Akuntansi, Universitas Gadjah Mada

Akuntansi Sektor Publik UGM (Monika)

Akuntansi Sektor Publik UGM (Monika)

Halo sobat intipers! Aku Monika Kristiana Agista Putri dari Akuntansi Sektor Publik UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Akuntansi Sektor Publik UGM seperti apa?

Jadi jurusan akuntansi sektor publik masih jurusan baru terutama di diploma IV ini, masih belum banyak di universitas lain. Akuntansi sektor publik ini sama saja dengan akuntansi pada umumnya, hanya saja kita berfokus pada sektor publiknya atau sektor pemerintahaannya, misalnya kita dituntut untuk memiliki kemampuan dalam akuntansi sektor publik, manajemen sektor publik, audit internal sektor publik, analisis laporan keuangan sektor publik, ataupun audit eksternal di sektor publik juga, maupun bisa jadi konsultan atau analisis pendapatan daerah, kita di fokuskan dalam sektor publik atau sektor pemerintah di Indonesia.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Biasanya mitos di jurusan ini, apakah kalo belajar di akuntansi sektor publik kita harus ke pemerintahan doang? Padahal ga, kita belajar tentang manajemen, perpajakan dan akuntansi pada umumnya atau akuntansi bisnis, akuntansi di perusahaan. Jadi ke depannya kita bisa aja kerja di sektor bisnis misalnya, karena itu tergantung kompetensi yang kita miliki.

Misalnya kalo di Diploma IV atau sarjana terapan nanti kita dapat sertifikasi atau penjurusan nanti bisa milih apa di akuntansi pemerintahan atau di audit. Kalo di audit kita bisa masuk ke sektor bisnis atau swasta. Kalau sektor pemerintahan kita akan fokus di sektor pemerintahaan atau publik. Banyak pertanyaan untuk jurusan bukan IPS bisa atau susah ga sih ka masuk ke jurusan ini, sebenernya ga susah sama sekali, karena di awal nantinya kita di ajarin akuntansi pengantar atau dasar-dasar akuntansi, jadi mau jurusan IPA bisa masuk ga harus IPS, kita bisa belajar lagi, jadi jangan takut mencoba untuk masuk akuntansi.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Akuntansi Sektor Publik UGM?

Sebenernya ga ada alasan khusus, karena kalo di akhir SMA kita pasti hectic banget, mau masuk jurusan apa, dan kalo aku dari awal pengen banget masuk jurusan akuntansi, terus aku searching dan ternyata ada yang baru gitu akuntansi sektor publik, terus aku cari lebih dalam lagi dan ternyata di jurusan ini seru, ini kan vokasi banyak praktiknya seru kayanya, terus ada prospeknya, keren-keren banget, ternyata bisa lebih menjurus spesifik, nantinya ada pandangan bakalan kerja ke sektor publik, kayanya seru, terus aku masuk deh daftar.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada juga mata kuliah yang tidak berkaitan dengan sektor publik kaya bisnis, perpajakan, ekonomi mikro dan makro. Di sektor publik sendiri ada akuntansi biaya, praktikum akuntansi pemerintah pusat dan daerah. Tugasnya itu seru banget karena sebagian besar dari mata kuliah ada praktikumnya. Misalnya akuntansi manajemen keuangan daerah, nanti kita praktikumnya akan menganalisis dari daerah asal sendiri. Misalnya dari Yogyakarta, maka temen-temen akan menganalisis dari pihak pemerintah daerah Yogyakarta.

Ada dosen-dosen praktisi kaya dari pajak, pemda. Jadi dosen-dosen kita ga hanya dari dosen yang sehari-hari ngajar kita. Ada dari praktisi dari ahlinya langsung dari lapangan langsung, Jadi tau di lapang itu ga sesusah teori yang kita pelajari. Kita juga di minta untuk mencari perusahan-perusahaan kecil yang nanti kita bantu membuat laporan keuangannya sesuai dengan akuntansi yang sudah ada. Di sekolah Vokasi praktinya 60% teori 40%, misalnya kita semester 1 dapet teori setelahnya kita dapat praktiknya, jadi praktik langsung di perusahaan dan ga sesusah itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 2, bagian sektor pemerintahaan atau audit. Kalo di audit kita akan belajar khusus tentang audit, audit keuangan, kita bisa jadi audit internal, eksternal yang berhubungan baik dengan perusahaan swasta maupun perusahaan negara. Untuk sektor kedaerah nanti kita bisa di pemerintah pusat maupun di daerah dan beberapa di sektor publik. Penjurusan nanti ada di tahun ke 3, semester 1-4 masih di arahkan akan memilih penjurusan yang mana, setelah itu baru memilih jurusan yang mereka sukai. Aku berencana mau nyoba ke pemerintah daerah, karena beberapa kali ada dosen pratisi dan aku berpikir kalo ada beberapa dosen-dosen praktisi mencapai posisinya saat ini dari yang rendah dulu, jadi mau coba dari daerah dulu baru masuk ke pusat atau bagian audit, bekerja sambil belajar.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Tahun ini lebih di perluas, kalo zaman aku Cuma dua PBU dan Utul, tahun ini dibuka SBMPTN dan SNMPTN. Pertama ini akan ada SNMPTN, lalu ada UTBK atau SBMPTN, lalu ke tiga ada PBU atau Penelusuran Bibit Unggul, khusus di adakan para calon mahasiswa yang mau daftar di sekolah vokasi UGM, PBU ini ada 3, ada PBU berprestasi, PBU siswa yang memiliki nilai akademik tinggi, dan ada PBU untuk mahasiswa yang kurang mampu, di PBU tidak ada tes jadi menggunakan nilai raport dan surat dari sekolah gitu. Yang terakhir ada Utul yang nanti kita ada tes ujian tulis yang diselnggarakan serentak di UGM dan salah satunya bisa memilih sekolah vokasi. Boleh pilih dua di vokasi atau satunya di yang lain. informasi lebih lanjut ada instagram atau di website ugm.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Sektor Publik UGM?

Pasti di awal masuk berpikir apakah aku memilih jurusan yang benar, apakah aku harus pindah jurusan. Nah itu semuanya pasti mengalami hal tersebut, karena di awal harus adaptasi dari masa SMA. Tips dari aku enjoy aja, jangan pernah merasa gagal atau merasa ga bisa. Coba di putar pemikirannya, aku ga bisa, temen ku bisa, aku ga mau kalah. Jadi aku belajar lebih supaya sama dengan temen ku atau bahkan lebih. Nah jadi kita harus memutar balikan yang berpikir salah jurusan. Mending enjoy nikmati aja, cari hal yang kamu suka dan nantinya kamu bisa beradaptasi dengan baik.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Di akuntasi manajemen organisasi sektor publik, jadi nanti kita di organisasi publik itu bagian akuntan yang mengurusi manajemen pendapatan atau pembiayaan, bisa jadi auditor organisasi publik atau perusahaan swastal, lalu ada yang namanya analis laporan keuangan sektor publik, konsultan oraganisasi publik, analis pendapatan daerah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Bisa dapat kerjaan yang sesuai dengan yang aku penegenin, jadi aku pengen ke kota asal untuk bekerja di pemerintah kota asal, di Madiun, pengen tau kaya gimana sih manajemennya.

Q&A

  • Kemampuan yang harus di miliki untuk masuk jurusan akuntansi sektor publik ini apa sih?

Jawaban: ga ada kemampuan spesifik, lebih ke rasa suka dan pedenya kamu, biar kamu mau belajar, untuk kemampuan basicnya kemampuan matematika dasar karena ga perlu matematika yang rumit karena akuntansi bergelut dengan uang.

  • Bedanya akuntansi sektor publik UGM dan STAN itu apa?

Jawaban: perbedaannya kurang tau, mungkin sama yang namanya akuntasi sektor publik, kalo di STAN masuknya D III atau berapa gitu kalo di UGM sudah diploma IV, kalo sudah lulus kita dapat sarjana terapan akuntansi.

  • D-IV ini bisa lanjut S2 ga?

Jawaban: sebenarnya D-IV ini setara dengan S1 jadi bisa lanjut S2 baik S2 nya terapan yang nanti akan muncul di beberapa universitas atau kita bisa lanjut ke S2 yang biasa atau umum.

Kode konten: C488

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *