Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Surakarta

Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta (Wulan)

Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta (Wulan)

Halo sobat intipers! Aku Wulan Wahyuning Tyas dari Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta angkatan 2022. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta?

Kebidanan alih jenjang merupakan prodi alih jenjang dari D3 Kebidanan menuju D4 Profesi. Adik-adik yang sedang menempuh D3 Kebidanan yang ingin meningkatkan pendidikan lagi bisa melanjutkan ke alih jenjang D4 Kebidanan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan?

Sebelumnya saya memilih jurusan D3 Kebidanan, mengikuti jurusan saya saat SMK. Pada saat SMK saya berada dijurusan keperawatan. Untuk praktiknya kebetulan di Rumah Sakit Ibu dan Anak. Saya berniat untuk menjadi bidan karena praktik yang saya lakukan pada saat SMK. Saya mengambil D3 terlebih dahulu di Poltekkes Kemenkes Surakarta dan melanjutkan D4 di kampus yang sama.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan?

Poltekkes Surakarta ini merupakan kampus politeknik yang banyak praktiknya, 60% praktik dan 40% kelas teori. Saat D3 kemarin saya sudah masuk lahan praktik dari semester 2. Untuk alih jenjang, Oktober nanti saya sudah masuk lahan praktik. Kemudian saat pendidikan profesi nanti saya akan melakukan praktik baik di puskesmas maupun rumah sakit yang ditentukan oleh kampus.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta?

Untuk D3 nya sendiri memiliki keahlian yang membedakan dari kampus lain, yaitu konsentrasi terapi komplementer seperti baby spa atau pengobatan dengan jamu.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya ada PMDP (nilai rapor) dan uji tulis. Keduanya merupakan jalur reguler.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Buat adik-adik yang sekarang sedang studi D3 Kebidanan, jangan patah semangat. Kalau bisa ya lanjut lagi ke D4. Keberhasilan dimasa yang akan datang ditentukan dari diri kalian masing-masing.

Prospek kerja dan alumni jurusan Alih Jenjang D4+Profesi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta seperti apa?

Prospek kerja jurusan Kebidanan sendiri tentunya menjadi bidan ya. Namun ada juga yang menjadi tenaga baby spa baik di dalam maupun luar negeri. Kita diterapkan membuka pelayanan baby spa karena dibekali ilmu terapi komplemen yang sudah saya jelaskan tadi.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Untuk harapan saya setelah lulus dari sini saya bisa melanjutkan studi lagi ke jenjang berikutnya karena saya ingin meningkatkan ilmu untuk lebih saya kembangkan dan aplikasikan nantinya.

 

Kode konten: C976

Komen dibawah! 5

  1. Masjudi Mubarok

    Surat untuk mendaftar di jalur kebidanan terapan + profesi setelah lulus dari D3 kebidanan

  2. Ratih

    Hay kak.. untun periode 2023-2024 apakah akan dibuka kembali penerimaan alih jenjang jurusan D4 kebidanan berlanjut profesi?

  3. Yasminta

    halo kak? tiap tahun itu pasti buka untuk alih jenjang apa tidak ya kak kalau iya itu sekitar bulan apa

    • Naurah

      halo kak, mau tanya kak, apakah polkesta tahun ini bukak pendaftaran alihjenjang untuk d4 Kebidanannya kak, kalau boleh tau kapan ya kak?

  4. Riani

    Hallo kak apakah bisa alih jenjang dari D3 ke D4 tanpa profesi

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.