Akuntansi, Universitas Islam Negeri

Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga (Nikmah)

Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga (Nikmah)

Halo sobat intipers! Aku Nikmah jurusan Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga itu seperti apa?

Kalau akuntansi secara umum intinya kita menyusun laporan keuangan yang ada lima itu, laporan laba rugi, neraca, perubahan ekuitas, kemudian catatan laporan keuangan. Kemudian untuk akuntansi syariah sendiri ada tambahan pelajaran agama serta prinsip syariah yang ada di akuntansi, contohnya selan kita belajar akuntansi dasar yang umum, kita juga belajar yang secara syariah seperti akad-akad mudorobah, musyaraqoh, dan prinsip lainnya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mungkin ada stigma orang kadang anak akuntansi di bank ya? Tapi sebenernya anak akuntansi itu prospek kerjanya luas, kemudian kalau yang syariah kita belajar juga yan umum dan syariah, ada perbedaannya kaya leasing, ada leasing yang tidak diperbolehkan didalam syariah, jadi kita belajar yang umum dan syariah. Kemudian pas di semester awal kita belajar juga seperti bahasa arab, sejarah agama islam.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga?

Mau cerita sedikit, jadi ceritanya itu pas mau lulus SMA, dulu pengennya kerja di pertambangan karena di Kalimantan banyak pertambangan, dan lulusnya di dua jurusan yaitu di pertambangan dan akuntansi syariah, sebenernya pengennya lulusnya satu aja biar gak pusing. Kemudian istikhoroh minta diberi petunjuk, kemudian disaat itu kepikiran kedepan kalau milih pertambangan kan apalagi cewe, nanti kan kalau di tambang terus apalagi kan kita tau tambang itu daerah terpencil kemudian juga jauh dari perkotaan, nanti kan kalau cewe susah. 

Kemudian setelah itu juga ada yang lulus akuntansi syariah, jadi mikirnya ‘oh yaudah mungkin ini petunjuk’ jadinya aku ambil akuntnasi syariah, dan prospek kerjanya lebih luas juga, jadi itu alasan kenapa aku milih akuntansi syariah, karena memang dapet petunjuk dan juga memang sih yang pas teknik pertambangan itu satu pulau, kalau yang akuntansi syariah harus nyebrang pulau, alhamdulillah direstui juga sama orangtua. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau yang khas itu banyak sih sebenernya tapi intinya kita menyusun laporan keuangan, bagaimana prosesnya, kita juga belajar mengaudit laporan keuangan karena menyusun laporan keuangan sangat berbanding terbalik sama audit, kalau laporan keuangan dimulai dari transaksi, buku besar, hingga terbentuklah laporan keuangan. Kalau pengauditan, itu prosesnya dari laporan keuangan terbentuk kita selidiki hingga transaksi itu apakah benar terjadi atau tidak. 

Nah, kalau tugas yang khas banyak sih kak, kalau yang khas itu banyaknya sih menghitung, kemudian penjurnalannya, akad-akadnya, kalau yang akuntansi syariah akun-akun yang syariah dan umum seperti apa, paling banyak penjurnalan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi ada konsentrasinya di semester 5 dan 6, setiap mahasiswa itu boleh mengambil 3 mata kuliah pilihan, kemarin mata kuliah yang saya ambil itu ada manajemen resiko, perencanaan perpajakan, dan audit internal. Manajemen resiko yang kita pelajari dari bagaiaman cara kita mengurangi memanajemen resiko yang ada di perusahaan agar tidak terjadi kecurangan, korupsi dan lain sebagainya.

Kemudian yang kedua mengambil perencanaan pajak, di mata kuliah ini dipelajari untuk mengelola pajak di sebuah perusahaan seminimal mungkin tanpa melawan hukum. Kemudian audit internal di mata kuliah ini kita mempelajari proses pendeteksian laporan keuangan, apakah sudah benar dengan real. Konsentrasi lain yaitu menejemen keuangan sektor publik, akuntansi forensik, perencanaan keuangan syariah, dan tata kelola intitas syariah, ada 8 konsentrasi. 

Kalau manajemen keuangan sektor publik itu bagaimana keuangan yang dimiliki oleh instansi pemerintah, karena setiap instansi laporan keuangannya beda-beda, kaya ukm, pemerintah, itu berbeda peraturan dalam pembuatan laporan keuangan. Kemudian yang tata kelola intitas syariah itu lebih ke penyusunan laporan keuangan yang berbasis syariah nya gitu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di UIN ada SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri, itu bisa di akses semua jurusan. Nah, kalau SPANPTKIN itu khusus untuk universitas agama islam. Mungkin ada beberapa jurusan yang tidak bisa diambil oleh temen-temen, jadi disitu terbatas jurusan yang bisa diambilnya. Kalau yang di SPAN tidak bisa mengambil biologi, teknik, tapi kalau akuntansi syariah itu bisa.  

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga?

Mungkin buat adik tingkat yang udah masuk di akuntansi lebih jaga kesehatan aja. Lagi jadi mahasiswa itu sering begadang. Pernah kejadian temen saya pingsan waktu lagi ujian. Itu makanya pas udah masuk di jurusan manapun jaga kesehatannya. Kemudian kalau ada tugas langsung dikerjakan jangan di tunda-tunda. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Anak akuntansi tidak hanya di bank aja, banyak prospek kerja yang bisa diambil. Di antaranya auditor internal, artinya kita mengecek laporan keuangan tapi kita di perusahaan itu sendiri. Kalau auditor eksternal, kita mengecek perusahaan lain. 

Kemudian juga kita bisa jadi akuntan keuangan perusahaan. Alumni bisa kerja di mana aja, bisa di perusahaan, instansi pemerintah. Semuanya memerlukan laporan keuangan, kita sebagai akuntan sangat dibutuhkan. Kemudian konsultan pajak, nanti perusahaan-perusahaan lain bisa menyewa jasa kita untuk meminimalisir pembayaran pajak tanpa melawan huku. Ada konsultan keuangan, akuntansi bisa ambil sertifikasi auditor internal bisa. Jadi bisa lebih detail mengambilnya di bidang mana. Pokonya dimanapun ada instansi swasta maupun pemerintah, kita sangat dibutuhkan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Cerit lagi sedikit, sebenernya masih bingung selanjutnya mau apa, karena memang ada dua mau lanjut S2 atau mau kerja di instansi manapun, sekalian mau bikin bisnis juga, semoga Allah ngasih petunjuk terbaik, kemudian harapannya semoga akuntansi berbasis syariah lebih berkembang dan maju lagi serta dikenal oleh masyarakat luas, seperti yang kita tau semua bidang yang berbasis syariah itu sangat diminati. 

Kode konten: C408

Komen dibawah! 2

  1. Nella

    Apa alasan kak Nikmah memilih kuliah di UIN sunan Kalijaga dengan mengambil jurusan Akuntansi Syariah?

  2. zkdl

    kak alhamdulillah aku thn ini jg keterima di uin suka prodi akuntansi,mau tanya kak.bisa nggak kalau jurusan akuntansi syariah itu bkerja di pertambangan?makasih kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *