Akuntansi

Akuntansi Universitas Katolik Musi Charitas Palembang (Ardin)

Halo intipers. Perkenalkan saya Ardin, mahasiswa jurusan Akuntansi UKMC. Prodi ini ada di Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Akuntansi. Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Sulitkah Jurusan Akuntansi UKMC ?

Sebenarnya akuntansi bukan merupakan jurusan yang saya inginkan, bahkan tak pernah terpikirkan untuk bisa terjun dan mendalami jurusan ini. Bukan karena saya membenci atau menghindari jurusan ini tapi karena pada saat itu saya kebetulan anak IPA. Dalam mindset saya, yaa anak IPA harus kuliah di jurusan IPA pula. Tapi nasib berkata lain, akhirnya saya dimasukkan orangtua saya ke jurusan Akuntansi.

Pada awalnya saya mengira bahwa jurusan akuntansi pasti sedikit sulit dan ribet. Kita harus berhadapan dengan jurnal-jurnal, angka-angka bahkan laporan keuangan dari sebuah perusahaan yang pastinya sangat banyak. Namun ternyata ekspetasi saya tidak sesuai realita yang saya hadapi selama perkuliahan, yang pada awalnya menganggap akuntansi akan ribet tapi nyata tidak, justru di jurusan akuntansi saya merasa menemukan pation saya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Diawal perkuliahan saya tidak menemukan mata kuliah yang membuat saya ribet, justru mata kuliah yang saya dapatkan benar-benar sesuai dengan implementasi kehidupan kita. Begitu pula dengan matakuliah disemester-semester berikutnya, semua bisa saya ikutin dengan baik dan mendapatkan nilai sesuai keinginan saya. Sehingga akuntansi sekarang menjadi bagian dari kehidupan saya, dengan akuntansi saya juga bisa membantu banyak orang seperti saya mengikuti kegiatan Relawan Pajak yang diadakan oleh DJP Sumsel dan Kep. Bangka Belitung.

pmb2-min

kegiatan Relawan Pajak di Kantor Direktorat Jendral Pajak Kanwil Sumsel dan Bangka Belitung

Apakah jurusan akuntansi hanya berfokus pada hitungan dan analisis laporan keuangan saja?

Bicara tentang apa saja yang dipelajarin di jurusan akuntansi, memang tidak jauh dari mata kuliah yang berhubungan dengan analisis dan hitungan seperti mata kuliah Akuntansi Keuangan yang mengharuskan kemampuan hitungan dan analisis serta hapalan (khususnya hapalan jurnal hehehe), kemudian ada akuntansi manajemen yang lebih mengharuskan kemampuan analisis atau ada juga perpajakan yang lebih fokus ke hitungan pajak dan hapalan UUD perpajakan.

Apakah kita hanya belajar tentang ilmu runtutan akuntansi saja, tentunya tidak kita juga akan belajar tentang hukum bisnis, ada juga matakuliah Bahasa Indonesia atau juga Bahasa Inggris. Banyak hal yang bisa kita temuin di jurusan akuntansi, yang paling menarik di UKMC anak Akuntansi banyak yang tertarik kepada dunia pasar modal khususnya investasi saham. Pasar Modal juga ada dalam mata kuliah jurusan akuntansi yang merupakan turunan dari ilmu akuntansi keuangan. Jadi jangan takut kalo di akuntansi kita hanya menemukan mata kuliah hitungan saja, tapi banyak mata kuliah yang dapat kita jumpain.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Anak Akuntansi bisa aktif organisasi gak ya?

Banyak orang bilang bahwa mahasiswa akuntansi nii kebanyakan kutu buku, mereka hanya sering dengan buku-buku dan jarang untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bahkan anak akuntansi sering disetarakan dengan anak kedokteran, artinya di fakultas kedokteran yang pinter adalah anak kedokteran sedangkan di fakultas ekonomi yang pinter adalah anak akuntansi. Sehingga mereka tidak cukup banyak waktu untuk bisa bergabung atau ikut suatu organisasi.

Tapi tidak dengan saya, justru saya memilih untuk dapat mengikuti banyak organisasi sesuai dengan kemampuan saya. Karena menurut saya kemampuan softskill dan hardskill harus berjalan beriringan. Organisasi yang saya ikutin adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (menjabat sebagai Koordinator Divisi Pengembangan Minat dan Bakat), Ikatan Putra Putri Musi Charitas (menjabat sebagai Sekretaris I), Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (menjabat sebagai Kepala Divisi Promosi) dan Organisasi Keluarga Mahasiswa Budhis Palembang (menjabat sebagai Kepala Divisi Sumber Daya Manusia) serta saya menjabat sebagai Wakil II Putra UNIKA Musi Charitas 2020. Dengan mengikuti banyak kegiatan itu, tidak membuat pembelajaran saya di jurusan akuntansi terganggu justru dengan banyaknya organisasi maka saya banyak mendapatkan ilmu yang tidak saya dapatkan di pembelajaran kelas seperti kekompakan team, kerjasama, solidaritas dan masih banyak lagi. Dan menurut saya, “Nilai dan Organisasi adalah satu kesatuan yang akan membuat kita menjadi pribadi yang tangguh dan berwawasan”

Prospek kerja jurusan akuntansi UKMC

Yang harus kita ketahui, jurusan Akuntansi ini ternyata banyak sekali peminatnya. Selain banyak peminatnya, jurusan akuntansi ini juga banyak pendaftarnya  karena lapangan pekerjaan di bidang akuntansi yang sangat luas. Yaa, profesi di bidang akuntansi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Sebab akuntansi dibutuhkan oleh semua bidang bisnis, baik itu model bisnis apapun. Semuanya pasti membutuhkan seseorang yang ahli di bidang akuntansi. Bisa dikatakan  akuntansi adalah “nyawa” dari administrasi perusahaan. Besar kecilnya sebuah perusahaan, ia tetap membutuhkan akuntansi meskipun takarannya yang berbeda. Kita bisa menjadi seorang konsultan pajak, akuntan, tenaga pendidik dan lainnya.

Kode konten: X440

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *