Akuntansi

Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Leo)

Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Leo)

Halo sobat intipers! Aku Enrik Leonard Tamba dari Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta seperti apa?

Suatu jurusan yang mempelajari tentang membuat laporan keuangan dengan berbagai metode dan cara yang telah di tetapkan, untuk di Atma Jaya, jurusan akuntansi ini ada di Fakultas Bisnis dan Ekonomi, bareng sama jurusan manajemen dan ekonomi pembangunan. Spesialnya di jurusan ini, kalo temen-temen e-book bukunya, kita di awal bakal di kasih Ipad sebagai modal dalam belajar, jadi buku kuliah yang berbahasa inggris ada di situ. Mitos di anak akuntasi harus jago itungan, harus bisa bahasa inggris, ngapain kuliah di jurusan akuntansi itu kan bakal tergantikan dengan teknologi.

Menurut sudut pandang ku, buat kalian yang mau masuk jurusan akuntansi ga usah yg expert banget dan bahasa inggrisnya masih bisa di mengerti, dan juga tanggapan jurusan akuntasi bakal tergeser dengan teknologi dan informasi, aku berpandangan bahwa kemajuan teknologi membantu dan mengurangi kerjaan tangan dalam akuntansi, contohnya imput data, laporan keuangan, tapi analisa berpikir yang cepat ga akan bisa di gantikan oleh teknologi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Dulu awal masuk jurusan, waktu SMA pas kelas 12 baru bener-bener ketemu akuntansi, terus asik banget, mencatat, menjurnal, buat laporan keuangan dengan kertas lajur, menghitung semua balance antara debit dan kredit, jadi challenge banget, terus prospek kerjanya juga lumayan menjanjikan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di akuntansi jelas judul depannya pasti ada akuntansi, ada akuntansi keuangan 1, 2, 3 terus akuntansi keuangan lanjutan, ada akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntasi bisnis, dll. Di awal kalian bakal di kasih pengantar, jadi buat kalian yang dari IPA ga usah khawatir, semester 1 dan 2 seperti akuntansi pengantar, bisnis pengantar, matematika ekonomi, statistik, dan nanti bakal berlanjut di dalami lagi semester 3 dan 4.

Mata kuliah yang menarik menurut aku ada AKM atau akuntansi menengah dan akuntansi biaya, jadi paling menantang, waktu semester 2 dan 3 ini, karena aku dengar dari kating minimal ngulang satu kali mata kuliah itu dan baru lolos, oh memang materinya cukup susah, sampai saat ini uang kuliah ini masih lolos. Jadi betul di mata kuliah akuntasi menengah itu bukan hitungan tambah kurang bagi, tapi bagaimana kita berpikir dari suatu kasus atau soal, misalnya dalam kejadian ini akun apa yang terpengaruh, cara mengejarkan atau metodenya seperti ini, hasil akhirnya harus seperti ini.

Tugas seperti biasa bikin jurnal, analisis kasus, satu yang unik kita mahasiswa akuntansi ga jauh dari kalkulator dari bunga bank dll. Jadi buat yang khawatir harus jago ngitung, ga juga, kita pakai kalkulator kalo ujian. Tugas biasanya kita di kasih soal terus diminta buat jurnal pembelian, jurnal penyesuaian di akhir tahun, jurnal pembalik, samai membuat laporan keuangan secara utuhnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kita bilangnya peminatan, ada 6 bidang. Yang pertama ada akuntansi keuangan, bakal belajar akuntansi internasional, akuntasi perbankan. Lalu di akuntansi manajemen kita belajar entitas mikro, kewirausahaan, akuntansi untuk entitas mikro tadi. Akuntansi sektor publik kita belajar akuntansi pemerintahan, akuntansi forensik. Lalu ada pengauditan, kita belajar peraktik-praktik audit, seperti lingkungan internal dan eksternal. Yang kelima ada keuangan daerah dan perpajakan, untuk teman-teman yang menghitung pajak dan ilmu pasti bisa masuk ke sini. Yang terakhir ada sistem informasi, kita belajar manajemen basis data. Bisa di ambil semester 4, kebetulan aku lagi ngambil akuntansi keuangan salah satunya akuntansi perbankan. Sebenarnya aku pilih ada dua yang pertama di perpajakan dan akuntansi keuangan, jelas dalam menjurnal aturannya udah ada, konsentrasi yang cukup sulit tapi memang baik ke depannya. Kita diminta sampai skripsi pilih satu.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Waktu dulu sebelum corona, temen-temen bisa milih jalur raport, jalur tes, dan jalur beasiswa. Di Atma Jaya ada beasiswa buat temen-temen yang membutuhkan. Ada beasiswa bidikmisi, beasiswa PSSB untuk mahasiswa berprestasi. Pada saat udah masuk kuliah pun ada banyak banget beasiswa yang bisa diambil, seperti beasiswa BRI, Djarum, yayasan. Kalau jalur raport udah dari november kalo ga salah dibuka. bisa temen-temen cek di @kkp_uajy, untuk sekarang lagi di buka unggulan raport ke 4. Ada raport, rangking, beasiswa-beasiswa. Kalo sebelum pandemi ada tes, kalo sekarang ga ada. Jadi mengandalkan raport, prestasi dan beasiswa. Bisa cek langsung di instagramnya.

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Banyak-banyak belajar konsep dari akuntansi, karena masing-masing soal ada cara-caranya tersendiri dalam mengerjakan maupunn menyelesaikannya. Membangun relasi dengan teman-teman seperjuangan, walaupun online gini. Kita cari temen lewat chatting. Bina hubungan baik dengan kating, karena kating itu sosok yang bisa memberikan penjelasan karena mereka satu tahun di atas kita jadi lebih ngerti. Juga bangun hubungan yang baik dengan dosen. Di Atma Jaya ada yang namanya asisten mata kuliah, jadi buat temen-temen yang kurang paham ikutin asistensi. Apalagi kalo di kelas dosen kan ga bisa kita kontrol, mau tanya kurang segan. Kita bisa tanya ke asistennya, terus mulai cari-cari dari sekarang untuk peminatannya mau ambil yang mana.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja akuntansi terkenal banget jurusan yang serba bisa di tempatin di mana aja. Prospek kerja nya luas. Bisa jadi akuntan di perusahaan, akuntan publik, auditor internal, tenaga pendidik baik jadi guru maupun dosen, alumni sendiri kurang lebih kerja di sektor perbankan, di perusahaan-perusahaan sebagai akuntan internal.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengennya studinya tepat waktu, ga ngaret dengan nilai memuaskan, setelah lulus dapat bersaing di dunia pekerjaan, impian aku pengen jadi auditor atau konsultan pajak, karena aku suka banget di jurusan itu, kemanapun nanti kita melangkah masih jadi misteri, jadi nikmati aja prosesnya.

Kode konten: C446

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *