Akuntansi

Akuntansi Universitas Majalengka (Ade)

Akuntansi Universitas Majalengka (Ade)

Halo intipers. Perkenalkan saya ade hidayat, suka di panggil ade, mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Majalengka angkatan 2017. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah saya selama 6 semester. Sebelumnya baru dengar universitas majalengka ya, universitas majalengka terletak di Kabupaten Majalengka yang berstatus swasta, kampus terbesar di kabupaten majalengka, kalian bisa cari di google tentang universitas majalengka kalau belum tau. Yuk, simak pengalaman saya selama di kampus biru.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa saja sih yang dipelajari di Jurusan Akuntansi Universitas Majalengka ?

Oke, seperti yang diketahui bahwa akuntansi adalah seni mencatat, meringkas, menganalisis dan melaporkan data tentang keuangan untuk mengambil keputusan pihak terkait diantaranya perusahaan, bisnis dan pemerintah untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Prospek kerja akuntansi sangat menjajikan karna terkait dengan uang secara senderhananya setiap perusahaan itu membutuhkan orang yang bergulat di bidang keuangan untuk membantu memperoleh keuntungan seperti halnya bisnis dan pemerintah juga. Saya banyak mempelajari hal yang belum pernah saya pelajari selama saya sekolah dan tidak terpikirkan sedikitpun berhubungan dengan pengetahuan akuntansi yang lebih luas, dimana saya belajar dari pengantar akuntansi sampai lanjutan akuntansi, selain itu juga banyak lagi yang tidak pernah saya terpikirkan, belajar tentang akuntansi syari’ah, perpajakan, audit dan banyak lagi lainnya pokonya seru, saya sangat seneng sekali bisa masuk jurusan ini karena saya juga suka namanya perhitungan.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit Akuntansi Universitas Majalengka?

Matkul yang dipelajari banyak sekali. Ada pengantar akuntansi, teori akuntansi, manajmen keuangan, akuntansi lanjutan, akuntansi pemerintah, perpajakan, akuntansi pajak, akuntansi syari’ah, sistem informasi akuntansi, auditing dan banyak lagi lainnya.

Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah perpajakan  dan akuntansi pajak. Hal yang menarik yang dipelajari di mata kuliah perpajakan ini adalah tentang pengenalan pajak dimana kita belajar dari dasarnya, kenapa sih pajak harus di pungut, apa manfaat pajak bagi kita, ketentuan umum dan tata cara perpajakan, perhitungan pajak dan pengenalan pasal pasal terkait pajak, yang saya paling inget banget itu pph pasal 21 tentang pajak penghasilan dan badan.

pmb2-min

Yang kedua, mata kuliah auditing. Di mata kuliah ini bagaimana saya diajarkan mengenal sejarah auditing, dasar auditing dari halnya mempelajari cara tahapan audit dari menilai, menanggapi dan melaporan, indepeden auditor, jenis opini, mengenal resiko, pokoknya lengkap seru banget ibarat saya tuh intel keuangan wkwk, keren pokonya auditing.

Sementara, dosen favorit saya yaitu Pak Rizal, Bu Eva, Bu Mawar dan Bu Melia. Menurut saya, mereka menyampaikan mata kuliah itu dengan sesederhana mungkin, sehingga yang di anggap rumit juga serasa mudah sekali untuk mahasiswa dan mahasiswi menyerap mata kuliahnya.

Tips untuk Maba di Jurusan Akuntansi Universitas Majalengka

Mata kuliah di jurusan Akuntansi banyak berkaitan dengan kehidupan. Contoh aja kita pengen membuka usaha kita bisa mengelola keuangan usaha dengan sendiri dan mengelola keuangan kebutuhan pribadi ataupun kita bisa bekerja di perusahaan dan pemerintah membantu membangunnya dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang kita punya. Maka, jadikan ilmu yang kita dapat sebagai senjata untuk mengatasi permasalahan yang kita miliki. Maka dari itu belajarlah sebaik mungkin lakukan yang terbaik untuk dirimu, orangtuamu dan orang lain. Jadikanlah itu menjadi motivasi karena belajar di akuntansi banyak sekali perhitungan dan tugas membuat semangat dan tidak semangat. Tuntaskan kuliahmu sampai selesai di wisuda nanti. Jangan lupa manfaatkan fasilitas kampus sebaik mungkin yang diantaranya :

Ikut berorganisasi !

Ada banyak fasilitas kampus yang di tawarkan untuk menambah pengatahuan. Mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, magang, dan banyak lagi lainnya. Manfaat dari kita ikut kegiatan tersebut kita bisa membagi waktu, belajar tanggungjawab, melatih kemampuan berkomunikasi, melatih kerja tim, melatih kepemimpinan. Itu akan ada di pekerjaan nanti dan sangat berguna akan membantu. Selain itu juga kita akan banyak relasi dan kenang-kenangan saat kita di kampus setelah lulus.

Oke, saya akan berbagi pengalaman saya di organisasi. Pengalaman saya di organisasi saya pernah di Senat Fakultas/BEM Fakultas Universitas Majalengka, dan sekarang saya di Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Tax Center Universitas Majalengka, Galeri Investasi BEI Universitas Majalegka, Dpk FEB GMNI, GenBI Komisariat Universitas Majalengka. Saya sangat senang berorganisasi di kampus, karena menurut saya organisasi di kampus itu wadah pembelajaran bahkan cari pasangan juga wkwk. Kenapa kok banyak sekali ikut berorganisasi ?. Karena saya suka tantangan wkwk, sebenarnya sih saya tuh coba-coba melatih kemampuan saya membagi waktu untuk belajar dan berorganisasi. Tapi perlu di ingat ya, ikut berorganisasi sesuai dengan kemampuan jangan terlalu banyak-banyak asalkan tanggungjawab dan bisa membagi waktunya.

Ketika mengikuti salah satu kegiatan organisasi

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana ?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumi kerja di perusahaan-perusahaan dan juga di pemerintah. Namun, ada juga jadi pembisnis kaya buka cafe, restoran makanan dan banyak lagi lainnya. Prospek kerja di bidang akuntansi bisa menjadi seorang akuntan publik, internal auditor, menjadi perencana keuangan, menganalisa keuangan perusahaan atau pribadi, konsultan pajak dan banyak lainnya, ada hal yang perlu di perhatikan jika pengen ahli di bidang tertentu dan kerja bidang tersebut contoh aja konsultan pajak, kita harus ikut sertifikasi profesi konsultan pajak yang di adakan oleh IKPI dengan mengikuti sertifikasi profesi 3 tahap diantaranya sertifikasi A, B, C, jika lulus satu tahap akan mendapatkan gelar BKP  tentu banyak sekali manfaatnya jika lulus sertifikasi tersebut dan banyak lagi sertifikasi profesi terkait akuntansi lainnya. Bicara terkait profesi akuntansi di universitas majalengka gelar sarjana S1 akuntansi yang dulu bergelar S.E dan sekarang menjadi S.AK.

Harapan dan Rencana setelah lulus ?

Jujur, harapan saya ingin segera menyelesaikan sarjana saya dan mendapatkan IPK yang sangat baik banget. Rencana saya, ingin sekali bekerja sambil melanjutkan kuliah saya ke jenjang lebih tinggi dan mengikuti profesi akuntansi, karena saya ingin menjadi seorang auditor dan menjadi pengusaha.

Kode kontenL X325

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *