Akuntansi, Universitas Kristen Maranatha

Akuntansi Universitas Kristen Maranatha (Kezia)

Akuntansi Universitas Kristen Maranatha (Kezia)

Halo sobat intipers! Aku Kezia gabby dari jurusan Akuntansi Universitas Kristen Maranatha 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Maranatha itu seperti apa?

Biasanya kalau jurusan akuntansi belajar laporan keuangan seperti debit, kredit dan sebagainya. Tapi kalau kita berpikiran seperti itu, apa bedanya akuntansi SMA sama kuliahan. Jadi di perkuliahan biasa belajar lebih mendalamnya, kaya standar Akuntansi ke hukumnya juga.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau di SMA belajar jurnal sederhana, di perkuliahan belajar jurnal yang lebih rumit lagi. Jadi kita lebih tau laporan keuangan di perusahaan itu seperti apa. Juga kalau di akuntansi maranatha, jadi belajar pakai sistem laporan keuangan, sebenernya lebih ke database gitu.

Apa yang jadi alasan masuk Akuntansi Universitas Kristen Maranatha?

Jadi dulu waktu SMA, aku bingung mau jurusan apa. Waktu itu di SMA aku lagi booming online shop gitu, aku tertarik sama treding, aku nanya sama kakak kelas tentang akuntansi dan dijelasin kalau akuntansi itu selain belajar buat laporan keuangan, akan belajar tentang persahaman, karena kakak kelas aku bilang gitu, aku jadi minat ke akuntansi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

jadi kalau di awal semester, kami belajar dasar-dasar akuntansi. Kalau udah semester 3, kita belajar mulai mendalam tentang akuntansinya, itu belajar tentang standar akuntansi, kaya standar akuntansi sekarang itu PSAK, kita pelajarin dari semester 2-4. Kita belajar juga sistem informasi, baik itu sistem informasi manajemen, maupun akuntansi, jadi kita bisa tau laporan keuangan kita bisa meramalkan keuangan perusahaan kita di masa yang akan datang.

pmb2-min

Mata kuliah yang berkesan itu akuntansi keuangan menengah, karena aku masih minat belajar persahaman, sampai sekarang aku masih belajar, dan di akuntansi keuangan menengah itu juga kita belajar persahaman, baik perusahaan perusahaan, dan kita belajar standar akuntansi.

Jadi yang aku gak tau standar akuntansinya, jadi aku tau ternyata lporan keuangan itu gak sesederhana yang aku pelajarin SMA itu. Tapi rumitnya yang harus kita ikutin terus gitu kaya nonton film, kalau kita gak ikutin kita gak akan tau maksudnya apa. Terus ada matkul sistem informasi, kita belajar buat flowchart, kalau sekarang aku masih belajar tentang flowchart, jadi disitu kita belajar laporan keuangan itu gak selalu langsung dikasih ke bagian-bagiannya, tapi harus disimpen dulu ke database, dan gimana caranya kalau kita cari laporan itu kita dengan mudah mencarinya.

Biasanya materi tentang persahaman itu diselipin di setiap matkul, contohnya akuntansi keuangan menengah, pokoknya di pelajaran akuntansi-akuntansi itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi di akuntansi maranatha itu ada 4 yaitu ada akuntansi manajemen, keuangan, pengauditan, dan perpajakan. Akuntansi manajemen ini kita belajar mendesain sistem informasi gimana caranya sistem informasi itu untuk internal keputusan perusahaan.

Kemudian akuntansi keuangan itu gimana cara kita menyajikan informasi sesuai dengan standar akuntansi yang telah berlaku, contohnya kaya PSAK tadi. Kemudian pengauditan itu kita belajar tentang pengecekan, jadi kita harus lebih teliti dalam pengecekan, baik secara  laporan, sistem, kertas kerja, dan lain sebagainya.

Kalau untuk perpajakan kita diajari untuk menghitung dan mempersiapkan laporan fiskal, contohnya seperti pelaporan SPT atau kaya laporan pajak piutang sesuai dengan UU yang telah berlaku di Indonesia.

Biasanya konsentrasi ini diambil pada semester 6 karena untuk topik skripsi. Kalau aku pribadi pengen ambil akuntansi manajemen, karena di akuntansi manajemen itu seakan-akan kita sebagai manajemen gimana caranya laporan keuangan yang telah kita buat ini bisa jadi perencanaan keuangan perusahaan dimasa yang akan datang, jadi kita bisa melihat dari laporan keuangan yang telah kita buat, perusahaan ini kedepannya bisa lebih untung atau lebih rugi. Kalau lebih rugi, kita bisa lebih tau rencana apa yang akan kita kerjakan agar perusahaan ini tidak rugi.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk di maranatha itu banyak banget, dan aku masuk ke jalur yang prestasi. Kalau jalur prestasi in imenggunakan nilai raport dari kelas 10 sampai kelas 12 semester 1 itu minimal rata-rata 80, dan itu bisa dapet potongan sampai 70%. Kedua ada jalur masuk undangan, itu sesuai dengan sekolah masing-masing. Kalau sekolahnya udah punya relasi di maranatha, itu bisa memakai jalur undangan, dan bisa dapet potongan harga hingga 50%.

Kemudian ada jalur reguler atau jalur tes, itu terbagi 3. Ada smart payment, itu untuk kelas 12 jadi pake jalur tes, terus ada smart saving, kalau jalur ini bisa dari kelas 10, jadi bisa di cicil dari kelas 10, jadi untuk biaya masuknya itu terlihat lebih murah, karena udah di cicil dari kelas 10. Kemudian ada jalur UTBK, pendaftarannya itu menggunakan nilai UTBK. Masih banyak jalur-jalur lain, kalau misalnya mau lebih tau bisa ke websitenya maranatha yaitu www.maranatha.edu atau ke instagramnya joinmaranatha, karena disitu banyak banget informasi.

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Universitas Kristen Maranatha?

Kalau untuk calon mahasiswa, aku saranin masuk akuntansi jangan ngikut-ngikut dan akhirnya gugur di tengah jalan, pikirkan baik-baik, di tekunin dengan baik. Untuk para maba yang udah kuliah di akuntanasi aku saranin untuk lebih pahamin dasar-dasar akuntansi itu sendiri, karena kalau udah paham dasar-dasar akuntansi itu, untuk ke jenjang yang lebih tinggi itu bakal lebih mudah, karena kalau kita gak ngerti bakal lebih sulit sih kalau menurut aku, karena dsarnya juga kita gak tau.

Itu tips dari sisi akademik ya, kalau dari non akademik itu, perbanyak relasi dan juga join-join organisasi, karena di semester awal biasanya tuh tugas gak begitu banyak, dan pelajaran gak begitu susah, jadi kaya join organisasi lebih enak untuk nambah relasi dan pengalaman juga.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya luas banget, dan setiap perusahaan membutuhkan banget seorang akuntan, baik di bidang finance, di bidang perpajakan juga. Karena pasti setiap perusahaan itu butuh bidang perpajakan yang ngurus pajak, di BUMN juga dibutuhkan akuntan ini.

Jadi masalah prospek kerja itu luas banget dan dibutuhkan banget.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus, aku pengen kerja dulu di perusahaan startup, sembari kerja aku pengen punya kerja sampingan kaya sekarang juga, aku punya sampingan ada kerjaan lain. Aku pengen nerusin minat aku di bagian trading itu, karena menurut aku prospeknya bagus untuk kedepannya.

 

 

Q&A

  1. Apa bedanya ilmu politik sama ilmu pemerintahan?

Sebenarnya enggak beda jauh, mungkin secara garis besarnya ilmu politik itu mempelajari kekuasaan di pemerintahan, teori-teori politik, hubungan internasional, hubungan-hubungan politik, kemudian kalau ilmu pemerintahan, ruang lingkupnya itu lebih ke asas-asas ilmu pemerintahan, jadi kesimpulannya, ilmu politik itu lebih kepada kekuasaan kemudian kalau pemerintahan bagaimana hubungan pemerintah ke masyarakat.

  1. Bagamana cara kakak mengimbangi antara organisasi yang diikuti dengan perkuliahan yang dijalani?

Cara mengimbanginya itu kembali ke diri kita, bagaimana memanaje waktu kita, aku berorganisasi dari semester 3. Aku sempet sih ngerasa sibuk, sempet gatau gimana cara bagi waktu, sempet dilema, tapi alhamdulillah semakin kesini, aku udah bisa manaje waktu, kapan organisasi dan kapan perkuliahan.

  1. Di pemerintahan diajar juga tentang bisnis?

Jadi di ilmu pemerintahan ada mata kuliah kewirausahaan di semester 2, jadi kita diajarkan bagaimana cara berusaha, berdagang, kita kan gak tau kedepannya akan berwirausaha, atau gimana, jadi udah diajarkan dari perkuliahan.

 

Kode konten: C650

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *