Agroteknologi, Universitas Padjadjaran

Agroteknopreneur Unpad (Elvan)

Agroteknopreneur Unpad (Elvan)

Hallo sobat intipers! Kenalin namaku Elvan Efransyah mahasiswa program studi Agroteknopreneur Unpad (Universitas Padjadjaran). Mungkin bagi kalian terdengar asing mengenai program studi yang aku tempuh, memang sih program studi ini memang benar benar baru dibuka pada tahun 2019 untuk lebih lengkapnya bisa banget scroll kebawah ya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

SEBENARNYA JURUSAN AGROTEKNOPRENEUR UNPAD INI SEPERTI APA?

Agroteknopreneur merupakan jurusan dibawah fakultas pertanian, mungkin sebagian besar orang menganggap kalo orang – orang pertanian itu cuma nyangkul doang, anggapan ini tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Nyangkul itu merupakan salah satu kegiatan olah tanam dengan cara menggali atau menggaruk tanah sobat intip kuliah. Perlu kalian ketahui Agroteknopreneur merupakan satu-satunya jurusan di Universitas Padjadjaran atau mungkin saja didunia yang menerapkan kegiatan pembelajaran lintas fakultas atau fakultasnya lebih dari satu sebut saja Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, dan Fakultas Peternakan. Ketiga fakultas tersebut merupakan fakultas yang menaungi jurusan ini yang dimana dalam pembelajarannya menggunakan materi atau mata kuliah percampuran dari 3 fakultas tersebut. Sungguh unik bukan? tetapi meski dinaungi oleh 3 fakultas Agrotekopreneur ini tetap fokus utamanya dalam hal pertanian.

promo-web

Selanjutnya mari kita bahas sistem belajarnya ya sobat intipers!

Agroteknopreneur di Universitas Padjadjaran merupakan program studi vokasi atau yang berjenjang D4 yang setara dengan sarjana. Dalam jenjang ini lulusannya nanti akan mendapat gelar sarjana terapan pertanian. Oke lanjut D4 sendiri memiliki sistem kuliah dengan 70% praktik dan 30% teori. Hal ini memungkinan mahasiswanya lebih bergelut dengan praktik dengan tidak terlalu banyak teori yang menjadikan lulusan Agroteknopreneur sebagai seorang praktisi yang handal. Agroteknopreuneur juga mengimplementasikan metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL). Guna memberikan bekal kompetensi hard-skills dan soft-skills. Mahasiswa mengikuti kuliah sebagian besar dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), experiential learning, role play, real-world problem-solvinglearning by being coach, learning by competing, dll.

APA AJA SIH YANG DIPELAJARI DAN APA BEDANYA DENGAN AGROTEKNOLOGI ATAUPUN AGRIBISNIS ?

Sobat intipers, Agroteknopreneur memiliki bobot sks yang samas dengan program sarjana yakni 144 SKS. Sistem pembelajarannya sendiri biasanya beberapa pertemuan awal memungkinkan pemberian materi oleh dosen. Kemudian setelah itu akan dilakukan praktek sampai dengan akhir pertemuan. Biasanya bobot nilai untuk praktek adalah 50% jadi pada bagian praktek inilah yang sangat menentukan apakah kita mampu menyelesaikan mata kuliah tersebut. Selain sistem seperti tadi ada juga mata kuliah teori yang mengharuskan mahasiswanya membuat tulisan dengan sumber referensi yang terpercaya baik dari buku maupun jurnal.

Lalu apa bedanya dengan Agroteknologi ataupun dengan Agribisnis? Tentu saja berbeda tapi bisa dibilang mirip. Agroteknologi adalah jurusan yang fokus pada budidaya tanaman sedangkan Agribisnis adalah jurusan yang berfokus pada bidang usaha bagaimana cara memperoleh keuntungan dengan aspek sosial, penyediaan bahan baku, sampai ke tangan kosumen. Bisa dibilang agroteknopreneur merupakan irisan dari kedua jurusan tersebut yang dimana mulai dari aspek budidaya sampai ke tangan konsumen itu dipelajari. Oh iya jurusan Agroteknopreneur sendiri memfokuskan outputnya menjadi seorang entrepreneur yang dimana dari setiap mata kuliah yang dipelajari pastinya outputnya lebih ke bisnis, mahasiswa diharuskan memikirkan ide bisnis dari mata kuliah yang ditempuh. Intinya dalam prodi Agroteknopreneur mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan produksi tanaman-ternak-ikan terintegrasi dengan output menjadi seorang entrepreneur Berikut beberapa mata kuliah di program Studi Agroteknopreneur

Semester 1* :

  • Pengantar Teknologi Pertanian
  • Ekosistem Sumber Daya Pertanian/Lingkugan Sumber Daya Pertanian
  • Teknologi Produksi Tanaman
  • Perencanaan Bisnis Dan Studi Pasar/Agribisnis Dan Kajian Pasar
  • Manajemen Input Pertanian

*Dalam Semester 1 mata kuliah dalam prodi hanya sedikit karena diharuskan mengikuti Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang diikuti oleh seluruh program studi yang ada di Unpad.

Semester 2 :

  • Pengantar Nutrisi Ternak
  • Teknologi Produksi Ternak
  • Rekayasa Pengeringan
  • Dasar Kewirausahaan
  • Sistem Pertanian Terpadu
  • Teknologi Hidroponik
  • Dasar Pengendalian Hama
  • HACCP ( Hazard Analysis Critical Control Point )

KONSENTRASI KELOMPOK AGROTEKNOPRENEUR UNPAD

Jadi untuk konsentrasi atau pilihan dalam prodi Agroteknopreneur itu dimulai pada semester 3 yang dimana pilihannya didapat dari prodi yang diberikan oleh 3 fakultas (Pertanian, Peternakan, Teknologi Industri Pertanian) yang dimana nantinya mahasiswa berhgak memilih mata kuliah dari 3 fakultas tersebut.

Agroteknopreneur Unpad

Kegiatan Praktikum Pengolahan Tanah

BIAYANYA PASTI MAHAL YA?

Biayanya sendiri itu 8 Juta persemester itu sudah mencover segala kebutuhan praktikum. Jika merasa keberatan tidak perlu khawatir karena di Unpad sendiri banyak sekali beasiswa mulai dari pemerintah, internal kampus, ataupun dari eksternal kampus yang bisa dicoba. Saat ini juga saya mendapat beasiswa pemotongan biaya persemester yang didapat internal kampus. Lagi pula Unpad tidak akan mengeluarkan mahasiswanya karena terkendala biaya.

KOMPETENSI LULUSAN AGROTEKNOPRENEUR UNPAD

Lulusan dari Agroteknopreneur sendiri adalah menjadi seorang entrepreneur yang berknowledge. Yang selain difokuskan untuk membuat bisnis dibidang agrkompleks yang dimana bisnis ini dibawah radar bisnis masyarakat yang tentunya memiliki peluang besar untuk menjadi entrepreneur sukses, selain berbisnis lulusan agroteknopreneur sendiri dapat bekerja di internal kampus maupun perusahaan pertanian nantinya, sebagai contoh perusahaan yang bergaji cukup tinggi ialah Rentokil. Rentokil merupakan perusahaan yang sudah lama bergerak dibidang pest control. Selain itu juga Prodi ini sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menyerap lulusannya.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS

Rencana saya setelah lulus saya ingin sekali bisa bekerja, membuat bisnis. Melanjutkan studi di negeri sakura karena itu merupakan mimpi saya sejak SMA. Rencana lain setelah lulus saya ingin melakukan branding pada produk yang sedang saya kembangkan yaitu Freedom Financial.

Kode Konten: X231

Komen dibawah! 13

  1. Pengalaman Kuliah di Pendidikan Teknologi Agroindustri UPI (Indah)

    […] Agroteknopreneur Unpad / Universitas Padjadjaran (Elvan) […]

  2. Ara

    Halo kak, aku penasaran sama jurusan agroteknopreneur dan agribisnis, kalau daftar jalur SNM kira² skor minimal nya berapa kak?
    Ohiya, prodi agroteknopreneur lebih banyak praktek nya kak? Boleh tau gambaran praktek nya seperti apa aja kak? 😀
    Makasih kak..

    • Elvan

      Hallo Araaa, untuk Agroteknopreneur sendiri belum bisa pakai jalur snm ya, masih jalur mandiri, Prakteknya kurang lebih sama apa yang diajarkan oleh teorinya.

  3. Ramdhan moh

    Kalo llusan SMA IPS terkendala gak yah?, secra kan ilmu pertanian kental dngan biologi, kimia dan masuk rumpun ilmu eksakta..

    • Elvan

      Engga kok, mata kuliah agroteknopreneur sendiri merupakan hasil mix antara sains dan humaniora, lagi pula disini kita belajar dari dasar lagi, jadi gaakan kesulitan walau kamu latar belakangnya bukan Ipa.

  4. Dede

    Kalau D4 gini nanti gelarnya apa? Kalau mau gelar sarjana hrs kuliah lagi?

    Masuknya via sbmptn juga?

  5. C. Sam

    Kak, boleh kasih tau gimana cara daftar dan masuk ke D4 Agroteknopreneur dan apa saja yang dibutuhkan, terima kasih

  6. Agung

    Mohon maaf, apakah bisa masuk jalur mandiri?

  7. Khayeisa

    Hi kak,keren bgt pembahasannya! Oh iya mau bertanya Kalau jurusan ini ada biaya dana pengbangannya ga? Soalnya kalau di web itu gaada, atau hanya bayar ukt saja?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *