteknologi Universitas Jember kak?

Seperti yang telah disinggung diawal, perkuliahan di Agroteknologi Universitas Jember diawal memang berat (ya selanjutnya memang lebih lumayan lagi sih, hehe.. ).

jadi bagi kalian yang baca ini, yang sudah diterima di SNMPTN, SBMPTN atua SBMPTBR Agroteknologi Universitas Jember, semester pertama sangat akan berat bagi kalian. Tipsnya bagi teman-teman maba nanti yaitu:

(a) niat awal kalian mantapin kuliah disini, jangan sampai putus ditengah jalan ya;

(b) seberat-beratnya kuliah di Agroteknologi, ingat kalian tidak sendiri kok, masih banyak yang berjuang untuk posisi kalian sejauh ini, semangat, karena meskipun sedikit berat, proses akan membentu karakter kalian jauh lebih baik, bismillah ya 🙂

(c) Susun skala prioritas dengan baik, manajemen waktu dengan baik, karena kalau tidak begitu, kalian bakal keteteran loh.

(d) ikut UKM, BEM atau HMJ, di Fakultas Pertanian banyaks sekali UKM untuk pengembangan minat dan bakat. saya sendiri ikut 4 UKM hehe

(e) ikut pengabdian dosen, bangun relasi yang baik kepada dosen agar koneksi kalian lebih luas

(f) ikut lomba-lomba, untuk meningkatkan integritas kalian

Kuliah keras, prospek kerjanya sesuai tidak kak sama usaha kita?

Wah, jelas dong. tapi memang tergantung rezekinya masing-masing sih hehe. Tapi, sejauh ini, alumni kita sudah memiliki prospek yang bagus. Banyak yang sudah jadi manajer di perusahaan pertanian, praktisi dibidang pertanian, dosen pertanian, bekerja di perusahaan sawit di Kalimantan dan Sumatera serta praktisi pertanian. Alumni kita memiliki kelebihan tahan banting di dunia kerja dibandingkan dengan fakultas dan universitas lain, ya tahu sendiri, perkuliahan yang keras membuat mental kita terbentuk loh.

Kemarin, Wadek III Fakultas Pertanian, dibandingkan dengan lulusan universitas lainnya, alumni Agroteknologi Universitas Jember, sangat kuat dan tahan banting di dunia kerja, sehingga integritas Alumni kita sangat baik dimata masyarakat, gila kan? hiya hiya…

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan rencana kakak setelah lulus, apa nih?

Harapannya pasti semoga lulus kurang dari 4 tahun dengan IPK diatas 3,5 hehe. (semua mahasiswa sepertinya sama sih ya, hihi). Rencana jangka pendek saya diperkuliahan ini menjadi mawapres (Mahasiswa Berprestasi) dan semoga tembus nasional, aamiin.

Rencana setelah lulus sih ingin lanjut S2 di Jerman atau Prancis (gila mimpinya ya wkwk, aamiin in saja dah) dan menjadi pengusaha di bidang pertanian, sudah itu saja, simpel itu butuh usaha keras ya hehe.

Semoga dapat menginspirasi dan memberi informasi yang dibutuhkan teman-teman ya, take care!!

Kode konten: X337

royhansaydi
Saya Royhan Saydi, angkatan 2018 S1 Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jember. Mencintai pertanian dan mengembangkan sektor pertanian menjadi tugas saya dan rekan-rekan saya mahasiswa pertanian

Komen dibawah! 1

  1. vasco Hornay

    apa ada mata kuliah Mikrobiologi ? Kalo boleh mas bisa jelasin hubungan mata kuliah mikrobilogi dengan Agrotenologi. dan Agroteknologi itu lebih cenderung ke bagian pertanian mana? tolong pencerahan mas…

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *