Akuntansi

Akuntansi STIE Kusuma Negara (Syarifah)

Akuntansi STIE Kusuma Negara (Syarifah)

Hai… Assalamualaikum Intipers! Perkenalkan nama saya Syarifah Andriyani, Mahasiswi semester 4 angkatan 2018 dari Jurusan S1 Akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kusuma Negara (STIE KN) Cijantung, Jakarta Timur. Nah, disini aku mau share tentang berbagai pengalaman ku selama 4 semester yang sudah ku lalui saat ini di Kampus , berbagai hal yang akan ku ceritakan melalui link aplikasi intipkuliah.com yuk gaes silahkan.. boleh banget di simak cerita pengalaman ku ini ya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

 Apa saja sih materi yang kita pelajari di Akuntansi STIE Kusuma Negara ?

Nah.. Akuntansi ini termasuk dalam kategori Ekonomi, dimana Ekonomi itu terbagi menjadi 2 Komponen Jurusan di Kampus , yaitu Akuntansi dan Manajemen. Ya sesuai dengan nama dan Jurusan yang ku ambil dong ,kita pasti belajar tentang materi Akuntansi. Dimana Akuntansi ini pada dasarnya mempelajari mengenai hal perhitungan, mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis usaha atau Puatu perusahaan.

Bicara tentang akuntansi sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan Laba/Ruginya di Suatu Perusahaan. Banyak yang bilang juga Akuntansi adalah Jurusan yang sulit ataupun rumit di pahami ,tapi menurut ku pribadi Akuntansi itu justru malah tantangan tersendiri yang harus di tantang secara detail dan teliti.  Walaupun terkadang misalnya ada soal yang bikin kita terjebak di soal akuntansi, Tapi emang sih rumit,pusing dan ngerasa ingin menyerah. Tapi bagi seorang Akuntan itu,kalau belum Balance akan dicari terus sampai Balance. Tantangan banget kan ya ? bahkan sampe geregetan banget sama hasilnya. Dan bukan cuma belajar materi Akuntansi aja sih, kita juga banyak belajar tentang materi Manajemen.

Slide5

Apa bedanya sih Akuntansi dengan Manajemen ?

Menurut ku pribadi sebagai seorang akuntan di perkuliahan, tentunya pasti Akuntansi itu sangat Keterkaitan dengan Manajemen. Apa bedanya sih Akuntansi dengan Manajemen ? Kalau menurutku Akuntansi itu mempelajari tentang hal perhitungan/menganalisa laporan keuangan Laba/Rugi di suatu Perusahaan ,sedangkan manajemen adalah mempelajari tentang bagaimana kita mengelola organisasi di suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang di capai. Mereka memang sangat keterkaitan bagiku dan memiliki pengelompokan tersendiri di dalam suatu Komponen. Bisa di bedakan juga nih melalui Mata kuliahnya, kalau Akuntansi itu memang bener-bener fokus sama contoh soal kasus yang keterkaitan dengan perusahaan , dan kalau dari Manajemen tersendiri itu bisa mengelola organisasi/perusahaan ataupun ada juga type berhitungnya pakai sistem model rumus matematika.

Untuk Matakuliah dan Dosen Favorite itu Bagaimana ?

Mata kuliah di bidang Akuntansi sendiri itu ada berbagai mata kuliah yang keterkaitan dengan materi Akuntansi dan Manajemen. Untuk yang terkait dengan Akuntansi, ada Pengantar Akuntansi dimana kita belajar mulai dari dasar (khusus mata kuliah semester 1). Akuntansi Biaya,  Statistik (sangat dibutuhkan  dalam pembuatan Skripsi), Bahasa Inggris dan Tambahan ilmu Pendidikan lain, seperti Kewarganegaraan ataupun Ilmu Pendidikan Agama. Tugas Khusus dari Akuntansi kita melalui Praktikum yang dipelajari melalui Aplikasi akuntansi seperti MYOB. Materi yang keterkaitan Akuntansi dan Manajemen itu seperti Mata Kuliah Pengantar Bisnis, Manajemen Lembaga Keuangan, Business English dan Manajemen Operasional.

Banyak Matakuliah yang memiliki ilmu pengetahuan yang baru. Kita bisa jelas dan paham mengenai hal Akuntansi dan Manajemen di Bidang Ekonomi Perkuliahanku. Kalau untuk mata kuliah yang menyenangkan, semuanya menyenangkan namun tergantung dari penyampaian yang diterangkan oleh dosen. Terkadang ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa menyerap di otakku. Nemang aku tipe orang yang harus menyesuaikan bisa menyerap atau tidaknya itu tergantung dari dosen. Tapi jujur, Aku lebih suka dosen yang mengajarkan mudah dipahami dan bisa bersantai. Misalnya seperti Bu Hestin, Pak Levi, Pak Sulthon, Bu Desi, Bu Kusiyah,Bu Sari,Pak Agus dan ada beberapa dosen lainnya. Semua dosen enak sih sebenernya, cuman ya setiap mahasiswa pasti berbeda pendapat.

Apa Aja sih Konsentrasi di Jurusan Akuntansi STIE Kusuma Negara ?

Untuk konsentrasi Di Jurusan Akuntansi Kampus STIE-KN itu ada 3, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Auditing. Dari Ketiga Jurusan Konsentrasi  tersebut, tentunya memiliki penjelasan yang berbeda walau bisa juga dikatakan sama. hanya saja yang dapat membedakan itu adalah dimana Akuntansi Manajemen lebih banyak menjelaskan tentang Manajemen, Akuntansi Keuangan yang berfokus pada Pelaporan Keuangan , dan dari Akuntansi Auditing pun menjelaskan tentang semua perihal yang terkait dengan Akuntansi. Tapi dari ketiga konsentrasi ini , dilihat dari Informasi kaka tingkat jurusan Akuntansi, banyak yang mengambil fokus konsentrasi di Akuntansi Kuangan.

Tips Untuk Maba di Jurusan Akuntansi STIE Kusuma Negara

Mata kuliah di jurusan akuntansi ini memang banyak hal yang terkait dengan perhitungan yang mungkin akan kalian rasakan di dalam penjebakan kasus soal terhadap Akuntansi, Namun kalian bisa lebih belajar dengan giat dan selalu memperhatikan ketika dosen mengajar ataupun menjelaskan. Mungkin untuk semester pemula masih bisa dikatakan mudah, namun untuk semester 3 keatas kalian harus benar-benar bisa sesuaikan kemampuan kalian di setiap semesternya. Jangan mudah terlalu menyepelekan hal kecil , karena untuk penilaian dosen pun terkadang berbeda. Kita juga perlu mengetahui penilian dosen seperti apa, supaya kita tidak terlalu kaget ataupun bingung ketika mendapatkan nilai yang tidak di inginkan ataupun matakuliah yang nilainya kurang. Kalian juga bisa menarik perhatian dosen agar nilai kalian selamat dan pasti dengan begitu juga kalian akan lebih semangat jika dosen bersahabat dengan kita.

Ikut Organisasi Kampus/ Permagangan yang cocok

Nah, selain tips yang ku jelaskan diatas aku juga mau nih berbagi referensi dan Pengalaman Magang ku. Sebagai mahasiswa, kita jangan terlalu menjadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang) coba ikutin organisasi yang ada di Kampus. Kebetulan di Kampus ku itu ada Organisasi MPM,BEM,KOPERNAMA,KANAPALA serta UKM-UKM lainnya.

Banyak peran yang bisa kita pelajarin dan kita ambil di berbagai peran organisasi, jangan sampai kita terlalu menjadi manusia yang terlalu introvet. Kita harus keluar dari zona nyaman, isi waktu kosong kita untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Selain ikut Organisasi di Kampus, pastinya kita perlu banget nih nyari pengalaman kerja buat nanti setelah LULUS gelar Sarjana. aku itu type manusia yang gak suka banget berdiam diri , aku paling suka berinteraksi dengan dunia sosial. karna memang benar-benar bermanfaat untuk masadepan kita. dari sebuah pengalaman akan tercapai hasil yang tidak sia-sia, dan pastinya kita tidak akan terlalu gugup berada di ruang lingkup pekerja yang sesungguhnya berada di lingkup suatu Perusahaaan.

Prospek Kerja dan Pekerjaan Alumni

Sesuai dengan pengetahuan dan pemikiran ku, sebagian alumni LULUSAN S1 AKUNTANSI STIE KN itu banyak yang bekerja di Perusahaan Perbankan, Perusahaan Jasa ataupun Perusahaan Manufaktur. dan banyak juga yang sudah menjabat tinggi di suatu Perusahaan, Misalnya Manager Accounting/HRD. Sebagian juga rata-rata mahasiswa STIE-KN ini sangat memperdulikan skill, sehingga tak kalah banyak juga mahasiswa yang mencari pengalaman baru melalui Magang dan Bahkan ada yang sambil lanjut S2.

Harapan dan Rencana setelah LULUS

Sudah ku persiapkan planning ku untuk sebuah masa depan ku. Harapanku nantinya adalah aku bisa LULUS S1 AKUNTANSI di STIE KN dengan hasil yang memuaskan. Langsung siap mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill ku di Perusahaan. Melalui skill yang sudah ku tempuh selama Libur Perkuliahan dengan mengisi waktu luang ku untuk Magang. Rencana pun aku berpikiran lagi untuk melanjutkan ke tingkat jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Melanjutkan S2 di Suatu Universitas Negri/Swasta yang nantinya akan ku pergunakan untuk sambil bekerja atau Membuka Suatu Usaha.

Kode Konten: X176

Komen dibawah! 1

  1. Antonius

    untuk ajar

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *