Akuntansi, IAIN

Akuntansi Syariah IAIN Surakarta (Marina)

Akuntansi Syariah IAIN Surakarta (Marina)

Halo sobat intipers! Aku Marina dari Akuntansi Syariah IAIN Surakarta angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Akuntansi Syariah IAIN Surakarta seperti apa?

Akuntansi Syariah di IAIN Surakarta itu kurang lebih sama dengan prodi akuntansi syariah di universitas islam lainnya. Bedanya dengan akuntansi konvensional adalah kita di sini belajar akuntansi syariah pembukuan-pembukuan dari lembaga syariah. Kita belajar mengenai keagamaan, jadi gak hanya tentang akuntansi tapi juga mengenai fiqih muamalah, fiqih ibadah, bahasa Arab, dll. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Akuntansi Syariah IAIN Surakarta?

Alasannya karena dari SD suka dengan yang berbau dengan hitungan. Ketika SMP dapet pelajaran akuntansi. Disitu ngerasa seru juga gitu belajar akuntansi. Jadi gak hanya belajar hitungan tapi manajemen keuangannya juga. Di perguruan tinggi akuntansi jadi salah satu pilihan saya karena akuntansi kan berhubungan dengan keuangan yang jadi hal vital dalam kehidupan kita. Jadi saya itu ingin mempelajari hal itu, juga syariah nya. Bukan hanya akuntansi konvensionalnya tapi yang syariahnya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling khas tentu saja Akuntansi Syariah. Selain itu ada juga mata kuliah lain dan praktikum. Praktikumnya itu ada statistika, yaitu belajar mengolah data. Ada juga aplikasi akuntansi yang kita pelajari. Kita juga belajar praktikum yang ekonomi secara umum, seperti mini bank. Nah itu kita belajar menjadi customer sevice, teller, dan pasar modal. Di pasar modal kita belajar mengenai saham. Mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam diwajibkan untuk menanam saham. Selain itu kita ada praktikum kewirausahaan. Kita dituntut dan dilatih menjadi seorang wirausahawan. Kita harus membuat bussines plan, jualannya dan membuat laporan evaluasinya. 

Tugasnya kalau di FEBI itu terkenalnya kita paling banyak tugasnya. Itu karena sudah umum sepertinya kalau akuntansi memang banyak tugasnya. Tugasnya itu sendiri pada umumnya sih, bedanya kita setiap semester ada praktikum yang pasti ada tugas akhir dari praktikum itu. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, ini baru mulai pas tahun saya konsentrasinya itu. Ada kelas akademisi, kewirausahaan dan profesional. Di kelas akademisi itu kita dijuruskan untuk orang-orang yang ingin mengajar menjadi dosen atau pengajar. Kelas kewirausahaan itu kita dijuruskan untuk menjadi seorang wirausaha. Sedangkan, untuk profesional kita dijuruskan untuk menjadi seorang praktisi atau pekerja di pemerintahan. Peminatan itu dimulai di semester 5 atau 6.  

Jalur masuknya ada apa aja?

Ada 3, itu SPANPTKIN, UMPTKIN dan jalur mandiri. Jalur SPANPTKIN itu seperti SNMPTN, UMPTKIN itu seperti SBMPTN untuk universitas umum. Informasi jalur mandiri bisa dicek di web IAIN Surakarta dan informasi terkait FEBI IAIN Surakarta juga bisa disearch di Instagram. Nah, untuk informasi biasanya satu angkatan yang diterima sebagai mahasiswa baru Akuntansi IAIN Surakarta itu hanya ada 4 kelas, sekitar 120an mahasiswa. Tahun-tahun selanjutnya kuotanya ditambah menjadi 9 kelas dengan kurang lebih 40 orang mahasiswa per kelas.  

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Syariah IAIN Surakarta?

Tips dari pengalaman saya pribadi itu yang penting kita semangat terus. Jangan lupa minta doa orang tua, dari keluarga. Kemudian ibadah. Hal yang tak kalah penting itu adalah circle pertemanan. Pertemanan ini sangat mendukung sebenarnya. Saya dari awal maba sampai sekarang semester 8  sudah melalui berbagai circle pertemanan. Gak mudah memperoleh circle pertemanan yang baik di kampus. Kita harus pinter memilih teman-teman dekat, kalau teman kan kita harus berteman sama siapa aja. Circle kita yang akan mendukung kita karena sehari-hari kan sama mereka, apalagi kita anak kos dan anak organisasi. Jadi cari yang satu visi. 

Jangan lelah, mungkin sekarang kita mikirnya “aku bisa gak ya.. kok ini berat banget”. Ketika kita berpikir kaya gitu kita inget-inget di belakang. Kita inget dulu juga kita udah pernah berpusing-pusing merasakan berjuang dan ternyata aku bisa dan sekarang juga pasti bisa lagi. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lulusan akuntansi syariah IAIN Surakarta yang saya ketahui itu ada yang menjadi pengusaha sepatu kulit yang sekarang omsetnya minimal 100 juta perbulan. Selain itu juga ada dosen, pendidik atau guru. Kalau di bidang profesional itu banyak sekali, ada yang kantor akuntansi publik, kantor konsultan pajak, lembaga zakat, dan di bank. 

Kode konten: C546

Komen dibawah! 1

  1. Nella

    Apa alasan kak Marina memilih jurusan Akuntansi syariah di IAIN Surakarta?

    Sekian dan terima kasih^_^

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *