Akuntansi, Universitas Islam Negeri

Akuntansi UIN Sunan Ampel / UINSA (Dina)

Akuntansi UIN Sunan Ampel / UINSA (Dina)

Halo sobat intip! Ada pepatah lewat yang berbunyi “Tak kenal maka kenalan”. Karena pepatah itu, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama lengkap Dina Nur Rohma, kerap disapa Dina. Saya mahasiswi dari Akuntansi UIN Surabaya / UINSA angkatan 2018. Status saya di pertengahan tahun 2020 ini masih menjadi mahasiswi semester empat. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya tentang asiknya menjadi seorang mahasiswi akuntansi yang sudah menempuh kuliah selama hampir dua tahun lamanya.

Akuntansi UIN Surabaya (UIN Sunan Ampel) ?

Akuntansi banyak dikenal di mata mahasiswa baru dengan jurusan yang sering bergulat dengan angka. Benar sekali, lebih tepatnya jurusan akuntansi memang jurusan yang sangat berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. Mahasiswa tidak hanya disuguhkan pengetahuan tentang akuntansi secara global seperti bagaimana cara menjurnal, ilmu dan langkah menjadi akuntan profesional, dsb. Asal muasal karena kampus UINSA ini memiliki abjad “I” yang harus dipertanggungjawabkan. Pengetahuan tentang agama juga masuk daftar mata kuliah persyaratan wajib kenaikan semester. Contohnya yakni khusus untuk mahasiswa semester satu dan dua diwajibkan mengikuti mata kuliah tambahan di pagi hari. Yakni kelas Intensif Bahasa Arab, Intensif Bahasa Inggris, dan Kelas Ma’had yang membahas tentang Fiqih Islam.

Selain mata kuliah terkait agama dan jurusan, mata kuliah umum juga diajarkan di sini. Contohnya dalam mata kuliah Enterpreneurship. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa praktik berbisnis mulai dari membangun konsep dan tema bisnis sampai terjun memasarkan produk ke lapangan. Dari sini dapat pula diambil sampel skala kecil pelaporan keuangan bisnis sebagai sarana latihan membuat laporan keuangan sederhana. Semakin tinggi jenjang semester yang ditempuh, mata kuliah akan lebih terfokus ke ingin menjadi apa kita di masa depan nanti, atau bisa dibilang pelajaran akan lebih menjurus. Ilmu yang didapat double sekaligus, ya agama ya ilmu pengetahuan karir.

Mata Kuliah Akuntansi UIN Surabaya (UIN Sunan Ampel) dan yang paling berkesan?

Tugas yang diberikan di jurusan Akuntansi tidak lepas dari menyusun laporan keuangan, analisis jurnal, membuat makalah, dan riset penelitian tergantung perintah dosen. Jam kuliah didominasi 3 sks (sistem kredit semester). Untuk semester satu, mata kuliah yang diajarkan yakni IAD/IBD/ISD, Pancasila dan Kewarganegaraan, Pengantar Akuntansi, Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, Studi Al-Quran, dan Studi Hadis. Mata kuliah semester dua terdiri dari Akuntansi Pengantar Lanjutan, Bahasa Indonesia, Enterpreneurship, Fiqih dan Ushul Fiqh, Matematika, Pengantar Studi Islam, Sistem Teknologi Informasi, Statistik Deskriptif, dan Teori Ekonomi.

Lanjut ke semester tiga yakni ada Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Arabic for Accounting, English for Accounting, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Perpajakan, dan Statistik Inferensial. Sementara semester empat yakni Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Manajerial, Auditing, Etika Bisnis dan Profesi, Manajemen Keuangan Lanjutan, Penganggaran, Perpajakan Lanjutan, dan Tafsir dan Hadits Ekonomi.

Semester lima yakni Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Pajak, Auditing Lanjutan, Investasi dan Pasar Modal, Sistem Informasi Akuntansi, Studi Kelayakan Bisnis, dan Teori Akuntansi. Adapun semester enam yaitu Akuntansi Forensi dan Audit Investitagif, Akuntansi Sektor Publik, Analisis Laporan Keuangan, Aspek Hukum dalam Ekonomi, Manajemen Srategi, Metode Penelitian Akuntansi, dan Sistem Pengendalian Internal (Internal Audit).

Informasi untuk kalian, mahasiswa semester enam sudah boleh mengambil mata kuliah Praktikum/Magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), atau bisa juga diambil saat semester tujuh dan melanjutkan skripsi di semester berikutnya. Opsi pengambilan mata kuliah skripsi bisa saat semester tujuh atau delapan. Mahasiswa Akuntansi UINSA ada kesempatan lulus di semester tujuh asal semua mata kuliah sebelumnya sudah tuntas.

Mata kuliah yang berkesan di Akuntansi UIN Surabaya

Mata kuliah yang paling berkesan sejauh saya belajar sampai semester empat ada di mata kuliah Akuntansi Syariah dan Akuntansi Manajerial. Alasan saya memilih Akuntansi Syariah karena di mata kuliah ini diajarkan tentang perbedaan bagaimana pelaporan keuangan dalam akuntansi syariah dan non syariah. Akad perjanjian seperti Murobahah, Salam, Istishna’, Mudharabah, Musyarakah, juga Ijarah termasuk dalam ruang lingkup mata kuliah ini. Untuk Akuntansi Manajerial yang paling berkesan adalah saat dosen memberi tugas membuat karya tulis atau penelitian. Kami bisa praktek mengolah data langsung dari perusahaan yang akan diteliti atau studi pustaka dari website resmi penyedia laporan keuangan sesuai tema yang akan diteliti.

Jangan Lewatkan Kesempatan Organisasi Kampus dan Laboratorium Khusus di Fakultas Jurusan!

Akan sangat disayangkan kalau fasilitas material dan jejaring organisasi yang tersedia di kampus disia-siakan begitu saja. Selain banyaknya jenis organisasi kampus yang bisa diikuti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memiliki Laboratorium yang dikelola dalam bentuk kepengurusan oleh mahasiswa FEBI selayaknya struktur organisasi. Laboratorium FEBI sampai tahun 2020 berjumlah empat, yakni Laboratorium Galeri Investasi Syariah, Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa, Griya Derma, dan Bank Sampah Syariah. Fasilitas kampus ini bisa digunakan mahasiswa untuk praktek langsung tentang Investasi Syariah, magang kasir, berdagang, dan media penyaluran infaq shadaqah. Dengan mengikuti laboratorium dapat sekaligus mempraktikkan langsung mata kuliah yang berhubungan seperti pasar modal yang ada di Laboratorium Galeri Investasi Syariah.

Tips-Tips untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Akuntansi?

Untuk kalian yang benar-benar fokus dengan tujuan utama yakni menjadi seorang akuntan, itu bagus! Lanjutkan semangat juangmu itu. Akan lebih produktif lagi jika kamu juga menunjang kemampuanmu itu dengan ikut organisasi dan kepengurusan laboratorium. Era kita ada di zaman 4.0. Bangun niat baru untuk ikut dalam kepengurusan organisasi internal maupun external kampus. Bukan hanya relasi, skill terpendam kamu lama-lama akan terasah. Kemampuan plus itu akan menjadi modal tambahan dan membantumu lebih leluasa di dunia kerja nanti. Kalaupun kamu tidak suka dengan yang berhubungan dengan organisasi, perpustakaan adalah sarana terbaik untuk kamu memperluas jangkauan pengetahuanmu.

Prospek Kerja Alumni Akuntansi UIN Surabaya / UINSA ?

Banyak dosen saya yang mengatakan, magang di KAP (Kantor Akuntan Publik) atau Kantor Perpajakan adalah batu loncatan mahasiswa untuk menemukan lokasi penyaluran karir mereka yang sebenarnya. Saya dengar dari  senior dan dosen yang sudah mengalaminya, bahwa jika kinerjamu di kantor itu bagus dan klien menyukaimu, ada kesempatan kamu akan direkrut menjadi bagian dari perusahaan mereka. Jabatan yang didapat biasanya langsung di level tertinggi seperti bagian keuangan perusahaan atau bisa jadi sekretaris CEO. Ada juga senior saya yang setelah lulus langsung membangun usaha. Prospek kerja jurusan akuntansi adalah menjadi auditor atau konsultan pajak. Hal ini pula tergantung minat dan keinginan ingin bekerja di bidang apa.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Rencana setelah lulus saya pribadi sebenarnya masih belum terfikir akan menjadi apa dan lanjut kemana. Namun sudah ada keinginan pasti ingin menjadi antara auditor dan konsultan pajak. Karena mata kuliahnya yang sangat menarik perhatian saya untuk menggali lebih antara dua topik tersebut. Selain itu saya ingin membuka usaha makanan yang dapat memberikan peluang kerja untuk masyarakat dan membangun usaha jasa desain. Saya juga ingin mencoba beberapa seleksi pekerjaan di instansi yang berhubungan dengan akuntan atau skill pribadi yang saya miliki seperti desain, karena saya juga ingin mengasah pengetahuan dan memanfaatkan pengetahuan yang pernah saya alami selama ikut dalam organsasi dan bangku perkuliahan.

Sepucuk surat motivasi?

Tidak ada yang namanya salah jurusan. Berkaca dari pengalaman senior yang masuk dengan jalur lintas minat, mereka juga bisa menjadi orang-orang ahli akuntan. Faktanya akuntansi tidak hanya bisa dikuasai oleh jurusan IPS saja. Asal ada kemauan untuk mengasah diri, semua jurusan pasti bisa.

Pesan singkat saya untuk kalian, jangan merasa runtuh atau berkecil hati dikala sekelilingmu sudah nampak bersinar seakan sinarnya menutupimu. Jadilah panel penyerap cahaya, yang jika kau serap kau dapat menggunakannya sebagai tenaga yang lebih bermanfaat. Semangat!

Kode Konten: X161

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *