Akuntansi, Universitas Indonesia

Akuntansi Universitas Indonesia (Akmal)

Akuntansi Universitas Indonesia (Akmal)

Halo sobat intipers! Aku Akmal Haidar Nusantara, biasa dipanggil Akmal. Sekarang di semester 7 Akuntansi Universitas Indonesia. Selain kuliah, aku sekarang menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi UI. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Akuntansi Universitas Indonesia itu seperti apa?

Akuntansi itu ada di fakultas ekonomi bisnis atau yang sering disebut FEB UI.

Kita jelasin dulu ya akuntansi itu belajarnya apa, karena beda banget nih akuntansi waktu SMA sama di kuliah. Regardless background SMA-nya mau IPA/IPS, sebenernya gak terlalu berpengaruh. Pelajaran akuntansi SMA itu  masih setengah semester, bahkan gak ada 1 semester. Di perkuliahan kita belajar dari awal dan bener-bener semua konsep akuntansi itu dipelajari.

promo-web

Di UI sendiri, rangkuman perkuliahannya itu 4 semester awal kita belajar tentang fitur-fitur laporan keuangan. Empat semester selanjutnya kita lebih banyak pake laporan keuangan itu sebagai tools analisis kita untuk bisa menganalisis secara lebih fundamental dan luas, sama The logic behind kenapa laporan keuangan tuh harus begitu.

Iklim jurusan akuntansi itu kalau aku merasanya yang bisa dibilang anak taji-tajir lah jadi lebih kompetitif aja. Group diskusi terus belajar bareng itu sering banget, apalagi kalau mau ujian tuh semua orang belajar. Sebenernya itu lebih kepada culture di FEB pasti kampus sepi dan perpus penuh karena semua orang lagi belajar. Kalau anak akuntansi lebih intens aja belajarnya karena mata kuliahnya padat, bahkan mereka sampai les-les..

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Akuntansi Universitas Indonesia?

Dulu sebagai anak IPS, jurusan favorit itu antara akuntansi sama manajemen. Meskipun dulu ada opsi gak pilih kedua jurusan ini, tadinya mau HI. Tapi karena dorongan orang tua untuk masuk akuntansi. Begitu masuk bersyukur karena basic knowledge akuntansi itu luas banget, kita eksplornya lumayan banyak dan bisa ke mana aja dan kita diajarin untuk adaptif. Jadi meskipun dulu arahan orang tua tapi bersyukur banget masuk akuntansi. Dulu pengen coba aja akuntansi yang paling bagus, dan di UI gitu. Kalau suatu tempat paling bagus itu orang-orang hebat ngumpul di sana dan lingkungannya juga bagus.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Akuntansi Universitas Indonesia?

Terutama di 4 semester awal kita lebih sering disuruh untuk latihan soal untuk mata kuliah jurusan akuntansi. Di 4 semester awal itu pengetahuannya masih teknis, belum yang abstrak dan masuk ke konsep akuntansi. Mulai semester 5 mulai tugasnya paper dan presentasi.

Mata kuliah yang paling berkesan itu Analisis dan Valuasi Bisnis, kita menvaluasi sebuah perusahaan. Itu kaya mata kuliah puncak gitu semua mata kuliah yang udah diambil bakal kepake lagi di mata kuliah ini untuk jadi tools analisis.

Kalau praktik ada di beberapa mata kuliah. Misalnya, mata kuliah sistem informasi akuntansi itu praktik ngerjain SAP, mungkin temen-temen SMA belum pernah denger tapi anak-anak akuntansi pasti tahu itu apa. Terus ada lagi prakik Microsoft Visio. mata audit itu ada lab nya, tapi karena udah covid jadi kita dikasih softwarenya aja. Ada lagi mata kuliah bisnis digital, tapi itu beda-beda praktiknya tiap tahun biasanya. Di tahunku kita belajar coding, jadi meskipun anak akuntansi kita belajar coding lah meskipun yang paling simpel, at least kita ngerti basic logicnya. Terus di mata kuliah yang ngitung juga ada lab nya, tapi biasannya cuma sekali doang buat ngetes kemampuan teknisnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di UI mungkin berbeda sama kampus lain, jadi gak ada konsentrasi tapi ada mata kuliah pilihan. Nanti mahasiswa dibebasin karena ada kuota mata kuliah pilihan. Misalnya ada yang minat ke tax atau audit mereka ambil mata kuliah yang berhubungan ke sana. Jadi bisa aja kita belum tahu mau konsentrasi apa terus ngambil mata kuliah campuran dari semuanya itu bisa banget. Mungkin masuk ke semester 5 udah mulai bisa nemu minatnya dimana, karena ibaratnya basic knowledge akuntansinya itu udah di 4 semester awal. Semester 5 kita udah mulai masuk mata kuliah yang abstrak.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Pas tahunku itu mungkin ini beruntung juga ya, SIMAK UI gak ada jalur reguler, kuotannya full untuk SNMPTN sama SBMPTN. Aku Inge  kuota SBMPTN 140 orang dan SNMPTN 60 orang. Kalau sekarang jadi ada 3 jalur itu, kurang lebih 200 orang itu dari 3 jalur. Kuota SNMPTN 30 atau 40%, SBMPTN 40%, SIMAK UI 30%. Info lebih lanjut temen-temen bisa cek sosial media UI terutama FEB UI. Kalau mau spesifik tentang akuntansi UI bisa cek spa-febui.com dan @spafebui, kita sebagai himpunan akuntansi juga masih informasi segala macam baik untuk mahasiswa dan temen-temen SMA yang mau masuk Akuntansi UI.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kita haru temuin tujuan belajar kita selama 4 tahun, karena kalau gak punya tujuan itu agak susah menempatkan diri. Kita bakal ketemu banyak orang hebat dan keren, ketika kita tidak bisa menempatkan diri, akan sangat cape dan kita akan cenderung membanding-bandingkan diri kita sama orang lain. Ketika tujuannya sudah terdefinisi, nanti yang lain akan mengikuti. Orang-orang dan tempat-tempat yang bakal menemani kita selama 4 tahun itu pasti nanti akan sesuai sama tujuan kita.

Kalau tips untuk calon maba, yang bisa kau bilangin mungkin lebih ke spiritnya ya, karena kan itu 3,5 tahun yang lalu buat aku. Dulu tuh bangun tidur itu kepikirannya aku harus belajar dan harus persiapan sebaik mungkin. Pokoknya berjuang terus sampai  ngerasa ikhlas kalau misalkan gak masuk juga gapapa karena effortnya udah maksimal. Kalau belum merasa ikhlas berarti dinaikin usahanya. Terus, latihan soal itu pahami dulu konsep-konsep materinya karena latihan soal tanpa paham konsep itu nanti ganti soal bakal bingung lagi.

Kegiatan kepanitiaan

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Dulu paradigmanya lulusan akuntansi itu jadi akuntan dan ngurusin laporan keuangan. Sekarang karena teknologi juga makin canggih, laporan keuangan otomatis aja bisa jadi tanpa perlu bantuan akuntan. Jadi, sekarang itu karier lulusan akuntansi lebih luas lagi. Paling common itu jadi auditor, karena laporan keuangannya udah ada jadi kita kerjaannya ngecek laporan keuangan dan segala sistem yang nyiapin laporan keuangan. Lalu, karena kita belajar valuasi perusahaan, saham dan segala macam, profesi investment banker juga lagi populer di kalangan anak akuntansi. Itu semacam menjadi analis saham. Akuntansi juga basicly banyak belajar tentang pajak, maka bisa jadi tax consultant. Selain itu basicnya bisa jadi akuntan internal di perusahaan.

Harapan dan rencana ke depannya?

Kebetulan aku pengennya nyobain dulu jadi auditor. Referensi karirnya, memang anak akuntansi UI banyak lulusannya itu adu auditor. Itu karier awalnya. Aku pun mata kuliah pilihan banyak ke arah audit memang. Tujuan jangka pendeknya, aku bakal coba masuk ke kantor akuntan publik jadi auditor. Jangka panjangnya agak sulit  jawabnya, karena aku mau lihat dulu jadi auditor itu gimana. Karena pengen belajar dan mengaplikasikan ilmu yang udah didapat pas kuliah ini. Jadi untuk karier jangka panjangnya, lihat opportunity yang ada nanti.

Kode konten: C215

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *