Akuntansi, Universitas Kristen Indonesia

Akuntansi Universitas Kristen Indonesia (Trimides)

Akuntansi Universitas Kristen Indonesia (Trimides)

Halo sobat intipers! Trimides Christanto. Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Indonesia angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Indonesia itu seperti apa?

Secara garis besar, akuntansi itu adalah sebuah sen yang dimana kita bisa menentukan dulu jurnalnya yang akan dimasukan kedalam laporan keuangan tersebut.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Didalam akuntansi tersendiri, enggak bahas tentang keuangan aja, dalam dunia pendidikan, pemerintahan juga butuh.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Indonesia?

Alasan saya memilih jurusan ini yaitu dukungan orangtua, mereka itu tau bagian anak-anaknya. Mereka membimbing aku pribadi untuk menentukan pilihan jurusan, mereka menjelaskan prospek kerja akuntansi seperti apa. Tidak hanya di perusahaan saja, tapi seperti dunia pendidikan juga dibutuhkan.

Sebenernya untuk menyukai sendiri itu awalnya menyukai, pada saat di sekolah itukan ada tes skolastik minat bakat gitu kan, nah dulu pas tes skolastik itu dianjurkan ke akuntansi, tapi saya peminatannya sosiologi, sedangkan kalau di UN itu kan ada geografi, sosiologi, geografi.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Yang paling berkesan itu pengantar akuntansi, karena basic awalnya. Itu kalau mata kuliah enggak lulus, ita belum bisa naik ke tingkat selanjutnya. Pasti semua mahasiswa akuntansi harus punya mata kuliah akuntansi itu. Di akuntasi juga belajar menagemen, ada manajemen keuangan, operasional, pemasaran, itu membantu kita juga untuk memahami hal tersebut.

Kalau di universitas ini, dari soshum dan saintek jadi buat adik-adik yang mau masuk akuntansi bisa dari jurusan apapun di SMA. Kalau untuk praktikum, karena ini pandemi kan ya, mungkin kalau untuk praktikumnya kemarin ada praktikum perpajakan, dosennya ngasih SPT perusahaan,kita harus pahamin. Kemudian NPWP, dijelasin pakai vidio, kemudian di tayangin gitu, terus kita harus bisa jelasin ke dosennya tersebut. Untuk selama pandemi praktikumnya seperti itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau pengelompokan itu ada auditing, perpajakan, dan sistem formasi akuntansi. Kalau auditing itu lebih ke pemeriksaan, lebih ke bagaimana tingkat kesalahan penyajian perusahaan tersebut. Kemudian ada perpajakan, yang tadi itu, kita memahami PPN, PPNBN, PPH 21, dll dan perpajakan sendiri itu ada mata kuliah akuntansi perpajakan. Terakhir ada sistim informasi akuntansi, itu seperti e-commerce, bagaimana perusahaan itu menyimpan data dengan baik, bagaimana perusahaan bisa menghubungkan dari pelanggan dengan perusahaan. Kalau memilihnya itu di semester 6.

Tips untuk mahasiswa baru?

Untuk tipsnya, ya pasti utamakan belajar dulu, pahamin dulu basic awalnya. Di akuntansi ini menguji ketelitian, kalau liat di tiktok atau liat di curhatan akuntansi, balance aja belum tentu benar. Makanya harus bener-bener banyak ketelitian.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di akuntansi sendiri ada beberapa jalur masuk, yang pertama sibling, kalau putra/putri karyawan di kampus UKI, jadi jika orangtua nya punya anak, ada potongan biaya juga, ada juga saudara kandung yang masih mahasiswa UKI juga, yang ketiga anak dari saudara kandung yang pernah kuliah di UKI. Kemudian ada jalur masuk alih program itu adalah jalur alihan dari D3 ke S1. Kemudian ada juga jalur transfer, itu apabila bagi kampus lain yang mau pindah ke UKI, itu bisa di semester 3 dan 5, tapi harus berakreditasi yang sama dengan UKI.

Kemudian ada juga jalur reguler/umum, jalur reguler itu mengikuti tes ujian/ nilai rapot. Kemudian ada jalur prestasi, nah ini pakai nilai raport. Kalau jalur prestasi dan sibling ini pendaftarannya gratis. Buat ade-ade yang mau ke UKI, jangan khawatir, ada beberapa potongan dari UKI. Kemudian ada beasiswa seni dan olahraga, beasiswa ini, mereka minimalnya memenagkan itu tingkat regional, dan beasiswa ini selama 4 tahun. Minimal memiliki prestasi 3 tahun terakhir.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja itu luas, gak cuman di perusahaan saja, bisa di pemerintahan, dunia pendidikan, sekolah, universitas juga, bisa bekerja di badan usaha juga.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus kuliah, lanjut S2, kalau enggak kerja dulu baru lanjut S2. Karena saya pengen ngajar jadi dosen, karena kan syarat jadi dosen minimal S2, kalau ada rejeki lanjut S2. Antara pilih akuntansi atau manajemen

 

 

Q&A

  1. Apakah masuk akuntansi dapat mempermudah dalam usaha bisnis?

Kalau menurut saya sih dapat mempermudah, karena kita tau akuntnasi itu adalah ilmu tentang keuangan, karena kita bisa menganalisa terlebih dahulu, berapa yang kita jual sekarang, kemudian profit yang akan kita terima kedepannya. Karna kita paham bagaimana awalnya.

 

  1. Kira-kira kalau akuntnasi ini mau milih apa untuk konsentrasi?

Untuk nanti, kayanya pengen 2 yaitu audit sama pajak

 

  1. Prospek magang anak akuntansi bisa meliputi apa aja?

Banyak, kalau saya lihat, beberapa dosen kan kerja juga di akuntan publik, mereka jadi tim untuk mengaudit sebuah perusahaan, ada yang magang disan ajuga, ada juga di kampus merdeka, ada juga disana bagian teks, akuntan, disana juga ada bagian accounting, dan juga bukan 1 atau 2 doang yang buka magang, dan perusahaan-perusahaan besar yang membuka magang.

 

 

 

 

Kode konten: C657

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *