Analisis Kesehatan

Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung (Mellania)

Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung (Mellania)

Halo sobat intipers dimanapun kalian berada, perkenalkan saya Mellania Effany, mahasiswi Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Bandung angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman saya selama menjadi mahasiswi Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung. Cekidotttt….

Analis Kesehatan Itu Seperti Apa, dan Apa Saja Yang Dipelajarinya ?

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Analis Kesehatan. Analis Kesehatan adalah tenaga medis yang memegang peranan penting dalam analisa laboratorium kesehatan. Seorang dokter tidak akan langsung mendiagnosa penyakit pasien tanpa adanya pemeriksaan laboratorium. Dokter juga tidak akan memberikan resep obat kepada pasien tanpa adanya pemeriksaan laboratorium. Contohnya seperti saat ini, jika seseorang terkena gejala corona virus lalu seseorang tersebut datang ke rumah sakit maka akan diambil sampel apus tenggorok. Kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium oleh analis. Hasilnya nanti akan diserahkan kepada dokter dan akan didiagnosa apakah pasien tersebut positif atau negatif corona virus. Selain itu pemeriksaan Rappid test yang sedang gencar saat ini, pemeriksaan itu juga dilakukan oleh seorang analis loooh.

unisa

Lalu kenapa di judul kakak tertulis D3 Teknologi Laboratorium Medik? Jadi Di luar negri Analis Kesehatan itu sudah bernama Medical Laboratory Technology. Tahun ini jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung sudah resmi menjadi jurusan Teknologi Laboratorium Medik. Oh iya Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung juga merupakan kampus analis tertua loh.

Kita banyak mempelajari tentang cairan tubuh manusia seperti (darah, urin, sputum, feses, bahkan cairan otak). Selain itu kita juga belajar mengenai bakteri, makhluk hidup parasit, analisa makanan dan minuman, virus, DNA, bahkan kewirausahaan. Menurut orang orang, mahasiswa Analis Kesehatan adalah vampire, karena di mata kuliah flebotomi semester 2 masing masing mahasiswa Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung harus bisa melakukan pengambilan darah terhadap 25 pasiennya yang berbeda usia. Selain itu saat praktikum atau penelitian biasanya kita membutuhkan beberapa sampel darah dan biasanya kita mencari mangsa orang orang yang mau diambil darahnya. Jadi bisa dibilang Analis Kesehatan itu benar benar vampire (he he he).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata Kuliah dan Hal menarik kuliah di Analis Kesehatan ?

Menurutku, kuliah di Analis itu lumayan berat. Materi yang kita pelajari itu hampir sama dengan jurusan kedokteran. Buku buku yang direkomendasikan oleh dosen pun adalah buku kedokteran UI. Mata kuliahnya pun beragam, ada bakteriologi, instrumentasi, kimia analitik, kimia klinik, amami, virologi, toksikologi, sitohistoteknologi, hematologi, flebotomi, biomol, parasitologi. Adapun penanganan bencana alam dan kewirausahaan. Proses pembelajaran kami lebih banyak dalam melakukan praktikum dibanding teori. Oleh karena itu tidak heran jika setiap harinya kami membuat laporan praktikum dan ditulis tangan (itu adalah tugas wajib). Karena itu pula mahasiswa analis sangat terkenal sering begadang.

pmb2-min

Mata kuliah paling menarik bagi saya adalah bakteriologi. Di mata kuliah tersebut kita banyak mengenal berbagai macam spesies bakteri baik yang menguntungkan bagi tubuh ataupun bakteri patogen yang menyebabkan penyakit. Menariknya saat kita ingin menumbuhkan bakteri kita perlu melakukan isolasi bakteri pada media yang sesuai. Setelah diinkubasi, kita bisa melihat pertumbuhan bakteri pada media dengan bermacam macam warna yang menarik. Selain itu kita juga dapat melihat dengan jelas, bagaimana bentuknya, bagaimana alat pertahanan dirinya, dan baimana cara bakteri tersebut bergerak. Hal menarik lainnya kuliah di Analis Kesehatan yaitu ketika tidak tahan dengan bau feses terutama feses manusia. Saat itu kami sedang mempelajari spesies cacing penyebab penyakit pada manusia, dan saat kami melakukan pemeriksaan kami tidak diperbolehkan untuk menggunakan masker. Hal itu dilakukan agar kami terbiasa dengan hal hal seperti itu.

Tips Tips untuk Maba Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung ?

Di Analis Kesehatan sendiri, kita banyak belajar mengenai Biologi dan Kimia jadi pelajaran di SMA jangan dilupakan karena menjadi dasar untuk belajar di Analis Kesehatan, sebisa mungkin saat kalian semester 1 dan 2 kalian memahami betul materi yang disampaikan serta mencatatnya dengan rapih karena itu menjadi bekal saat kalian semester 3, 4, dan Uji Kompetensi nanti. Selain itu sikap ramah harus tetap dijaga karena di analis kita membutuhkan bantuan orang orang sekitar, seperti mendapatkan sampel pemeriksaan, selain itu didunia kerja kita akan bertemu banyak pasien yang berbeda beda sifatnya. Tips lainnya yaitu menggunakan APD dengan lengkap dan benar karena kita akan banyak berhubungan dengan bahan bahan kimia dan mikroorganisme berbahaya seperti virus dan bakteri. Karena biasanya ada juga dosen yang tidak mengizinkan mahasiswa untuk praktikum bila APD yang digunakan tidak lengkap. Lakukan praktikum dengan benar dan sesuai dengan prosedur, karena nantinya akan digunakan saat PKL dan saat dunia kerja.

Ikut organisasi dan seminar seminar kesehatan

Tips berikutnya yaitu ikut organisasi. Banyak sekali organisasi yang ada di Kampus Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung, seperti BEM, HIMA, dan UKM lainnya yang dapat menunjang kamu meningkattkan soft skill kamu. Dalam dunia kerja yang dibutuhkan bukan hanya ilmu akademik namun soft skill kamu juga sangat dibutuhkan. Dan tips terakhir yaitu, ikut seminar kesehatan, yang tentunya akan menambah nilai plus saat kalian melamar kerja nanti.

Prospek kerja Analis Kesehatan, kerjanya dimana ?

Sepengetahuan saya, untuk alumni Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung sendiri, banyak yang sekarang bekerjadi di Rumah sakit, ada juga yang bekerja di Laboratorium swasta, di Biofarma, dan ada juga yang menjadi teknisi alat alat laboratorium. Selain itu beberapa dari mereka yang lulusan D3 melanjutkan kejenjang D4 hingga S2, yang nantinya menjadi dosen. Untuk lulusan D3 dengan gelar (Amd.Kes) sendiri lebih banyak bekerja dilapangan, namun untuk D4 dengan gelar (S.Tr Kes) biasanya ada yang menjadi manajer atau pimpinan lab. Oh iya, bagi kalian yang punya jiwa kewirausahaan bisa juga untuk membuka laboratorium sendiri.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan Rencana Setelah Lulus ?

Setelah lulus kuliah ini, saya ingin sekali mengasah kemampuan saya di bidang analis kesehatan, dengan cara magang – magang di berbagai puskesmas atau rumah sakit, sambil mengeksplorasi peluang-peluang yang ada dan sebagai bekal untuk di dunia kerja nanti. Selain itu saya juga ingin menggunakan softskill yang telah saya dapatkan saat dikampus, untuk mendirikan komunitas sosial. Seperti komunitas peduli terhadap masyarakat yang kesulitan. Karena saya bukan hanya ingin menjadi seorang tenaga kesehatan yang profesional, tetapi saya juga ingin menjadi sebaik baik manusia, yaitu yang bermanfaat bagi orang lain.

Kode Konten: X199

Komen dibawah! 13

  1. Fani

    Halo kakk mau nanya dong
    Saya lulusan d3 analis
    Sayang ingin menjadi dosen lebih baik lanjut kemana kak ? D4 atau S1
    Mohon bantuannya kak?

    • mellaniaeffany

      Mohin maaf kak saya baru cek email jadi baru saya balas Kak ?

      Kalau setau saya untuk jadi dosen itu kan sekarang minimal S2, nah untuk lanjut dari D3 mau ke D4 atau ke S1 nya itu tergantung kakanya, misalnya nih saya ingin S2 di ITB, itu bisa kak, soalnya poltekkes bandung Itu kaya udah bekerjasama gitu sama ITB, jadi nanti ITB itu bakal nerima D4 TLM untuk masuk S2 nya. Jadi otomatis saya harus ikut D4 dulu, nah kalau dari D4 ke S2 nya kita milihnya mau dikampus lain, itu agak susah masuknya. Tapi kalau mau dari D3 langsung S1 juga bisa kak namanya ekstensi, jadi cari aja ekstensi S1 buat lulusan TLM nah nanti keluar nama sekolah2 nya untuk program ekstensi itu kalau ngga salah sekolahnya selama 2 tahun. Jadi mungkin kaka bisa cari informasi dikampus kaka, mengenai kampus kampus yang bekerjasama sama kampus kaka. Tp kalau saran dosen saya, kalau mau jadi dosen dan masih berhubungan dengan TLM mending ambil D4 kak. Mohon maaf kak jika jawabannya kurang memuaskan karena saya juga baru masuk semester 5 ?jadi mungkin belum terlalu faham betul mengenai itu, hanya saja dulu pernah diceritakan sama dosen saya hehehe

  2. Farah Zahirah

    KK bisa nggak kalo lulusan analisis kimia d3 ekstensi nya ke analisis kesehatan D4 ?

  3. Namira Zahra

    Makasih banyak kak udah berbagi pengalaman kakak!!! Aku maba tahun ini, jadi agak deg2an bakal gimana ke depannya… Abis baca tulisan kakak jadi lebih ngerti lagi tentang jurusan pilihan aku.

  4. Sarah

    Kak mau nanya kalo di poltekkes bandung bisa gak melanjut dari D3 ke D4? Caranya gimana yah kak. Makasih yah kak

  5. Ati Dheaputri

    Assalamualaikum Kak,Izin bertanya syarat-syarat untuk melanjutkan ke D4 TLM Poltekkes Kemenkes Bandung, itu apa saja ya Kak,soalnya sekarang Saya sedang menempuh pendidikan D3 TLM Kak,Dan insyaAllah berniat melanjutkan ke studi D4 Kak, terimakasih kak

  6. Ananta

    Kak kalo analis kesehatan mau lanjutin s2 nanti ngambilnya jurusan apa?

  7. Irba Sakilah

    Kak kalo analis kesehatan mau lanjutin s2 nanti ngambilnya jurusan apa?

  8. Daanish

    Kak kalo analis kesehatan mau lanjutin s2 nanti ngambilnya bisa jurusan apa?

  9. Eva Lestari

    Hi kak, ijin bertanya. Kalau saya berminat kerja di puskesmas lebih baik ambil D3 analis kesehatan atau langsung saja ke D4 nya ya? Mohon dijawab ya ka

  10. S R M

    Maaf kak saya mau tanya saya D4 TLM semester 8 jika Tuhan berkenan kan tinggal 1 langkah lagi lulus ni kan
    Saya mau bertanya apakah lulusan D4 TLM itu bisa daftar polisi begitu kak yg sumber sarjananya
    Terimakasih mohon infonya

  11. Lisna Nuraini

    Hallo kak, saya mau nanya untuk pendaftaran di buka kapan ya? Biaya daftar nya berapa?
    Ini sampe D3 atau sampe S1?
    Klau boleh saya minta tabel biaya nya kak

  12. Suziani hafizah

    Kak gimana caranya masuk di poltekes kemenkes bandung dari d3 masuk ke d4. Berapa biaya kuliah dan waktunya kk. Mohon dijawab? terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *