Agroteknologi, UPN Veteran

Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur (Annisha)

Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur (Annisha)

Hallo friends. Perkenalkan saya Annisha Nur Shahira, mahasiswi jurusan Agroteknologi angkatan 2018. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang saya lalui setelah 4 semester dijurusan Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur. Yuk disimak yang ingin masuk jurusan Agroteknologi. hehehehe. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu Agroteknologi?

Jadi banyak banget yang mengira bahwa Agroteknologi itu ada di fakultas Teknik karena ada kata teknologinya padahal Agroteknologi ikut Fakultas Pertanian. Program studi Agroteknologi mengajak para mahasiswanya mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman sesuai dengan prinsip pertanian yang jangka panjang. Para mahasiswa akan belajar bagaimana merencanakan dan merancang sistem produksi tanaman secara efektif dan produktif. Cakupan bidang ini tidak terbatas pada penggunaan traktor, sistem pengairan dan pengolahan hasil pertanian saja. Kita mencakup seluruh proses dan berbagai aspek dalam budidaya tanaman maupun ternak dan proses pengolahan hasilnya.

Terkadang di masyarakat jurusan ini dianggap sepele. Terkadang saya ditanya dengan pertanyaan yang menurut saya freak contohnya “Lulus nya jadi petani ya?” atau begini “Ngapain masuk Pertanian sawah kan semakin lama habis?”. So guys aku gak pernah nganggap itu berlebihan anggap aja angin lalu. Ada kata-kata dosenku kalau kita dari pertanian diremehin “Selama manusia masih butuh makan kita akan tetap dibutuhkan”. Jadi itu bagi pedoman saya dan jangan malu jadi petani setidaknya kita bisa menghidupi makhluk lain yang ada di bumi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata kuliah di Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur.

Mata kuliah yang dipelajari sangat mengasyikan menurut saya. Pada semester pertama kita akan mempelajari dasar-dasar dari tanaman. Menurut saya itu seperti pelajaran pada SMA. Semester dua kita mulai mempelajari hal-hal yang menurut kita tabu pada tanaman. Semester ini asyik menurut saya karena kita akan bertemu beberapa matkul yang menyenangkan. Pada semester tiga kita akan mulai bertemu dengan hama-hama dan penyakit. Dan pada semester empat kita akan mempelajari lanjutan dari mata kuliah semester sebelumnya.

Mata kuliah yang menurut saya paling berkesan dan asyik adalah Arsitektur lanskap pada semester dua dan Rancangan Percobaan pada semester empat. Arsitektur lanskap adalah mata kuliah yang mempelajari tentang penataan ruang berbasis fungsi dan estetika. Pada mata kuliah ini kita akan mengkombinasi antara ilmu tanaman, seni, dan teknik. jadi kalian yang suka menggambar atau mendesain akan dimanjan pada mata kuliah ini. biasanya kami yang ada di jurusan agrotreknologi akan berkunjung ke beberapa taman dan melihat nilai plus dan minus serta apa saja yang perlu dilakukan untuk perbaikan.

schooters

Selanjutnya mata kuliah yang menurut saya berkesan adalah Rancangan percobaan. Rancangan percobaan adalah kajian mengenai penentuan kerangka dasar dengan mengumpulkan informasi atau data berdasarkan prinsip statistika. Contohnya adalah bagaimana pengaruh tanaman A ditanam menggunakan media 1, 2, 3 mana yang paling bertumbuh sangat pesat. Menurut saya itu adalah hal yang menantang karena kita disuruh untuk teliti dalam perhitungan.

Tugas khas yang biasanya diberikan pada jurusan Agroteknologi adalah menanam tanaman dari benih sampai panen. Tidak ketinggalan pula tugas praktikum yang bejibun hehehehehe.

Kelompok keahlian apa saja yang ada di Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur?

Pada semester lima kita akan memilih beberapa keahlian yang akan kita ikuti antara lain ilmu tanah, Hama Perlindungan Tanaman (HPT), dan Agronomi. Jurusan Ilmu tanah kita akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tanah seperti konsentrasi tanah, Sistem informasi Geografis , dan lain sebagainya. Lalu Hama Perlindungan Tanaman atau HPT adalah jurusan yang mempelajari hama-hama yang ada pada tanaman mulai jamur, bakteri, sampai hewan dan cara mengatasi. Sedangkan agronomi adalah lebih memperdalam ilmu tanaman dari penanaman sampai panen.

Foto setelah UTS

Tips untuk maba di jurusan Agroteknologi UPN V Jatim.

Tips-tips untuk mahasiswa baru yang mau masuk jurusan Agroteknologi adalah kalian bener-bener harus mengikuti kegiatan praktikum dengan sungguh-sungguh, karena praktikum tersebut akan terus dibawa sampai kita lulus. Dan jangan lupa jangan takut panas karena pada semester awal sampai akhir waktu kalian banyak ada di lahan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan Agroteknologi apa saja?

Prospek kerja pada jurusan Agroteknologi menurutku sangat luas sekali dan tidak berpacu menjadi petani saja ya teman-teman ada Peneliti, konsultan pertanian, bekerja disektor industri, bekerja di pemerintahan, pebisnis atau pengusaha, pengelola perkebunan, surveyor pada bidang pertanahan, bekerja di industri pangan, dan masih banyak lagi. Jadi kalian gak usah ragu masuk ke jurusan Agroteknologi.

Harapan dan Renacana setelah Lulus.

Harapan aku setelah lulus nanti ingin masuk ke BUMN pada bidang perkebunan yang ada di Indonesia contohnya perkebunan teh di Malang, perkebunan tebu di Pasuruan, atau perkebunan kelapa sawit dipulau Kalimantan. Lalu saya juga ingin menabung untuk membuat usaha aquaponik dengan sayur yang terbebas dari pestisida agar hidup kita lebih sehat, dan juga bisa sekaslian beternak ikan seperti lele. Usaha ini saya inginkan agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang disekitar.

Kode konten: X370

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *