Akuntansi, Universitas Negeri Malang

Akuntansi Universitas Negeri Malang (Ayu)

Akuntansi Universitas Negeri Malang (Ayu)

Halo sobat intipers! Aku Ayu Bahraeni Pramesti Utami dari Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang seperti apa?

Tentang keuangan di perusahaan, di sekitar kita banyak yang meremehkan jurusan kita, oh jurusan akuntansi ujung-ujungnya jadi penjaga kasir, padahal sebenrnya kit alebih dari itu, dulu aku pernah ikut seminar dan salah satu pembicaranya pernah bilang kalo jurusan akuntansi ibarat kata dokternya dalam bidang keuangan, bahkan sama halnya dengan di kesehatan, kalo dokter melakukan kesalahan pasti akan berakibat fatal, bisa meninggal, di akuntasi sama seperti itu, yang berakibat fatal bukan ke kesehatan tapi ke keuangan, perekonooimian, mau itu ke perusahaan atau suatu negara.

Contohnya, dulu salah satu perusahaan di Amerika, peruhaan multi nasional, dimana dia punya perusahaan banyak di berbagai negara, ternyata akuntannya bermasalah, perusahaannya collabs dan membuat krisis di Amerika yang berdampak pula ke berbagai negara, yang kita tahu krisis 2008, itu awal mulanya karena akuntan perusahaan Amerika ini membuat Amerika krisi dan berdampak pada beberapa negara, jadi bisa di bilang kita itu sebagai akuntan bukan hanya sebagai penjaga kasir, kita lebih dari itu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang?

Dulu belum kepikiran mau masuk akuntansi, karena dulu maunya masuk sipil, aku dulu basicnya IPA jadi ga kepikiran mau ke aukntansi, tapi waktu itu di SMA aku ada mata pelajaran lintas minat dan salah satunya ekonomi, lintas minat ekonomi membahas tentang basicnya akuntansi, di situ aku mulai enjoy, enak, nyaman, jadi aku mulai berpikir kayanya di sini pasion aku. Pertama aku lobi dulu keluarga, karena keluarga ga merestui aku ke akuntansi, jelasin dulu bahwa akuntansi bukan jurusan remeh tapi berharga, keluarga aku yakin, ya udah aku masuk deh ke akuntansi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada banyak, kita belajar perpajakan, perauditan, bank, wirausaha, kalo di kampus aku mulai semester 4 ke atas kita udah di kasih pilihan untuk konsentrasi, bisa milih ke pajak, pengauditan dan lain sebagainya, yang suka praktikum jangan khawatir, kita di akuntasi ada praktikum perpajakan, pengauditan, akuntansi, jadi ga usah khawatir, kita ga hanya belajar teori, kita belajar bagaimana siklus akuntasi, bagaimana akuntansi ini di dunia kerja. Dari selama 6 semester ini berjalan, aku tertari ke perpajakan karena luas, kalo membahas perpajakan kita berbicara tentang negara karena itu salah satu kontribusi terbesar untuk negara, jadi aku tertariknya ke sana, karena selain berhubungan dengan negara, dia juga yang paling kompleks, misalnya kalo aku kerja di perusahaan, aku bukan hanya mementingkan perusahaan tapi juga mementingkan negara juga, transaksi dan hukumnya kompleks, tapi itu tergantung minat anaknya masing-masing.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3, perpajakan, pengauditan, dan akuntansi nya sendiri. Jadi kalo praktikum perpajakan, perencanaan pajak, jadi kita merencanakan pajaknya perusahaan seperti apa. Untuk pengauditan ada praktikum audit, audit investigatif, audit berbasis IT, kita ga belajar ekonomi tapi belajar ilmu hukum. Untuk akuntansi ada akuntasi syariah sama praktikum akuntansi. Selain tiga ini, kampus menyediakan konsentrasi kewirausahaan, bank, juga investasi, sekarangkan digiatkan ayo investasi dari masa muda, kita akan belajar di dunia pasar modal itu bagaimana, trading, investasi itu sendiri, cara mengelola keuangan dengan baik bagaiaman. Kalo di kampus aku bisa pilih 2 konsentrasi, syaratnya dari semester 4 ke atas.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN, dan ada mandiri. Kalo sekarang mandirinya lewat tes, kalo zaman aku bisa pake nilai SBMPTN atau nilai raport atau nilai tes, lalu di mandirinya khas, dari ketiga jurusan yang kita pilih salah satunya harus diploma. Informasi lebih lanjut bisa cek di website UM sendiri, di http://um.ac.id atau di instagramnya Universitas Negeri Malang.

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Universitas Negeri Malang?

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Di akuntansi kita dihadapkan dengan banyak peraturan. Entah itu di perpajakan kita dihadapkan dengan peraturan perpajakan. Kalo di akuntansinya sendiri kita dihadapkan dengan peraturan standar akuntansi. Baik itu PSAK dan lain sebagainya. Jadi jangan pernah berhenti atau malas belajar. Mahasiswa baru apalagi basicnya IPA kaya aku mungkin takut masuk akuntansi karena ga punya pengalaman. Ga usah takut, asal kalian mau belajar semuanya akan terkendali, akan terlewati. Di akuntansi sendiri kita akan belajar tentang basicnya juga. Jadi ga usah khawatir yang merasa ga tau apa-apa tentang akuntansi. Kalo kata mamah ku jangan pernah takut untuk keluar dari pintu nyaman mu. Kalo kamu berada di dalam pintu tanpa pernah membuka kamu ga pernah tau ada apa di luar pintu itu. Jadi jangan pernah takut membuka pintu agar kamu semakin maju dan sukses. Hasil tidak akan menghianati usaha.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas banget, bisa kerja di perusahaan jadi akuntannya perusahaan, bisa jadi auditor, bisa jadi konsultan pajak, banyak, ga terbatas jadi penjaga kasir kaya tadi yang aku bialang di awal, bisa kerja di perusahaan, akuntan publik, kerja di kantor perpajakan, atau kita buka kantor konsultan pajak. Kalo alumni bermacam-macam ada yang kerja di perusahaan, di kantor akuntan publik, bahkan ada yang sudah membuka kantor akuntan publik dan konsultan pajak sendiri, karena kita ga bergantung aja sama perusahaan, bisa buka sendiri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana aku mau ambil sertifikasi di akuntan, kalo orang tua aku pengennya lanjut dulu S2, kalo bisa dua keinginan aku dan juga oang tua ku, S2 sekaligus sertifikasi.

Kode konten: C479

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *