Agroteknologi, Universitas Sumatera Utara

Agroteknologi USU (Ryan)

Agroteknologi USU (Ryan)

Hallo intipers. Perkenalkan nama saya Ryan Syahputra, biasa dipanggil Ryan. Saya berasal dari  Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi USU atau Universitas Sumatera Utara, Konsentrasi Ilmu Tanah. Saya lulus di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2016 melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 8 semester di jurusan agroteknologi. Bagi teman teman yang ingin bertanya atau diskusi, boleh komentar di kolom yang telah disediakan dibawah. InsyaAllah saya balas dan balasannya akan masuk ke email teman teman. Yuk simak pengalaman saya.

MARI MENGENAL LEBIH JAUH JURUSAN “AGROTEKNOLOGI”

Agroteknologi berasal dari  dua kata yaitu agro dan teknologi. Agro diambil dari kata agronomi yang berarti cabang ilmu pertanian yang berkenaan dengan teori dan praktik produksi tanaman dan pengelolaan tanah secara ilmiah sedangkan teknologi berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis serta ilmu pengetahuan terapan. Dengan demikian, agroteknologi adalah cabang ilmu pertanian terapan yang berisi teori dan praktik produksi tanaman dan pengelolaan tanah. Secara garis besar, agroteknologi ini mempelajari budidaya tanaman mulai dari pengelolaan tanah, genetika dan pemuliaan tanaman, teknologi benih, pemeliharaan tanaman berdasarkan aspek fisiologis, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, hingga produksi dan pasca panen.

AGROTEKNOLOGI? PERTANIAN? EITSS, DISINI TIDAK MELULU TENTANG BERCOCOK TANAM

Mungkin sebagian besar orang berfikir agoteknologi merupakan bagian dari pertanian yang isinya hanya belajar bercocok tanam, bertani, sawah dan cangkul. Pandangan tersebut salah besar ya teman teman. Mari kita luruskan. Faktanya, agroteknologi itu jurusan yang sangat luas ilmunya. Agroteknologi tidak hanya berbicara tentang bercocok tanam, melainkan kamu juga akan belajar analisis di laboratorium, genetika dan penciptaan varietas unggul, pengelolaan pasca panen, berwirausaha, pemetaan dan masih banyak lagi.

Slide3

YUK JELAJAHI MATA KULIAH DAN TUGAS KHAS JURUSAN AGROTEKNOLOGI USU

Selama belajar di Agroteknologi Universitas Sumatera Utara, sudah banyak sekali ilmu yang didapat dari mata kuliah yang ditawarkan. Pada semester pertama, kamu akan disuguhkan dengan mata kuliah dasar seperti matematika, kimia, pendidikan kewarganegaraan, dan beberapa ilmu yang menjurus ke pertanian seperti botani, mikrobiologi dan agroklimatologi. Semester dua, kamu akan disuguhkan dengan mata kuliah dasar dari masing masing konsentrasi ilmu yang akan kamu pilih di semester atas nantinya seperti dasar ilmu tanah, dasar agronomi, dasar pemuliaan tanaman dan dasar perlindungan tanaman. Di semester berikutnya, kamu akan disuguhkan dengan perkembangan dari masing masing ilmu dasar setiap konsentrasi seperti kesuburan tanah, pupuk dan pemupukan, dasar hortikultura, perbanyakan tanaman, perkebunan kelapa sawit dan karet, pengendalian hama terpadu, pestisida dan teknik aplikasi, bioteknologi dan lain sebagainya.

Di semester lima, kamu akan memilih konsentrasi ilmu yang kamu minati. Kemudian kamu akan disuguhkan dengan mata kuliah yang lebih fokus dan spesifik dari konsentrasi tersebut. Selain mata kuliah yang berhubungan dengan budidaya tanaman, kamu juga akan disuguhkan dengan mata kuliah lain seperti mekanisasi pertanian, dasar peternakan, pengelolaan pasca panen, ekonomi pertanian, dasar manajemen, wirausaha, TOEFL Preparation dan lain sebagainya.

MATA KULIAH YANG BERKESAN DI AGROTEKNOLOGI USU

Dari beberapa matakuliah yang telah dijalani, mata kuliah pupuk dan pemupukan serta perbanyakan tanaman menjadi mata kuliah yang paling berkesan bagi saya. Mata kuliah pupuk dan pemupukan membahas tentang rekomendasi pemupukan dan perhitungan dosis pupuk berdasarkan suatu luasan, suatu tanaman, hingga berdasarkan kandungan hara yang dibutuhkan. Matkul perbanyakan tanaman membahas tentang cara cara perbanyakan tanaman melalui cara generatif (biji) dan cara vegetatif seperti stek, grafting, budding, cangkok, kultur jaringan dan sebagainya. Mata kuliah tersebut menjadi berkesan karena banyak sekali ilmunya, dapat dipahami dan diterima logika serta merupakan ilmu terapan yang bisa menjadi basic keahlian kita.

Apa yang khas dari jurusan Agroteknologi? Sebagian besar mata kuliah terdapat teori beserta praktikumnya. Baik itu pengamatan dan analisis di laboratorium, praktik budidaya tanaman di lahan percobaan, hingga pengamatan di alam terbuka. Kamu akan dilatih memanajemen waktu untuk menyelesaikan tugas kuliah, tugas praktikum, mencari bahan untuk pengamatan di laboratorium dan pemeliharaan tanaman di lahan percobaan dalam waktu yang bersamaan. Hebat ya.

SEMESTER ATAS? INILAH KONSENTRASI (KELOMPOK KEAHLIAN) JURUSAN AGROTEKNOLOGI USU

Setelah kamu menduduki semester atas, tepatnya di semester lima, kamu akan memilih konsentrasi ilmu (kelompok keahlian) yang ditawarkan oleh jurusan agroteknologi bedasarkan minat kamu. Jangan bingung dalam penentuan konsentrasi karena kamu sudah mempelajari ilmu dasar dari setiap konsentrasi di semester awal hingga semester empat. Kamu tinggal memilih ilmu mana yang ingin kamu kuasai dan kamu jelajahi lebih dalam. Terdapat empat konsentrasi yang ditawarkan oleh Jurusan Agroteknologi Universitas Sumatera Utara, yakni Ilmu Tanah, Agronomi, Hama dan Penyakit Tanaman dan Pemuliaan Tanaman. Konsentrasi Ilmu Tanah akan mambahas tentang kimia dan kesuburan tanah, survey tanah, evaluasi lahan hingga pengelolaan lahan. Di Konsentrasi Agronomi akan membahas tentang aspek aspek budidaya tanaman pertanian dan perkebunan lebih dalam. Lalu, Konsentrasi Hama dan penyakit tanaman akan membahas tentang pengendalian organisme pengganggu tanaman seperti hama dan penyakit tanaman yang kemudian dikenal dengan istilah dokter tanaman. Konsentrasi Pemuliaan Tanaman akan membahas tentang genetika dan perakitan vatietas unggul tanaman.

BACA NIH, TIPS BUAT KAMU MAHASISWA BARU AGROTEKNOLOGI

Sebagai mahasiswa baru agroteknologi, belajarlah memanajemen waktu. Kurangi waktu bermain dan waktu yang terbuang sia sia dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.  Disini kamu dituntut untuk bisa membagi waktu dan mendahulukan hal yang diprioritaskan. Kamu harus bisa menyelesaikan tugas kuliah, tugas praktikum, mencari bahan untuk pengamatan di laboratorium dan memelihara tanaman di lahan percobaan. Selain itu, jalinlah silaturahmi dengan para senior, karena kamu bisa menggali informasi mengenai kuliah, praktikum hingga administrasi kampus.

SUDAH LULUS? ALUMNI? PROSPEK KERJA TAK PERLU DIRAGUKAN

Bersama kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris sehingga jelas bahwa lulusan agroteknologi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Para lulusan agroteknologi dapat bekerja di perusahaan perkebunan, kehutanan, hortikultura, pangan, dan teknologi pangan baik itu BUMN maupun swasta. Lulusan agroteknologi juga dapat bekerja di dinas pertanian, analis di laboratorium, konsultan lapangan di sektor perkebunan atau lingkungan hidup, tenaga pendidik (dosen), akademisi, peneliti atau membuka usaha sendiri seperti usaha pupuk, pestisida, alat pertanian dan tanaman sehingga membantu dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Dan yang pasti, selagi manusia masih membutuhkan makan, lulusan agroteknologi pasti masih dibutuhkan.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS

Saya ingin bekerja di salah satu perusahaan pertanian/perkebunan. Kemudian darinya saya bisa mengumpulkan modal untuk membuka usaha sendiri di hari tua saya sekaligus memberi manfaat kepada orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan.

Terimakasih telah membaca pengalaman saya sampai selesai. Diskusi dipersilahkan dan semoga bermanfaat. Karena sesungguhnya, sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.

Kode Konten: X419

Komen dibawah! 4

  1. Rona humairo

    Hai kak [👋🏻] salam kenal saya rona pelajar dari salah satu SMA di Medan. Saya mau tanya, beberapa hal… Yang pertama menurut pendapat kakak perbedaan dari jurusan Agroekoteknologi sama jurusan Agroteknologi apa ya dan mata pelajaran [sains] yang dominan pada kedua jurusan tersebut apa ya kak ? Lalu, perusahaan pertanian/ perkebunan di Medan dimana ya kak? Dan terakhir apakah jurusan Agroteknologi ini masih dibutuhkan / masih terjamin untuk 5 tahun ke depan? Terimakasih kak 🙏, sudah meluangkan waktunya untuk membaca pesan ini… Saya berharap, semoga pesan ini dibales. Salam hangat, saya Rona Pelajar Indonesia ….

    • Ryan Syahputra

      Hallo Rona, sebenarnya agroekoteknologi dan agroteknologi itu sama. Dulu di USU namanya agroekoteknologi, lalu berubah menjadi agroteknologi.
      Mata pelajaran yang dominan dibawa dari SMA adalah semua basic sains, seperti biologi, kimia, dan fisika.
      Kalau perusahaan perkebunan lebih tepatnya di Sumatera Utara. Di Medan biasanya hanya kantor direksi ataupun kantor pusatnya saja.
      Agroteknologi ini membahas tentang ilmu pertanian yang ujungnya mengarah pada penyediaan pangan. Maka, selagi manusia masih membutuhkan makan dan makanan, maka agroteknologi InsyaAllah masih dibutuhkan.

  2. Novita

    Hai kak Aku Novita Simanjorang asal dari Silalahi
    Tahun ini mau coba SBMPTN ke Usu Jurusan agroteknologi
    Kemarin coba Agroteknologi juga lewat SNMPTN tapi gak masuk
    Bisa gak kak minta wa atau medsos nya mau sharing kak
    Makasih kak;”)

    • Ryan Syahputra

      Hai Novita, Pertama mau bilang, tetap semangat ya walaupun belum dikasih rezeki masuk agroteknologi USU jalur SNMPTN, karena SNMPTN bukan satu satunya jalan dan bukan pula jalan terakhir masuk ke USU. Boleh sharing di kolom komentar ini ya, atau email saya, atau via ig @ryaansyah_ Terimakasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *