Akuntansi

Akuntansi Universitas Pelita Harapan (Leonardo)

Halo intipers semua!, kenalin aku Leonardo Alvin, aku merupakan mahasiswa dari Universitas Pelita Harapan jurusan Akuntansi dengan konsentrasi pajak angkatan 2018. Disini aku ingin memberikan pengalaman ku kepada kalian semua, selama aku kuliah di UPH. Penasaran? Yuk baca sampai selesai ya seluruh pengalaman ku dibawah ini.

Apa yang dipelajari di Akuntansi Universitas Pelita Harapan ?

Secara teoritis Akuntansi sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang membahas pencatatan, meringkas, menganalisis data, hingga melaporkan data yang ada keterkaitan dengan transaksi keuangan. Namun banyak orang berpikir bahwa Akuntansi sendiri merupakan mata kuliah yang dikenal dengan hitung-hitungan? Membuat laporan keuangan?. Apabila kalian masih berpikir seperti itu anda salah besar.

Pada dasarnya pemahaman SMA dan perguruan tinggi sangatlah berbeda. Diperguruan tinggi ini seorang akuntansi dituntut untuk dapat mempraktikan ilmu akuntansi dengan standar IFRS (International Financial Reporting Standards) yang memiliki keterkaitan terhadap beberapa bidang seperti Audit, Manajemen Keuangan, Perpajakan, Investasi. Dan tidak hanya itu mahasiswa akuntansi didukung dengan software yaitu Accurate, sehingga dapat membantu pencatatan dari tradisional menjadi modern dengan menggunakan teknologi.

Mata kuliah menarik dan Tugas yang ada Di Akuntansi Universitas Pelita Harapan?

Diakuntansi UPH kita belajar hingga 50 mata kuliah berbeda disetiap semester dengan total 144 SKS ( Satuan Kredit Semester). Mata kuliah yang dipelajari diakuntansi UPH seperti Accounting Principle, Intermediate Accounting, Advanced Accounting, Corporate Finance, Taxation, Accounting Information System, dan masih banyak lagi, dari seluruh mata kuliah tersebut saya sendiri memiliki 2 mata kuliah favorit yang telah saya lalui. Yang pertama, yaitu  Standar Laporan Akuntansi Keuangan atau dikenal sebagai PSAK, PSAK ini belajar terkait membaca isi laporan keuangan perusahaan yang telah IPO, mulai dari laporan keuangan hingga catatan atas laporan keuangan.

Tugas dari pelajaran PSAK ini sendiri yaitu membedah perusahaan dengan melihat perkembangan perusahaan seperti contoh apakah perusahaan ini dari sisi pendapatan bertambah? Atau utangnya bertambah namun justru pendapatan menurun? Semua dianalisa disini. Hal yang paling terkesan menurut saya sendiri dengan dapat menarik kesimpulan atas analisa yang telah kita buat sehingga dapat melihat perusahaan tersebut secara luas. Lalu mata kuliah kedua favorit saya, yaitu Microeconomics atau dikenal dengan ekonomi mikro. Ekonomi mikro sendiri mempelajari menentukan harga pasar, supply and demand, teknik pengambilan keputusan dalam hal permintaan dan penawaran barang atau jasa. Tugas dari pelajaran ekonomi mikro ini memastikan bahwa mahasiswa dapat menganalisa dan mengalokasi sumber daya yang ada demi efisiensi perusahaan. Hal yang paling berkesan dan masih saya ingat hari ini terkait hukum yang diajari di ekonomi makro seperti hukum permintaan dan penawaran, hukum permintaan yakni ketika barang atau jasa turun, maka jumlah permintaan akan naik.

schooters

Konsentrasi di Akuntansi Universitas Pelita Harapan ?

Terdapat 3 konsentrasi di jurusan akuntansi UPH, yang pertama konsentrasi Audit, artinya kegiatan untuk memastikan data yang diberikan perusahaan sudah benar dan tidak ada manipulasi data, seorang yang melakukan audit disebut sebagai auditor. Pelajaran yang akan diterima apabila mengambil konsentrasi audit yaitu : Audit Kecurangan, Audit IT, Manajemen Audit dan Seminar Internasional Audit.

Konsentrasi kedua di akuntansi UPH yaitu Taxation atau perpajakan yang juga sedang saya sendiri ambil, didalam perpajakan sendiri kita belajar terkait kewajiban wajib pajak untuk membayar pajak baik dia seorang wajib pajak pribadi maupun badan. Sesuai ketentuan PPh (Pajak penghasilan). Pelajaran yang akan diterima apabila mengambil konsentrasi perpajakan yaitu : Perencanaan Pajak, Audit Pajak, Akuntansi Perpajakan dan Perpajakan Internasional.

Lalu konsentrasi terakhir yang ada di jurusan akuntansi UPH yaitu Akuntansi Manajemen. Akuntansi Manajemen mempelajari terkait cara identifikasi, analisa, hingga mengukur informasi yang ada itu relevan atau tidak sehingga dapat membantu mencapai tujuan perusahaan. Pelajaran yang akan diterima apabila mengambil konsentrasi Akuntansi Manajemen yaitu : Sistem Pengendalian Manajemen, Akuntansi Manajemen Lanjutan, Manajemen Resiko, dan Laporan Keberlanjutan.

Tips-tips untuk Maba di Akuntansi UPH

Tahun pertama bagi mahasiswa Akuntansi UPH, menurut saya pribadi pelajaran masih sedikit sama dengan SMA. Apabila mengambil pilihan IPS waktu SMA. Tahun pertama dapat juga memaksimalkan dengan mengikuti berbagai organisasi atau acara yang ada dikampus. Dengan itu dapat melengkapi CV kalian waktu ingin melamar kerja. Mungkin beberapa dari temen-temen semua pasti malas untuk berorganisasi dan ikut kepanitian, tapi percayalah tujuan kita ikut kepanitian atau organisasi terletak pada “Networking”. Secara tidak sengaja kita membentuk pertemanan baru dan tidak ada yang tidak mungkin saat lulus. Temen yang kamu kenal dikepanitian atau organisasi itu yang membantu kalian dapat pekerjaan dan hal lainnya.

Namun untuk kalian Maba atau mahasiswa baru UPH kalian tidak perlu takut sama sekali. Nanti ada mentor yang akan membantu kalian beradaptasi dalam lingkungan kampus. Mentor sendiri akan membantu memberikan informasi dari akademik hingga non akademik. Mentor merupakan senior di Universitas Pelita Harapan. Tips terakhir yang ingin saya berikan terkait fasilitas. Gunakan seluruh fasilitas yang ada karena di UPH! Fasilitas sangat lengkap dimulai dari tempat fitness, kolam renang, tempat gym, lapangan badminton, futsal, bola kaki, hingga basket. Jadi tidak ada alasan fasilitas tidak mendukung karena semua di UPH sangat mendukung mahasiswa untuk berkembang.

Prospek kerja dan para alumni

Ketika temen-temen telah berhasil lulus dan menyelesaikan pembelajaran di UPH. Temen-temen akan mendapat gelar S,Ak. Atau sarjana akuntansi. Lulusan para akuntansi sendiri dan alumni UPH dapat mengarah menjadi Akuntan Keuangan, Akuntan Manajemen, Auditor, Konsultan, Analis dan Pelaku Bisnis yang kompeten, berintegritas, memiliki perspektif dunia akuntansi secara holistis, memiliki karakter Ilahi dan berstandar internasional.

Rencana dan Harapan setelah lulus?

Saya sendiri masih merupakan mahasiswa aktif di UPH. Rencana saya apabila lulus, yaitu melamar perkerjaan ke perusahaan-perusahaan startup atau perusahaan big four. Namun untuk masuk ke sana tentunya sangat sulit, banyak tahap screening. Maka dari itu saya mencoba untuk menyiapkan segala kebutuhan yang dapat menunjang saya agar dapat dilirik oleh perusahaan startup atau perusahaan big four. Seperti CV, Lisensi, dll.  Harapan saya kedepannya saya dapat menjadi seorang yang berdampak bagi Negara Indonesia.

Terima kasih telah membaca. buat kalian yang bingung langsung ada bertanya di kolom komentar segera mungkin akan saya balas. Sekali lagi terima kasih Tuhan memberkati.

Kode konten: X490

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *