Akuntansi

Akuntansi Universitas Perjuangan Tasikmalaya (Andrian)

Akuntansi Universitas Perjuangan Tasikmalaya (Andrian)

Hi..Assalamu’alaikum teman-teman Intipers. Perkenalkan Nama Saya Andrian Nurfadillah. Saya mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Perjuangan (unper) Tasikmalaya angkatan 2017. Disini saya ingin sharing pengalaman kuliah yang telah saya lalui hingga semester 6. Semoga teman-teman dapat suatu hal yang baik dari pengalaman saya ini. Yuk,disimak dan dibaca dengan baik ya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana belajar dijurusan Akuntansi Universitas Perjuangan?

Oke Teman-teman Intipers mungkin pada dasarnya semua tau bahwa Akuntansi merupakan mata kuliah/pelajaran yang identik dengan hitungan. Akuntansi  merupakan suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan uang dan dijadikan sebuah laporan keuangan untuk bisa diambil keputusan oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

Pada umumnya sama dengan universitas-universitas yang lain. S1 Akuntansi Universitas Perjuangan juga membahas total ilmu yang berhubungan dengan Keuangan dan ekonomi. Namun banyak stigma bahwa Akuntansi ini merupakan pelajaran yang monoton dan terkesan hanya identik dengan angka-angka saja. Namun bagi saya, akuntansi lebih dari sekedar hanya angka. Akuntansi mengajarkan untuk bisa menganalisis suatu transaksi yang nantinya akan di post-kan ke kolom debit atau kredit. Itu semua membuat anak-anak akuntansi teliti dan ulet tak hanya dalam proses mengerjakan saja tapi dalam tindakan yang mereka lakukan juga. Selain itu Akuntansi mengajarkan agar tak mudah menyerah karena setiap angka yang tidak balance pasti anak akuntansi akan mencarinya sampai pengerjaanya menjadi balance. Tantangan banget kan ya? Tak hanya belajar mengenai Akuntansi, di jurusan akuntansipun kita belajar mengenai dasar-dasar Mata kuliah Manajemen juga.

Apa saja mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Akuntansi Universitas Perjuangan?

Akuntansi Unper tidak hanya melulu mengenai Pelajaran akuntansi. Kita juga ditunjang dengan berbagai mata kuliah seperti Perpajakan, auditing, perbankan, statistika serta sistem informasi baik itu sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajamen. Selain itu juga, pada semester awal (Tingkat 1 dan 2) kita juga diberi mata kuliah primer seperti Agama, Bahasa Inggris,Kewarganegaraan dan yang paling khas di Jurusan S1 Akuntansi Unper adalah mata kuliah Seni Budaya Kearifan Lokalnya.

Disini banyak Sekali Mata kuliah yang bisa membuat kita paham akan ilmu baru didunia Akuntansi dan Ekonomi. Dan jika berbicara mengenai mata kuliah yang menyenangkan saya sangat senang ketika belajar Audit dan Perpajakan, karena itu merupakan mata kuliah yang menjadi salah satu jembatan bagi cita-cita saya yang ingin menjadi seorang Auditor Pemerintahan.

Namun ada mata kuliah yang juga lumayan menguras energi yang tidak sesuai dengan saya seperti statistika karena saya lemah dalam hitung-hitungan yang rumit,jadi saya harus belajar ekstra keras untuk bisa pada mata kuliah itu. Metode mengajar dosenpun menjadi pengaruh bagi saya untuk bisa memahamami kuliah dengan cepat.

Kegiatan organisasi

Tips Bagi Maba di jurusan Akuntansi Universitas Perjuangan

Pada awal semester mungkin kalian tidak akan menemukan kesulitan yang terlalu berarti. Namun memasuki fase semester 4-7 kalian akan menemukan sedikitnya kesulitan. Mungkin nantinya bisa membuat kalian benar-benar pusing, jenuh dan yang paling parah seperti yang pernah saya alami terlontar kalimat ” Apa gue salah milih jurusan?” Nah agar meminimalisir kemungkinan itu terjadi teman-teman harus sering membuat catatan khusus dan metode belajar yang benar-benar bisa kalian kuasai. Selain itu untuk mata kuliah ksusus seperti Akuntansi yang mempunyai tingkatanya seperti Pengantar Akuntansi, akuntansi keungan menengah 1, akuntansi keuangan menengah 2 serta Akuntansi keuangan Lanjutan 1 dan 2 catatannya jangan sampai hilang. Karena mata kuliah ini yang paling sering membuat saya kesulitan. Tak hanya berlaku bagi mata kuliah akuntansi saja. Catatan mata kuliah yang lainpun jangan sampai hilang ketika setiap naik semesternya.

Nah bagi temen-temen maba Akuntansi juga jangan hanya terfokus untuk mengasah soft skill tapi temen-temen juga harus mengasah hardskillnya. Bisa dengan mengikuti berbagai wadah pengembangan potensi seperti BEM, himpunan ataupun Unit kegiatan mahasiswa.

Prospek Kerja dan Pekerjaan Alumni

Prospek kerja Akuntansi sangat luas selain menjadi seorang Akuntan bisa juga menjadi seorang auditor ataupun kerja di Bank. Alumni dari S1 Akuntansi Unperpun banyak yang bekerja menjadi seorang Akuntan di Kantor jasa akuntan, pemerintahan dan menjadi Inspektorat di pemerintah.

Harapan dan Rencana setelah LULUS

Saya sangat berharap apabila Allah memberikan rizki kepada saya selain memberikan nilai yang memuaskan dari hasil belajar saya selama di perkuliahan. Sayapun berharap bisa menjadi lulusan terbaik serta dapat melanjutkan magister dan sekolah profesi diluar negeri. Setelah itu saya harap bisa segera bekerja sebagai Auditor di pemerintahan dan memimiliki founder beasiswa bagi orang-orang yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan.

Kode konten: X284

driannf
Hi..Saya Andrian Nurfadillah Mahasiswa dari Jurusan Akuntansi di Universitas Perjuangan Tasikmalaya.Peace be upon you ✌

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *