Aktuaria, Institut Teknologi Bandung

Aktuaria ITB (Nurul)

Aktuaria ITB (Nurul)

Halo sobat intipers! Aku Nurul Syarafina dari Aktuaria ITB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Aktuaria ITB itu seperti apa?

Aktuaria itu ilmu yang menerapkan matematika dan statistika dalam pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Nah, mata kuliah statistika di tiap semester itu pasti ada, tapi statistikanya yang spesifik ke asuransi dan keuangan, jadi kita mempelajari estimasi risiko, menghitung peluang, menghitung premi, menghitung cadangan premi. Di Aktuaria juga belajar ekonomi dan akuntansi.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Aktuaria ITB?

Awalnya, aku itu emang udah pengen banget ITB, cuma gak mau teknik, karena aku gak suka fisika. Jadi, pas SMA aku nanya sama guru-guru, jurusan apa yang cocok sama anak yang suka ngitung tapi gak mau teknik, terus disarankan jurusan Aktuaria, tapi ITB itu gak ada Aktuaria. Akhirnya, aku daftar FMIPA ITB, Alhamdulillah keterima, dan gak langsung masuk ke jurusan ya kalau di ITB. Tahun pertama itu ada namanya tahap persiapan bersama (TPB), nah pas TPB ini aku maunya jurusan Matematika karena gak ada aktuaria, terus pas semester 2 ternyata ITB buka prodi Aktuaria, jadi aku langsung ke Aktuaria, gitu. Jadi, Aktuaria itu baru ada di ITB 2019 ini, aku masuk angkatan pertamanya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Aktuaria ITB ?

Nah jadi Aktuaria ini lebih pada statistika, matematika keuangan, dan asuransi kan jadi mata kuliahnya seputar itu. Tugasnya sih yang lebih khas yaitu rata-rata pengaplikasian ke bidang asuransi dan keuangan. Contoh yang berkesan buat aku itu semester 3 kemarin, tugasnya itu kita dikasih data, disuruh mengolah data seolah-olah kita itu perusahaan asuransi yang akan menjual produk asuransi kita ke beberapa jenis nasabah yang berbeda kondisinya, nah disitu kita belajar hitung premi, meskipun tugasnya belum se-real di lapangan nanti, tapi menurut ku berkesan karena relevan dengan prospek kerja ke depannya, terus seengganya kita jadi tahu cara kerja perusahaan asuransi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Aktuaria ITB gak ada konsentrasi ya, karena aktuaria itu sendiri sebenernya konsentrasi dari matematika.

pmb2-min

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuknya itu ada tiga, SNMPTN, UTBK dan ujian mandiri. Kalau aku sendiri waktu itu masuk lewat SNMPTN.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebelum masuk pada prospek kerja, aku jelasi sedikit kalau buat jadi aktuaris itu harus punya gelar, kalau di Indonesia itu ada 2 level gelar dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), yaitu level ASAI dan FSAI. Nah untuk dapat gelar itu harus tes. ITB sudah kerja sama dengan PAI jadi beberapa modul ujian untuk tes level ASAI sudah disetarakan dengan beberapa matkul. Ada 7 modul ujian yang sudah disetarakan yaitu A10 – A70. Tapi bukan berarti juga kalau lulus S1 Aktuaria itu kita otomatis dapat gelar ASAI. Untuk disetarakan lulus 1 modul ujian, ada kriteria penilaian matkul yang harus dipenuhi.

Prospek kerjanya, biasanya alumni jurusan ini banyak yang jadi aktuaris, analis resiko, konsultan keuangan, financial planner.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tips untuk mahasiswa baru pas TPB, kita harus pinter bagi waktu untuk bermain dan belajar. Penting banget juga punya temen yang gak toxic, biar bisa belajar bareng, ngerjain tugas bareng, jadi sangat membantu kita buat dapetin nilai bagus, kalau menurut aku. Aktuaria itu kan termasuk jurusan yang persaingan masuknya ketat, jadi mau gak mau harus bekerja keras buat bagusin IPK pas TPB.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pribadi belum kepikiran S2, pengennya bekerja dulu di perusahaan yang sudah aku targetkan, Insya Allah.

Kode Konten: Y226

Komen dibawah! 27

  1. Sumartini

    Kak.. aku itu suka sama matematika.. tapi aku gak terlalu suka hitung statistik Kayak gitu.. pantes gak ya ambil jurusan ini.. terus .. di FMIPA itu matematika nya cuma di Aktuaria aja atau ada yang lain kak?

  2. Rin

    Permisi kak, saya mau nanya. Jurusan matematika sama aktuaria kira-kira susahan mana ya kak?

    • Nurul Syarafina

      Preferensi yah itu, kalo sesuai sama minat pasti dijalaninnya jd lebih gampang kan?  Aku sendiri lebih suka matematika terapan (aplikatif), dan lebih suka menghitung daripada membuktikan, makanya aku lebih milih aktuaria (gabilang aktuaria lebih gampang ya) Kalo dr pengamatanku thd jurusan Mat di kampusku, mereka belajar lebih luas, dan lebih mendalam tentang konsep2 matematika, aku ngeliatnya lebih susah gitu sihh, mungkin karena minatku ga disitu

  3. Ameera Elsyahfa

    Kak mau nanya. Di Aktuaria belajar tentang analisis bisnis ga sih kak? kayak belajar tentang saham, stock chart, revenue, net income dsb. Soalnya kalau di Manajemen katanya belajar tentang sahamnya ga terlalu mendalam. Terus persaingan di FMIPA ITB katanya lumayan ketat ya kak buat jurusan Matematika sama Aktuaria, kira2 kalau misalnya pas penjurusan ketendang dan dapetnya bukan Aktuaria masih bisa ga sih kak buat pindah jurusan lagi? Terima kasih sebelumnya.

  4. Maghfira

    Ka biaya persemester jurusan ini berapa ya ka kira kira?

  5. adel

    kak, mau nanyaa kak.. untuk aktuaria ini dia ada di bawah fmipa itb kak? jadi kalau mau ambil snmptn/sbmptn aktuaria ambilnya fmipa itb kak? gaada prodi yg khusus aktuaria brarti kak???

  6. Dira

    Halo kak, mau tanya. Apa bedanya sih kak statistika dan aktuaria. Menurut kakak yang lebih susah jurusan mna. Dan yang terakhir kak biaya kuliah jurusan aktuaria berapa ya kak. Terimakasih

  7. Jihan

    Assalamu’alaikum kak, jadi sejak awal sma aku udh cari” info tentang aktuaria gitu dan alhamdulillah aku berminat kak karna aku juga suka matematika, nah di indonesiakan aktuarianya masih tergolong langka kak, dan di beberapa univ passing grade aktuaria udh hampir setinggi kedokteran ya kan kak, trus juga yg aku tau di beberapa univ aktuaria ada yg dijadiin matkul peminatan (?) gitu ya kak kyk di ITB, aktuarinya di bawah FMIPA, itu kalo kita milih FMIPA kita akan langsung dapat matkul peminatan aktuaria atau gimana ya kak? Terima kasih kak

  8. Sariati habeahan

    Ka, aku itu suka kali sama matematika, masalah berhitung juga aku paling suka, setiap nengok soal yang berisi angka aku langsung semangat, dan aku paling ga suka nengok soal yang berisi cerita panjang lebar. Apa aku cocok ngambil jurusan akturia ka?

  9. Vito Andhika

    Kak, aku mau tanya kan di ITB itu sistemnya per-fakuktas, trus juga FMIPA ITB kan ada matematika sama aktuaria. Nah aku mau ambil aktuaria nih. Biar bisa masuk apakah ada syarat, ketentuan dll, yang harus dipenuhi? Boleh kasih tips and tricks nya kak…

  10. novit

    Kak kalau boleh saya tau rata-rata nilai kakak saat sma brp ya? Karena kan aktuaria itu bisa dibilang sangat ketat dan kakak bisa diterima jalur snmptn. Pasti itu tidak mudah dan saya juga sangat penasaran terkait hal ini. Saya ingin mengecek apakah dari segi nilai itu saya bisa melampaui nya.

  11. KIKI FAISAL

    Kak Jurusan Aktuaria di itb itu Sarjana / Magister? Trs Akreditasinya apa kak?

  12. Julia isani

    Ass kak..sy ingin masuk prodi aktuaria ,mtmtk adalh kesukaanku ttp dy tmpung aktuaria sedikit,sy jdi pesimis,di kls alhmdulillsh juara kls,olympiade sll turut tpi blm ada kesemptn meraih juara,cocokkah bila mengmbil jurusan mtmtk pdhl hati kcil ingin aktuari terimakasih

  13. Hilda N

    Permisi kak mau nanya kalo aktuaria itu apa bisa melanjut s2nya ke luar negeri kak?

  14. meeryeo

    kak, ini aku pengen banget ke aktuaria, jadi kalo di itb aku masuk nya ke fmipa lalu ambil penjurusannya itu tes lagi gitu kak? kalo boleh tau nilai rapot kakak kemarin berapa ya kak?

  15. Ayunia Hasanah

    Mohon maaf kak, saya izin bertanya rata-rata raport kakak dulu ketrima snmptn fmipa itb itu berapa ya kak? Dan jumlah alumni dari sekolah kakak berapa kak? Oiya kak kalau rata rata raport kisaran 86 bisa ketrima snmptn fmipa itb ngga ya kak?

  16. ANGGITA T.U

    Assalamualaikum kak, mau tanya kalau univ lain masuknya kayak ITB per fakultas gitu? terus yang dipelajari pure ngitung matematika gitu kak? ada pelajaran bisnis nggak? tp aku sebenarnya agak nggak suka bisnis-bisnis. Terus ada pelajaran pake komputer juga ya kak? susah nggak sih kak materinyaT_T mohon bantuannya ya kak, aku tertarik sama aktuaria tapi takut susahbanget materinya. Terimakasih udah bagi pengalamannya. Mohon dibales ya kak

  17. Wanda

    Kak kalau rerata raport 87,57 bisa masuk FMIPA ITB jalur SNMPTN nggak ya? Pengen masuk aktuaria juga soalnya. Kalau 1 sertifikat kira2 cukup nggak buat masuk sana?

  18. Jihan

    Kak aku tahun ini akan berkuliah dan aku eligible 40% kuota SNMPTN di sekolahku. Kalo boleh tau nilai kakak kemaren range nya berapa ya kak untuk masuk aktuaria? Apakah aku yg dari provinsi riau ada peluang untuk lulus snm di itb kak?

  19. Al

    Hai kak.
    mau nyapa aja

  20. Fadill

    Assalamualaikum teh…Aku dari Cirebon.. Aku masuk kuota 40% untuk SNM disekolahku.. Kalau boleh tau nilai Rapot teteh diangka berapa ya untuk masuk aktuaria?

  21. Naura

    Sore Kak, aku maba Aktuaria ITB dan baru tahu kalau ITB ada 7 modul tes. Info Kriteria penilaian matkul untuk disetarain PAI bisa dilihat dimana ya? Terimakasih banyak kak sebelumnya

  22. Rafi

    Halo kak, saya ingin menanyakan apakah ada tes buta warna pada jurusan aktuaria? Mohon dijawab ya kak, terimakasih.

  23. Sen

    Kak, apakah harus bisa bahasa inggris untuk belajar di FMIPA khususnya di Aktuaria?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *