Akuntansi

Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta (Nabila)

Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta (Nabila)

Halo intipers. Perkenalkan nama Saya Nabila Qumairoh Hasibuan. Intipers bisa memanggil Saya Nabila atau memibia. Saya adalah mahasiswi program studi DIPLOMA III Akuntansi di Politeknik LPP Yogyakarta. Menarik bukan kampus perkebunan belajar akuntansi?. Yuk simak pengalaman Saya selama 4 semester

Apa yang dipelajari di DIPLOMA III Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta?

Program studi DIPLOMA III Akuntansi di Politeknik LPP Yogyakarta merupakan program pendidikan vokasi dengan gelar Ahli Madya Akuntansi.  Program ini menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dibidang akuntansi/ manajemen keuangan industri perkebunan dengan perkuliahan selama 3 (tiga) tahun dengan jumlah sks kurang lebih 110 sks. Meskipun konsentrasinya dibidang perkebunan, mata kuliah yang diajarkan tentunya tidak jauh beda dengan jurusan akuntansi pada umumnya. Banyak orang berpendapat bahwa dunia perkebunan itu hanya digeluti oleh kaum pria saja. Anggapan itu salah ya teman – teman intipers. Karena sesungguhnya banyak diluar sana para pemangku kepentingan di dunia perkebunan yang berasal dari kaum wanita. Jadi, tidak ada alasannya kaum wanita untuk tidak mengenal dunia akuntansi perkebunan

Mata Kuliah Yang Dipelajari dan Tugas di Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta

Program studi DIPLOMA III Akuntansi mengajarkan beberapa mata kuliah yang tidak jauh berbeda dengan jurusan akuntansi pada umumnya. Seperti dasar – dasar akuntansi, pengantar ilmu ekonomi, dasar – dasar manajemen, mata kuliah umum, hukum bisnis, anggaran, dan masih banyak lagi tentunya. Mata kuliah khusus yang mempelajari keuangan perkebunan adalah mata kuliah administrasi perusahan perkebunan. Pada mata kuliah ini, Kita tidak hanya diajarkan bagaimana cara menghitung gaji karyawan dan pegawai di kebun. Kampus menyediakan fasilitas belajar seperti laboratorium akuntansi yang menyediakan semua keperluan praktek yang terdiri dari formulir administrasi kebun, bahkan disediakan juga kalkulator dan uang mainan sehingga kegiatan praktek seakan di dunia pekerjaan.

Slide3

Pengerjaan tugas tidak melulu membuat makalah, pengerjaan soal – soal, atau bahkan diskusi kelompok. Contohnya saja, kami ditugaskan merangkum materi dan menuliskannya kedalam blog. Kami menggunakan wordpress sebagai media. Selain itu, dosen juga memberikan games edukatif kepada Kami untuk menghidupkan suasana belajar dan mereview kembali materi yang sudah dibahas. Adapun aplikasi yang digunakan adalah Kahoot. Pemenang games biasanya akan diberikan hadiah oleh dosen. Selain itu, untuk menguji kreativitas para mahasiswanya, dosen memberikan tugas untuk membuat video edukasi yang diposting di blog masing – masing. Pengerjaan tugas tentunya harus diposting ke blog dan akun LinkedIn. Bahkan, Kami pernah membuat pameran didalam kelas. Pameran kecil – kecilan ini dibuat dengan alat – alat sederhana yang memudahkan Kami para mahasiswa memahami materi yang disampaikan. Kami juga pernah melakukan study tour disekitar kampus. Dengan mengunjungi Pusat Informasi BUMN Perkebunan dan Perpustakaan PT LPP Agro Nusantara yang lokasinya juga masih satu komplek dengan kampus Kami. Sangat seru bukan?

Program PKL Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta

Setiap tahunnya, kampus juga melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang terdiri dari Praktek Kerja Lapangan I, II, dan III. Karena Politeknik LPP Yogyakarta merupakan kampus dengan pendidikan vokasi perkebunan, semua mahasiswa harus terjun kelapangan dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat. Biasanya tempat praktek yang dipilih adalah dipulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Pengalaman PKL juga beragam. Sangat seru intipers. Nanti kalau mau sharing seputaran PKL, bisa melalui e- mail atau DM Instagram Saya yah.

Konsentrasi Ilmu Yang Dipelajari di Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta

Program studi DIPLOMA III Akuntansi memiliki dua konsentrasi khusus. Konsentrasi khusus gula dan sawit. Biasanya teman – teman kelas regular mempelajari akuntansi perkebunan khusus gula, dan kelas beasiswa sawit mempelajari akuntansi perkebunan khusus sawit.

Dokumentasi kegiatan Praktek Kerja Lapangan I Di PT Socfindo Kebun Negeri Lama, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara

TIPS Untuk Mahasiswa Baru

Bagi teman – teman intipers yang ingin kuliah di Politeknik LPP Yogyakarta dan akan mengambil program studi DIPLOMA III Akuntansi, Saya punya beberapa tips nih untuk teman – teman.

  1. Mematangkan pilihan. Jangan memilih tempat kuliah dan jurusan hanya karena ikut – ikutan ataupun paksaan seseorang. Pilihlah kampus yang menurut kalian baik, dan pilihlah jurusan sesuai dengan kemampuan yang kalian bisa.
  2. Memohon doa restu kepada orangtua dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Jangan takut masuk akuntansi meskipun tidak mengenal akuntansi. Intipers, dikelas Saya banyak teman – teman yang tidak paham sama sekali dengan akuntansi. Tetapi mereka sampai sekarang bisa mengikuti perkuliahan bahkan IPKnya memuaskan. Itu semua karena kita diajarkan dari dasar. Jika Kita memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk belajar, menyukai pelajaran tersebut, dengan mudah Kita akan bisa memahaminya.
  4. Memilih jalur masuk di Politeknik LPP Yogyakarta. Kampus menyediakan beberapa jalur masuk bagi mahasiswa baru. Seperti jalur reguler dan jalur beasiswa. Kalau beasiswa beragam. Ada beasiswa dari DAPENBUN, BUMN, perusahaan swasta, beasiswa sawit dan masih banyak lagi. Seperti Saya, Alhamdulillah Saya mendapatkan beasiswa dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Beasiswa ini diberikan untuk putera – puteri petani sawit di seluruh Indonesia yang diharapakan mampu menjadi taruna andalan kelapa sawit (TANDAN SAWIT). Cara mendapatkan beasiswa ini yaitu dengan mengikuti tes tertulis, wawancara.
  5. Ketika diwawancarai Kita tidak boleh sembarang menjawab, harus dijawab dengan sejujurnya, berpakaian sopan, dan Saya pernah mengikuti suatu pelatihan, saat itu Kita diajarkan beberapa teknik ketika wawancara. Seperti tidak boleh meletakkan tangan diatas meja, harus meletakkan tas disisi kiri kursi, jangan duduk dikursi sebelum dipersilahkan duduk. Selain itu bersikap baiklah dengan semua peserta seleksi. Selain itu, jangan memposting hal – hal yang tidak baik di media sosial Kita. Karena ada beberapa penguji yang juga melihat bagaimana aktivitas Kita setiap harinya di media sosial.

Prospek Kerja alumni Akuntansi Politeknik LPP Yogyakarta

Lulusan Politeknik LPP Yogyakarta 80% telah mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda. Hal ini karena kebutuhan tenaga kerja yang kompeten di bidang perkebunan semakin besar dan kampus telah bekerja sama dengan beberapa BUMN dan perusahaan swasta yang biasanya sebelum wisuda mengadakan open recruitment dengan menguji mahasiswa – mahasiswa di Politeknik LPP Yogyakarta. Namun, prospek kerja akuntansi perkebunan tidak hanya di industri perkebunan yah. Karena Kita juga mempelajari akuntansi secara umum.

Harus sukses dan mensukseskan semua orang

Harapan Saya ketika lulus nanti, Saya bisa langsung bekerja sembari melanjutkan studi Saya. Agar Saya bisa mewujudkan impian Saya, membahagiakan kedua orangtua, membantu keluarga Saya, dan membantu semua orang yang ingin sekolah. Diluar sana, banyak orang – orang yang ingin kuliah namun memiliki kendala. Pesan Saya, syukurilah apa yang Kamu punya saat ini, dan ketika Kamu berhasil, jangan lupa membantu orang lain agar mereka juga berhasil. Lebih enak sukses bareng daripada sukses sendiri. Semangat intipers.

Kode konten: X253

Komen dibawah! 9

  1. Viky Rambe

    Mantap kak. Sukses selalu

  2. Purwati widiastuti

    Beragam dan menarik sekali kegiatan selama kuliahnya. Oyaa..ada beberapa jenis beasiswa khan. Selamat Nabila. Semoga bisa lulus cumlaude.

  3. sinta

    kak mau tanya lpp ini termasuk sekolah ikatan dinas bukan?
    spakah nanti lulusannya cpns atau bukan?

    • memibila

      Halo dek sinta. sebelumnya salam kenal yah. Politeknik LPP Yogyakarta tidak Ada ikatan dinas, LPP adalah Politeknik swasta.
      Namun, LPP bekerja sama dengan perusahaan bumn maupun swasta. Sehingga Banyak peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Biasanya akan ada open recruitment maupun program magang Yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
      Dan sudah Banyak alumni LPP yang bekerja sebelum di wisuda.
      Semoga jawaban kakak membantu yah. Silahkan jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan kembali 😊🙏

  4. Fatimah Azzahra

    hebat kak, semoga keberuntungan nya menular ya hhe

    • memibila

      Halo dekkk Salam kenal Alhamdulillah beasiswa yang kakak dapatkan full, jadi biaya kuliah, biaya hidup sehari-hari, biaya kos, biaya pembelian buku semuanya ditanggung oleh pemberi beasiswa. Bahkan Kita juga dapat bantuan untuk biaya praktek kerja lapangan. Kamu juga pasti bisa kok.. Tetap Semangat dan terus rajin belajar yah 🥰

  5. Fatimah Azzahra

    izin kak mau tanya, apakah beasiswa yang kakak dapatkan itu full atau bagaimana kak, terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *