Akuntansi, Universitas Pembangunan Panca Budi

Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi (Nabila)

Halo sobat intipers! Aku Nabila Ulfah Riandika dari Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi?

Secara garis besar Akuntansi ga cuma mengitung income masuk dan keluar. Lebih dari itu, Akuntansi dengan segala mekanisme penjurnalan ketika kita berhitung yang ada membentuk pola pikir kita agar lebih runtut. Itu salah satu hal yang aku dapatkan disini. Akuntansi bisa dibilang prodi yang umum, bisa digolongkan eksakta dan non-eksakta.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Akuntansi?

Karena memang awalnya aku bukan anak yang suka Matematika tapi kita harus mempelajari kelemahan kita untuk menjadi kelebihan. Aku suka tantangan dan masuk Akuntansi adalah tantangan yang harus aku hadapi. Aku gabisa menghitung tapi aku gabisa stuck terus di zona nyamanku. Aku mau menyukai hitung-hitungan.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Akuntansi?

Salah satu uniknya jurusan Akuntansi itu kita gacuma belajar pencatatan perkantoran tapi belajar juga strategi bisnisnya hingga struktur organisasinya. Bisnis itu kan bersifat general, bisa dari perilaku hingga incomenya. Akuntansi itu banyak ada akuntansi keuangan, akuntansi publik. Kita juga belajar perpajakan hingga auditing. Untuk PKL tentu ada, tapi kalau aku punya saran, sekarang pemerintah kan buka fasilitas pendidikan mungkin kalian bisa ambil program MBKM sehingga kalian bisa mengimplementasikan teori langsung ke lapangan.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi?

Kalau untuk konsentrasi kebetulan di kampusku saat ini ada 2 yaitu akuntansi publik dan auditing.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Untuk jalur masuk ada jalur beasiswa, prestasi, bidik misi dan kebetulan aku penerima beasiswa Bank Indonesia yang bisa kita ikuti dari semester 4 hingga 7. Jadi jangan takut apabila terkendala biaya. Ada juga jalur reguler.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Bicara tips and trick yang pasti kita jangan malas baca. Jurusan Akuntansi akan banyak membaca. Kita juga harus aktif misalnya dengan ikut perlombaan. Satu langkah kita menunjukkan sebuah keberanian. Gagal hari ini, kita coba lagi besok. Lalu rajinlah mengikuti seminar atau webinar. Paling tidak 30-40% ilmunya akan masuk ke otak kita.

Prospek kerja dan alumni jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi seperti apa?

Kalau berbicara prospek kerja alumni biasa kan kerjanya di kantor, tata usaha. Tapi gacuma itu, banyak senior yang menjadi anggota dewan. Rata-rata lulusan Akuntansi sih masuk KJA atau kantor-kantor auditor.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Untuk rencana saat ini membangun beberapa bisnis. Karena anak muda lekat dengan ekonomi kreatif kan. Ada juga sih keinginan lanjut S2. Harapannya untuk kita yang masih kuliah agar berani mengambil tantangan dan berbicara. Berbicaralah ketika kita tahu persis apa yang kita bicarakan.

 

Kode konten: C987

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.