Akuntansi, Universitas Gadjah Mada

Akuntansi UGM (Apia)

Halo Intipers !!! Namaku Apia Dewi Agustin, mahasiswi S1 Akuntansi UGM, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Saat ini aku sedang berada di penghujung tahun ketiga. Yapss, tepatnya di penghujung semester 6. Nah, aku mau sharing sedikit nih tentang pengalaman dan pengetahuanku selama menapaki perkuliahan di Akuntansi FEB UGM. Bagi temen-temen yang ingin bertanya atau diskusi, feel free, bisa banget komen di bawah artikel ini, yaa.

Akuntansi UGM, belajar debit kredit ?

Di UGM, akuntansi masuk di kluster soshum, tepatnya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). FYI, FEB UGM ini terkenal dan keren banget looh, dibuktikan dengan tersandangnya akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business), merupakan akreditasi Internasional untuk sekolah bisnis. Menariknya lagi, FEB UGM juga jadi sekolah bisnis pertama di Indonesia yang meraih akreditasi tersebut. Dampaknya cukup kerasa banget yaa pastinya, mulai dari aturan akademik yang ketat,  misalnya syarat mengambil 24 SKS per semester adalah IP semester sebelumnya yang harus lebih dari sama dengan 3,75 dan tidak ada semester pendek. Alhasil, kelihatan lebih sulit dan masa studi lebih lama dibanding dengan fakultas atau universitas lainnya. Meskipun demikian, tetep banyak kok mahasiswa FEB UGM yang tetap bisa lulus tepat waktu, bahkan banyak juga yang lulus cepat dengan IPK cumlaude. Oiya jumlah sks Prodi Akuntansi FEB UGM ini ada 145 sks, selisih 1 sks dari biasanya yang rata-rata 144 sks.

Prodi Akuntansi FEB UGM ini memiliki 2 kelas yaitu kelas regular dan kelas IUP ( internasional).  Untuk jalur masuknya sendiri, kelas regular : SNMPTN, SBMPTN, PBU, dan UTUL. Sedangkan IUP melalui seleksi khusus yang terdiri dari batch 1,2, dan 3.

“Debit Kredit”, well, dua kata itu sering banget dilekatkan dengan mahasiswa Akuntansi. Bawa kalkulator terus, buku tebel-tebel, tugas banyak banget, ngitung-ngitung, dll deh, jadi hal-hal yang melekat banget di pandangan orang untuk mahasiswa Akuntansi. Tapi ya emang ada benernya juga sih, ga sepenuhnya salah. Tapi tenang, ga sesuram itu juga kok ehehe.

Belajar akuntansi ketika di SMA dan kuliah tuh beda banget. Jadi mau latar belakang SMA-nya IPA atau IPS nggak terlalu bermasalah sih. Ibaratnya materi akuntansi di SMA tuh cuman setengah semester aja ketika di kuliah. 1 semester aja nggak penuh. Di kuliah, bakal belajar dari awal dan konsep mendasar banget tentang akuntansi.

Untuk materi kuliahnya sendiri, tentu nggak sekadar mempelajari debit kredit yang harus seimbang aja ya. Kembali ke dasarnya, accounting is an art, seni memahami mengenai proses akuntansi, mulai dari terjadinya transaksi hingga membuat laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mengambil keputusan. Lebih menarik lagi, mahasiswa akuntansi UGM dibiasakan untuk aktif di kelas melalui argumen dan partisipasi lainnya.

Untuk perkuliahan sehari-hari, buku pegangannya mayoritas pakai bahasa Inggris, tapi untuk kelas regular pengajarannya tetep pakai bahasa indonesia kok. Kalau atmosfer mahasiswanya sih, ga cuman mahasiswa akuntansi aja, mahasiswa FEB UGM terkenal banget dengan mahasiswa yang ambis dan aktif dalam banyak hal yang positif, mulai dari lomba, event, organisasi, internship, hingga kegiatan kerelawanan.

Apa aja sih mata kuliah dan tugas yang khas di jurusan ini ?

Biasanya semester 1 hingga 4 lebih ke mata kuliah basic dan yang bersifat wajib, seperti Akuntansi Pengantar, Akuntansi Menengah I dan II, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Pengauditan I dan II, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, dll. Mulai masuk semester 5 akan lebih banyak ke penawaran mata kuliah yang bersifat pilihan seperti Analisis Laporan Keuangan, Pengauditan Internal, Manajemen Keuangan Publik, dll.

Sebagai bekal tambahan, juga ada matkul prodi lain yang seatap nih (Manajemen dan Ilmu Ekonomi). Mulai dari yang bersifat wajib (harus diambil sebagai syarat kelulusan) dan juga bersifat pilihan. Dari prodi Manajemen, mulai dari Bisnis Pengantar, Manajemen, Manajemen Keuangan I dan II, dan juga mata kuliah yang bersifat pilihan seperti Pemasaran, Bisnis Internasional, Ekonomika Manajerial, dll. Dari prodi Ilmu Ekonomi, mulai dari Ekonomika Pengantar I dan II, Matematika Ekonomi I, Statistika Ekonomi I dan II, Perekonomian Indonesia, dan juga mata kuliah pilihan seperti Ekonometrika I, Ekonomika Islam, dll

Lebih menarik lagi, prodi Akuntansi juga mempelajari displin ilmu dari fakultas lain yang dijadiin mata kuliah wajib, seperti Psikologi Dasar,  Hukum Bisnis, dll. Juga  beberapa mata kuliah wajib untuk seluruh program studi seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Kuliah Kerja Nyata.

Untuk tugas yang khas, biasanya semester-semester awal lebih ke latihan soal baik yang bersifat teknis hitungan maupun penyelesaian case. Kalau udah mulai naik semesternya biasanya akan lebih ke tugas membuat paper (analisis) dan presentasi.

Dari sekian banyak mata kuliah yang pernah dipelajari, mata kuliah Manajemen Keuangan Publik jadi yang paling berkesan bagiku. Mata kuliah ini bersifat pilihan dan biasanya hanya muncul pada KRS semester genap saja. Mata kuliah ini membahas mengenai pengelolaan keuangan di pemerintahan, mulai dari pemerintahan desa sampai negara. Teori dan teknis lengkap banget deh. Selain karena emang suka dengan mata kuliahnya, aku juga merasa sangat nyaman dengan dosen yang mengampu mata kuliah ini. Kelasnya selalu ramai penuh dengan keaktifan diskusi, berpendapat, tanya, jawab, presentasi, dan cerita pengalaman serta wejangan beliau yang sangat insightful. Mata kuliah ini ada tugas tiap pekannya yaitu membuat paper. Selain itu juga ada tugas presentasi setiap pekan yang diisi oleh per kelompok yang telah dibagi di awal kelas. Jadi dalam satu semester, setiap kelompok akan kebagian presentasi satu kali dengan bahasan bab-bab setiap pekannya secara berurutan. Jadi di kelas ini bakal belajar ngitung, memahami teori, penyelesaian case di lapangan, hingga cara menyampaikannya di depan umum. Itu asikk banget ehehe

Akuntansi UGM, konsetrasinya ada apa aja tuh ?

Mungkin berbeda dengan yang lainnya, so far Akuntansi pattern-nya nggak paten gitu sama mata kuliah pilihannya. Intinya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan, tanpa harus selinier, pokoknya sesuai aja dengan alokasi sks di kurikulum. Jadi bisa aja bagi kita yang belum tahu mau konsentrasi apa, terus ngambil mata kuliah campuran dari semuanya itu juga bisa banget. Bahkan kita juga bisa ngambil mata kuliah dari program studi Manajemen atau Ilmu Ekonomi yang bersifat pilihan di prodi Akuntansi. Intinya sesuaikan aja dengan sajian informasi kurikulum yang sudah disediakan. Lengkap dan mudah dipahami kok.

Biasanya semester 5 udah mulai ambil dan nemu konsentrasinya. Tersebab, di 4 semester awal lebih ke basic knowledge, yang kita bakal mempelajari fundamental mata kuliah konsentrasi tersebut. Jadi di semester-semester itu sih, mahasiswa akan banyak mengeksplor untuk menemukan minatnya.

Untuk konsentrasi di Akuntansi UGM ada enam yaa, yang terdiri dari Akuntansi Keuangan, Pengauditan, Akuntansi Manajerial, Akuntansi Sektor Publik dan Perpajakan, Sistem Informasi Akuntansi, dan Akuntansi Syariah.

Buat kamu yang tertarik dengan Prodi Akuntansi UGM !

Akuntansi selalu menjadi primadona bagi anak SMA baik yang berlatar belakang IPA maupun IPS. So, saingannya pasti banyak kan ? Jadi kalau udah keterima di sini, banyakin syukurnyaa yaa. Selamat! Kita adalah sekian dari sekian banyak orang yang minat dengan prodi ini dan beruntungnya kita juga diizinkan untuk menapaki kuliah di prodi ini. Ibaratnya, kita udah terpilih buat nyebur dan nyelam di lautan ini, so ayo selami lebih dalam dan nikmati segala keindahan di dalamnyaa ehehe.

Banyak banget fasilitas yang bisa kita eksplor selama berkuliah di Akuntansi FEB UGM. Nggak hanya perihal akademik doang yang fasilitasnya juga udah banyak banget, kesempatan organisasi, kepanitiaan, event, volunteer, lomba, beasiswa, hingga magang juga terbuka dengan sangat lebar di sini. Informasi juga sangat difasilitasin banget. So, bisa banget dimanfaatin dengan mengeksplor seluas dan sedalamnya. Dan konklusinya, jangan lupa untuk selalu tergerak untuk mensyukuri dan tetap rendah hati.

Lulusan Akuntansi UGM kemana aja sih ?

Prospek kerja Akuntansi tuh luas banget, karena semua butuh akuntan. Lulusan Akuntansi UGM banyak yang sukses berkiprah di berbagai posisi baik di perusahaan maupun pemerintahan. Mulai dari menjadi akuntan manajemen, akuntan pemerintah, analis keuangan, auditor, konsultan pajak, wirausaha, hingga dosen, dll. Menarik lagi, tidak sedikit lulusan Akuntansi UGM yang tidak hanya menekuni satu profesi saja. Banyak juga yang tidak hanya menjadi akademisi saja tetapi juga mengambil peran sebagai praktisi, maupun sebaliknya.

Kode Konten: X493

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *