Akuntansi

Pengalamanan Kuliah: Akuntansi Politeknik Praktisi Bandung

Pengalamanan Kuliah: Akuntansi Politeknik Praktisi Bandung

Hai teman-teman… Salam semangat!
Berbicara mengenai aktivitas saat kuliah, aku rasa ini adalah waktu yang paling… paling… padat. Memasuki semester 5 semakin membuatku merasa cemas dan khawatir, sebab sebentar lagi aku dihadapkan dengan magang dan tugas akhir. Namun, sebelum melampaui itu, ada banyak sekali hal-hal yang harus ku lalui tentunya.

Perkenalkan, namaku Annisa Nurhidayah. Saat ini aku sedang menempuh pendidikan Vokasi D3 Program Studi Akuntansi di Politeknik Praktisi Bandung. Dimana? Di Jl. Merdeka No. 46 yaa teman-teman…

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula hal yang sulit. Hal ini tergantung dari perspektif orang tersebut, khususnya mengenai pilihan jurusan. Mereka yang menganggap kuliah itu menyenangkan karena mereka diberikan kesempatan untuk berkecimpung di bidang yang mereka sukai. Nah, bagaimana dengan mereka yang salah jurusan? Well, jangan sampai hal itu menjadi alasan bagi teman-teman untuk malas belajar ya…
Sebenarnya banyak sekali ilmu yang kita dapatkan secara tidak sadar. Begitupun aku. Salah jurusan bukanlah akhir dari hidup. Jika kalian merasa sangat sulit untuk beradaptasi, jangan lupakan hal-hal yang kalian sukai. Artinya, temukanlah hobi kalian di jurusan yang sedang kalian jalani. Sebab, tidak semua hal yang ada di dalamnya merupakan sesuatu yang tidak kalian sukai. So, selalu berpikir positif dan terus bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini.

Aku merupakan salah satu dari ribuan orang yang ingin bergabung di jurusan bahasa, khususnya bahasa inggris dan sastra. Namun, pada kenyataannya kini, aku malah masuk ke dunia akuntansi yang jujur aku tidak tau bagaimana memulainya dari awal. Awalnya aku ragu, namun ketika diberikan pilihan ya aku harus memilih. Waktu itu, aku berada dalam kondisi “Kuliah dengan memilih Jurusan Akuntansi, Perpajakan, atau Manajemen Informatika” karena tidak lulus ujian masuk PTN, “Ikut tes SBMPTN tahun depan”, atau “Bekerja”. Sesegera mungkin aku harus mengambil keputusan karena aku tipikal orang yang tidak suka menganggur. Dengan sedikit keraguan, aku mengiyakan untuk kuliah di salah satu kampus swasta yaitu Politeknik Praktisi Bandung yang sedang aku jalani hingga kini.

Setahun, dua tahun berlalu, aku mulai terbiasa dengan nuansa persaingan. Awalnya aku tidak terlalu menyukai, namun saat ku jalani, ternyata aku malah lebih tertantang untuk berkompetisi dengan teman-teman kelasku. Mereka, yang notabene merupakan juara 1 di sekolahnya yang dulu. Tentu saja, aku juga terpantik untuk terus berkompetisi.
Meskipun aku memilih jurusan yang kurang aku sukai, aku mencoba untuk tetap mengeksplor hobiku. Hingga saat ini aku masih aktif dalam menulis artikel, puisi, cerpen, dan hal-hal yang berbau sastra. So, meskipun salah jurusan, hal ini tidak membuat aku merasa terbebani. Namun malah lebih merasa enjoy karena aku masih bias melakukan hal-hal yang menjadi passion-ku.

Akuntansi tidak melulu soal berhitung, namun juga melatih untuk berpikir analitis. Kasus dalam akuntansi ternyata lebih kompleks dalam urusan problem solving. Akuntan mengacu pada standar, namun dibutuhkan kreatifitas pula dalam menghadapi setiap kasus yang berbeda. Jadi, akuntansi tidak serumit yang kalian pikirkan. Bahkan, disini aku belajar banyak hal yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya.

Salah satu mata kuliah yang menurutku paling berkesan adalah Akuntansi Keuangan. Walaupun materinya terkesan itu itu saja, ternyata ilmu yang diajarkan semakin lama semakin mendalam sehingga aku lebih banyak menemukan kasus yang lebih kompleks lagi.

Dalam menjelaskan materi mengenai perkuliahan, sebagian besar dosen menitikberatkan pada bagaimana mahasiswa dapat memecahkan masalah dari setiap kasus yang ada. Sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang didominasi oleh praktik. Artinya, setiap dosen mendorong mahasiswa agar aktif di kelas, serta berprestasi di luar kampus guna menambah nilai plus bagi mahasiswa untuk bisa lebih ter-explore di dunia kerja.

Pada liburan panjang 3 bulan tahun lalu, kampusku menugaskan seluruh mahasiswa untuk melakukan magang di Kantor Akuntan Publik. Hal ini tentu saja merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa. Bukan hanya menambah pengalaman dan mengeksplor ilmu, kami juga mendapatkan relasi di dunia kerja.

Kampusku merupakan salah satu kampus terbaik menurutku. Mengapa? Karena lulusannya ditempatkan magang serta bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka di Jakarta. Sebagian besar alumni bekerja di bidang Konsultan, baik bagi pajak maupun akuntansi. Begitu juga dengan akuntansi yang saat ini juga berkecimpung di Kantor Akuntan Publik, serta Manajemen Informatika yang selalu aktif dalam menciptakan perangkat-perangkat baru sehingga lebih cepat dicari oleh perusahaan-perusahaan digital di indonesia.
So, tunggu apalagi?
Yuk lanjutkan mimpimu, sebab kesempatan tidak datang 2x!
Semangat selalu kawan ?

 

Kode Konten : KL016

Leave a Reply