Akuntansi, Universitas Respati Yogyakarta

Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta (Fenya)

Halo sobat intipers! Fenya Candricha Jurusan Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta itu seperti apa?

Mempelajari tentang hitungan, mempelajari tentang membuat laporan keuangan, buku besar, dll. di jurusna akuntansi ini, sering banget dibilang orangnya pintar-pintar, yang sangat teliti, dekat dengan kalkulator. Jurusan akuntansi itu susah enggak sih? Susah enggaknya itu tergantung dari diri kita menjalaninya, jurusan akuntansi ini juga dituntut untuk detail, karena kalau yang atas salah, pasti kebawahnya pun salah.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta?

Untuk alasan aku ambil akuntansi itu karena aku lebih suka hitungan daripada teori, walaupun gak jago-jago banget. Pas ketemu temenku dikenalin di kampus universitas respati ada jurusan akuntansi, jadi kenapa enggak aku ambil akuntansi. Setelah temanku ngenalin, terus aku daftar dan keterima di universitas respati yogyakarta, udah deh langsung kuliah di universitas respati yogtakarta.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Untuk mata kuiah itu semuanya menyenangkan, cuman ada mata kuliah yang menarik itu ada kewirausahaan dan sosio plannership. Di mata kuliah ini kita diajari untuk bagaimana caranya membangun usaha, kendala-kendala dalam berwirausaha, berhubung sekarang kita membahas mata kuliah khas, mata kuliah kewirausahaan dan sosio plannership mengajarkan kita tentang usaha dan cara mengatasi kendala-kendala yang ada dalam usaha kita.

Berhubung disini saya sedang merintis usaha minuman boba yang saya namakan banyu ambyar. Awalnya saya hanya membuka 1 cabang yang sudah saya rintis pada awal pandemi kemarin tahun 2020. Awal saya merintis ini, karena ditempat saya belum ada yang menjual minuman boba yang sudah saya pikirkan jauh-jauh hari untuk membuka minuman ini. Kemudian saya bertanya kepada orang tua saya untuk membuka usaha, dengan model yang saya punya dan saya membuka usaha di rumah. Kemudian orangtua saya mengizinkan, dan alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan, dan alhamdulillaahnya lagi sekarang sudah ada 2 cabang.

pmb2-min

MC Seminar

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Bisa mengakses secara online, instagram, facebook, bia membuka website pmb.ac.id disitu sudah ada cara pendaftaran, sudah disediakan dan sudah ada beasiswa jika temen-temen yang lain terkendala biaya. Ada beasiswa KIP, hafizh qur’an, atau prestasi non akademik menggunakan sertifikat seni dan lainnya, selanjutnya yaitu beasiswa prestasi akademik. Bagi temen-temen yang di sekolahnya pernah mendapatkan juara, pernah juara, bisa mengajukan beasiswa prestasi.

Ada tips buat mahasiswa baru Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta?

Untuk akuntansi kita ini harus dituntut untuk membuat laporan keuangan, dan harus teliti membuat debit kredit harus balance semuanya, untuk mengatasi hal tersebut kita harus konsentrasi terlebih dahulu, sebelum kita mengerjakan soal, kita itu harus paham akan soal tersebut agar memudahkan kita untuk mengisi laporan tersebut agar tidak salah.

Jika kita belum mengerti tugas yang disampaikan, kita bisa tanya ke teman atau bahkan ke dosen. Pokoknya kalau tidak mengerti ini, jangan takut bertanya ke teman atau ke dosen, sudah pasti akan diajari sampai paham. pokoknya jangan mengenggap tugas kita susah, walaupun susah, kita jangan menyerah, mengeluh boleh tapi jangan sampai tidak dikerjakan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek jurusan akuntansi ini dapat bekerja di bagian keuangan, perbankan, kantor jasa akuntan, KAP (Kantor Akuntan Publik) bisa jadi auditor, KJA ini yang melayani jasa akuntansi.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Untuk harapan dan rencana saya setelah lulus, saya ingin banget bekerja di kantor jasa akuntan, dan membuat usaha makanan dan minuman diseluruh penjuru kota.

 

 

Q&A

  1. Apa yang melatarbelakangi kakak berwirausaha, dan kaitannya dengan pembelajaran kewirausahaan tadi?

kalau mata kuliah kewirausahaan itu, kita belajar untuk memasarkan usaha kita supaya mereka tau kita jualan apa, kalau di mata kuliah kewirausahaan itu, kita diajarkan untuk memasarkan produk kita dengan cara promosi di sosial media, terus memasang spanduk, menyebarkan brosur, pasang iklan, gitu.

 

  1. Sistem pembelajaran dari akuntansi ini gimana?

Untuk sistem pembelajaran akuntansi ini tidak hanya tentang hitungan, disini kita ada belajar ekstra, ada bahasa asing, kalau di akuntansi kita belajar bahasa mandarin, untuk akuntansi itu enggak semenakutkan yang kalian bayangkan, teori dapet, ilmu bisnis dapet, agama dapet, jadi gak selalu tentang hitungan, cara pembelajarannya juga menyenangkan, apalagi di unriyo dosennya asik, dan cara pembelajarannya juga asik.

 

  1. Boleh cerita sedikit untuk merintis penjualan boba itu? Terus cara menghadapi tantangan ketika pelanggan sedikit, itu bagaimana?

Untuk awal merintis ini, awalnya enggak terlalu memikirkan banget, enggak lama, karena ditempat aku belum ada yang jualan minuman itu, dengna modal sedikit dan izin orangtua, pokonya kalau kita pengen buka usaha, kita harus sungguh-sungguh, enggak cuman niat, tapi usaha juga. Cara menghadapi tantangannya itu kebetulan dalam kurun waktu 1 tahun ini, sudah banyak juga yang menjual apa yang aku jual, cara aku mendapatkan pelanggan lagi, dengan kita mempromosikan lagi, dan aku pribadi pernah awal sepi itu pas puasa kemarin itu lumayan sepi.

 

Kode konten: C750

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *