Akuntansi, Universitas Muhammadiyah

Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang (Anggrian)

Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang (Anggrian)

Hallo, let me introduce my self, namaku Anggrian Faulina Permatasari. Aku salah satu mahasiswi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang, untuk mahasiswa seangkatanku (2018) aku biasa dipanggil Faul. In here, I’ll tell you about accounting. So, let your self to read this article.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Sesulit itukah Akuntansi?

The first, apakah kalian pernah berpikir kalo akuntansi itu salah satu pelajaran yang sulit? Tenang aja, aku dulu juga mikir kalo akuntansi itu sulit. Apalagi buat kalian yang dari SMA jurusan IPA dan sama sekali engga mengenal akuntansi. Eitss, tapi jangan salah dan kalian ga perlu minder dengan anak jurusan IPS, berbanggalah kalian jika kalian jurusan IPA, karena kalian dipercaya akan lebih mudah mempelajari akuntansi dengan cara kalian.

Slide5

Akuntansi itu berhubungan dengan uang tapi gaada wujudnya? bener banget sih, kita ngitung uang, ngoreksi laporan tanpa kita tau wujudnya. Tapi ini yang bikin Akuntansi seru, kalo gaada wujudnya uang aja kalian masih salah ngitung, gimana kalo uangnya ada? haha

Mata Kuliah Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang Apa Aja sih?

The second, mata kuliah apa aja sih yang ada di akuntansi? Kebetulan, aku adalah mahasiswa semester 5. Jadi udah lumayan banyak matkul yang aku ambil. Tapi, pas kalian semester 1 itu masih dapet matkul yang sama dengan jurusan Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan yaitu diantaranya ada mata kuliah wajib AIK (Al Islam Kemuhammadiyahan), dan beberapa mata kuliah pengantar. Ada Pengantar Ekonomi Makro, Mikro, Bisnis dan tentunya yang engga ketinggalan yaitu Pengantar Akuntansi. Di semester berikutnya ada Fiqh Mu’amalah, Hukum Bisnis, Kewirausahan, PPKn, Statistika, Pelaporan Keuangan, Perpajakan, Manajemen Keuangan  dan masih banyak lagi yang pastinya engga kalah seru. Di Akuntansi UMM, mata kuliah yang menurutku paling seru adalah mata kuliah yang identic dengan laporan, yaitu Praktikum Keuangan Akuntansi. Kenapa? Karena selain ruang laboratorium yang bikin betah berlama- lama, asisten laboratorium Akuntansi bikin mahasiswanya betah memperhatikan lama- lama. Bukan hanya ganteng/ cantik tapi juga karena kecerdasan yang mereka miliki.

Mata kuliah kedua yang berkesan di Akuntansi dan pastinya di UMM adalah FLSP (Foreign Languange of Spesific Purpose). Alasannya karena di UMM mengadakan gelar kelulusan untuk mahasiswa/i yang telah menempuh mata kuliah FLSP ini selama 2 semester. Dan 10 lulusan terbaiknya akan mendapatkan tawaran menarik dari Iro UMM mengenai tawaran beasiswa ke Luar Negeri. Siapa sih yang gamau dapet kesempatan emas kaya gini?

Tantangan untuk Mahasiswa Baru Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang?

Nah, buat kalian mahasiswa baru utamanya Jurusan Akuntansi, tantangan utama kalian yaitu Laporan Keuangan Perusahaan, tentang bagaimana kalian membuat laporan, menyeimbangkan sisi kredit dan debit. Meskipun Akuntansi bukan hanya tentang debit dan kredit, tapi kalian butuh ketelitian saat membuat laporan dan melakukan koreksi jika setiap sisinya memiliki perbedaan nilai.

Lalu, Gimana Prospek Kerja alumni Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang?

Last but not least, prospek kerja akuntansi itu banyak banget. Kalian bisa mendirikan kantor Akuntan, menjadi pegawai bank, Auditor, Management Keuangan dan masih banyak lagi.

Kode konten: X387

anggrianfp
Welcome to my article... Hallo I'm Anggrian Faulina who have been studying at University of Muhammadiyah Malang. Are you want to know about Accounting Department? I'll share my stories. Hopefully you're enjoy.. let's check :)

Komen dibawah! 1

  1. TIFANI PUTRI VAHRY

    Assalamu’alaikum kak.. Aku fani.
    Aku pengen nanya-nanya kak.
    Jadi gini aku kan sekarang kelas 12 rencana InsyaAllah aku pengen ambil jurusan akuntansi. Jadi aku pengen tanya ke kakak, aku kan SMA dari jurusan IPA apakah bisa masuk ke jurusan akuntansi? Gimana rasanya ya kak bersaing dengan anak yang dari jurusan ips pas SMA atau dari yang SMK? mereka kan udah punya modal gitu untuk masuk jurusan akuntansi,apakah sulit bersaing sama mereka nanti kak? Trus akuntansi ni, nilai SMA yang harus menonjol nilai apa ya kak untuk SNMPTN dan minimal nilai rata-rata rapor berapa kak? ? Apa-apa aja mata kuliah yang akan dipelajari? Kalau pengen jadi konsultan Bank atau kepala cabang gitu jurusan yang tepat apa ya kak di kuliah nanti, apakah akuntansi yang tepat nya kak? Kakak dulu SMA dari jurusan apa?kakak masuk jalur apa masuk kuliah? Dan kakak pengen kerja nya sebagai apa?
    Terimakasih ya kak, karna aku bisa bertanya-tanya.
    Aku harap kaka merespon pertanyaan-pertanyaan aku🙏

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *