Agroteknologi

Agroteknologi UNSOED (Rizki)

Agroteknologi UNSOED (Rizki)

Hallo sahabat intipkuliah.com. kenalin namaku Arrizki Maulana Majid, aku biasa dipanggil rizki. Aku mahasiswa jurusan Agroteknologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) angkatan 2018. Disini aku ingin sharing pengalaman kuliahku yang udah aku lalui selama 4 semester di jurusan Agroteknologi nih. Oke langsung aja kuy simak pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa aja si yang dipelajarin di jurusan Agroteknologi UNSOED?

Jadi, sesuai namanya, Agroteknologi yang berasal dari kata Agriculture yang berarti pertanian dan kata teknologi. Di jurusan ini kita bakal diajarin tentang apa dan bagaimana teknologi yang digunakan di bidang pertanian. Teknologi disini bukan tentang mesin seperti jurusan teknik mesin ya temen temen. Maksud teknologi disini itu seperti teknik budidaya tanaman agar kita dapat melakukan budidaya tanaman dengan baik dan benar sehingga dapat menghasilkan produksi pertanian yang maksimal. Nah nanti kita bakal belajar mulai dari menentukan lahan untuk tanaman yang akan kita budidayakan ataupun memilih tanaman yang cocok untuk kita budidaya di lahan yang kita punya. Lalu, kita juga akan belajar cara mengolah tanah yang baik, membuat media tanam lain selain tanah seperti teknik hidroponik, aeroponik dan lain sebagainya.

Dalam mengolah tanah kita belajar cara menentukan pupuk maupun dosis dan konsentrasi pupuk tersebut. Selain itu, kita juga bakal pelajarin tentang teknik penanaman tanaman. Seperti teknik monokultur, multi kultur dan lainnya. Dalam budidaya tanaman tentunya kita perlu melakukan perawatan terhadap tanaman yang kita budidayakan. Nah kita juga bakal pelajarin itu juga seperti cara pengendalian hama dan perawatan tanaman. Intinya di Agroteknologi kita bakal belajar budidaya tanaman dengan menerapkan teknologi yang terus berkembang sehingga hasil produksi tanaman maksimal.

Slide5

Apa bedanya Agroteknologi dengan teknik pertanian?

Nah aku sering banget nih nemuin pertanyaan ini, entah dari temenku, adik kelasku, dan bahkan orang tuaku wkwk. Jadi mereka kadang mengira Agroteknologi itu sama kaya teknik pertanian, padahal itu jauh berbeda ya temen temen. Setau aku, kalau jurusan teknik pertanian yang dipelajari itu hampir mirip mirip sama teknik mesin gitu dan teknik pertanian lebih menjurus ke bidang pertanian. Di teknik pertanian yang dipelajari biasanya tentang mesin mesin pertanian gitu, kaya misal ngebuat traktor, ngebuat mesin perontok padi, dan sebagainya. Sedangkan agroteknologi kan yang dipelajari seperti yang udah aku sampein tadi diatas. Jadi sangat sangat jauh berbeda, tetapi sama-sama masih dalam lingkup pertanian.

Mata kuliah dan dosen favorit menurut aku siapa si?

Banyak banget mata kuliah yang dipelajari di jurusan Agroteknologi. Mata kuliah itu antara lain pemuliaan tanaman, genetika tumbuhan, agronomi, ekologi tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, fisiologi tanaman, bahkan statistika, rancangan percobaan, pertanian berkelanjutan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Satu mata kuliah yang jadi favorit aku mata kuliah pemuliaan tanaman. Jadi di mata kuliah ini aku belajar  cara menciptakan varietas baru pada suatu jenis tanaman yang diharapkan menjadi varietas unggul. Jadi, di mata kuliah itu kita kaya belajar buat jadi professor yang nemuin sesuatu yang baru, jadi aku suka banget sama mata kuliah itu hehe. Buat dosen favoritku juga merupakan dosen pemuliaan tanaman, namanya Professor suwarto. Beliau selain menjadi dosen di jurusanku, beliau juga menjadi rector di kampusku. Cara ngajar beliau asik banget dan ga ngebosenin jadi aku suka banget kalo diajar beliau.

Konsentrasi atau  kelompok keahlian di Agroteknologi UNSOED?

Konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan agroteknologi ada 6 kelompok. Kelompok keahlian tersebut antara lain Agronomi, Hortikultura, Pemuliaan tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, dan agroekologi. Nah aku bakal jelasin singkat keenam kelompok keahlian tersebut nih

  1. Agronomi : agronomi mempelajari tentang teknik budidaya yang digunakan dalam budidaya tanaman.
  2. Hortikultura : hortikultura sebenarnya sama kaya agronomi, tapi disini terkhusus ke tanaman hortikultura seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  3. Pemuliaan tanaman : pemuliaan tanaman mempelajari bagaimana menciptakan varietas baru yang unggul dan lebih baik dari varietas lainnya.
  4. Perlindungan tanaman : perlindungan tanaman mempelajari tentang bagaimana melindungi atau memproteksi tanaman yang dibudidayakan dari organisme penggannggu tanaman seperti hama, gulma, dan penyakit.
  5. Ilmu tanah : ilmu tanah mempelajari tentang seputar tanah yang nantinya bakal digunain buat budidaya tanaman, seperti jenis tanah, struktur tanah, tekstur tanah, dan sebagainya.
  6. Agroekologi : agroekologi mempelajari tentang ekologi pada bidang pertanian, seperti mengenai lingkungan pada lahan pertanian, cara menanggulangi kerusakan lingkungan pada lahan pertanian, dan sebagainya.

Tips buat mahasiswa baru jurusan Agroteknologi Unsoed ?

Aku mau kasih sedikit tips aja buat mahasiswa baru yang kuliah di jurusan agroteknologi. Buat mahasiswa baru yang udah kuliah di agroteknologi sebaiknya saat kegiatan praktikum kalian harus bener bener mengikuti kegiatan tersebut dengan baik agar kalian lebih paham tentang apa yang dipelajari dikelas. Karena, terkadang kalo kita Cuma ngandelin teori yang disampein dosen di kelas, ilmu yang didapet menurutku masih belum sempurna. Mungkin itu aja si tips yang bisa aku kasih.

Prospek kerja jurusan Agroteknologi gimana?

Setau aku, jurusan agroteknologi cakupannya luas banget, jadi prospek kerjanya juga luas. Alumni dari jurusanku ini banyak yang bekerja di perusahaan benih, perusahaan pupuk, balai penelitian, balai pembibitan tanaman, bahkan ada juga yang bekerja di kementerian pertanian. Jadi prospek kerja jurusan agroteknologi menurutku bagus banget si. Soalnya yang namanya pertanian itu gak akan pernah ada matinya. Semua orang di duinia pasti butuh makan, dan makanan itu kebanyakan berasal dari pertanian. Munkin kalau mau, kita juga bisa jadi pengusaha di bidang pertanian, dan itu sudah terbukti pada banyak orang kalau bisnis di bidang pertanian itu sangat menjanjikan.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Aku punya harapan setelah lulus nanti aku bakal kerja di pekerjaan yang masih di lingkup pertanian, semoga aja si bisa bekerja di kementerian pertanian. Nah, saat aku udah mulai kerja, aku bakal nyisihin sedikit demi sedikit uang hasil aku kerja buat bikin usaha. Usaha yang aku buat pastinya tetap dalam lingkup pertanian juga, biar ilmu yang udah aku dapet saat kuliah bisa dimanfaatkan dengan baik. Jadi aku ngga Cuma dapet penghasilan dari aku kerja aja, tapi aku juga dapat penghasilan dari usaha.

Kode Konten: X138

Komen dibawah! 8

  1. erlaanggad

    Kak mau tanya, di agroteknologi kita harus kuat di pelajaran apa aja yaa?

  2. Muhammad Yusuf

    Kak Rizki aku mau tanya nilai rata² rapor untuk Agroteknologi unosed kira² berapa ya kak? Untuk SNMPTN nya, dan juga apakah Unsoed itu memprioritaskan camaba yang satu domisili dengannya?

  3. Lani Sri Astuti

    Assalamu’alaikum kak mau tanya..
    Menurut kakak mata kuliah yang d pelajarinya sulit” ngkk?
    Teruss mata kuliah mana yang menurut kakak paling sulit?

  4. Yunita Ulwiyah

    Assalamualaikum kak riski agroteknologi itu berat nggaksih kalo buat cewe?
    Mau tanya juga prodi akuakultur Unsoed itu mempelajari tentang apa yaah?
    Terimakasih:)

  5. afnannn

    kak rizki, izin tanya kak, mapel sma yang bakal ngaruh buat kedepannya belajar di agroteknologi tuh apa aja kak?? terus misal dari smk kira² bisa bersaing gak kak di prodi agroteknologi?? pelajarannya dari dasar banget atau gak kak?? terimakasih sebelumnya kak:)

  6. Ana Pratiwi

    Nilai Rata2 raport untuk masuk agroteknologi di jalur SNMPTN kira2 berapa ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *