Analisis Kesehatan

Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Sukma)

Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Sukma)

Perkenalkan nama saya Sukma Yuliana Pawestri biasa dipanggil Yuli. Saya mahasiswi dari Prodi D III Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta angkatan 2017. Selain Analis Kesehatan jurusan saya juga bisa disebut Analis Medik ataupun Teknologi Laboratorium Medik (TLM). Pada kesempatan ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya selama belajar disini. Semangat membaca intipers.

Apa yang dipelajari di Jurusan Analis Kesehatan / TLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ?

Banyak hal yang dipelajari di Jurusan ini dari mata kuliah klinis dan non klinis. kita juga masih belajar Agama, Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dll

unisa

Untuk mata kuliah Kejuruannya kta mempelajari :

Beberapa Mata Kuliah Klinis yang dipelajari :

  • Anatomi Fisiologi
  • Hematologi
  • Patofisiologi
  • Bakteriologi
  • Imunooserologi
  • Histologi
  • Mikilogi
  • Urinalisa dan Cairan Tubuh

Beberapa Mata Kuliah Non Klinis yang dipelajari

pmb2-min
  • Komunikasi Kesehatan
  • Kimia Analitik
  • Instrumen Kesehatan
  • Promosi Kesehatan
  • K3 dan Patient Safety

Bagi aku mata kuliah pertamakali yang mengesankan adalah flebotomi, karena dimata kuliah ini kami diajari mengambil sampel darah yang benar menggunakan spuit (jarum suntik) ke teman sendiri. Tentu saja untuk pertama kalinya saya takut. Namun setelah beberapa kali mencoba kami mulai terbiasa mengambil dan diambil darah (sampling).

Tugas Kuliahnya Kayak Gimana ?

Karena saya kuliah di Politeknik tentu saja mata kuliah yang dipelajari  banyak diisi dengan praktikum dan menghasilkan laporan praktikum yang dikumpulkan sebelum memulai praktimum diminggu selanjutnya.

Apa Mata Kuliah dan Dosen Favorit di Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes ?

Karena sebelumnya saya sekolah di STM Pembangunan Yogyakarta (SMK N 2 Depok Sleman) Jurusan Kimia Analis, maka yang saya sukai tidak jauh dari jurusan sekolah saya sebelumnya seperti Kimia Analitik, Analisis Makanan dan Minuman serta Toksikologi. Namun banyak juga mata kuliah klinis yang saya sukai seperti Kimia Klinik, Hematologi, Anatomi Fisiologi dan lain-lain.

Untuk dosen favorit, sepertinya saya tidak bisa berkata-kata, disini kami dididik oleh pengajar yang luar biasa. Bp. Subrata sebagai Kajur dan ketua DPW Patelki Yogyakarta yang mengajar dengan menyenangkan, Bp. Sujono yang sangat cerdas, tegas dan logis dalam mengajar, Ibu Muji yang sangat berilmu namun rendah hati (saya pernah satu seminar dengan beliau walaupun ilmunya sangat tinggi namun beliau tidak gengsi untuk belajar dengan yang lebih muda dan selalu meng-upgrade ilmu), Bp. Sistiyono yang selalu tersenyum, Bp. Budi Setiawan dengan berbagai Jurnal Kesehatan yang dikelolanya, dan Bp. Uki Wulanggita yang sedang melanjutkan studinya di Khon Khaen University Thailand ada juga pengajar dari luar yaitu dokter Woro dan masih banyak pengajar keren lainnya.

Oiya for your Information Prodi D III dan D IV di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sudah terakreditasi A.

Keren deh Pokoknya !!!

Apa Tantangan Terbesar Kuliah di Jurusan  Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes?

Tantangan terbesar kuliah disini adalah diri sendiri, dimana kita harus melawan diri sendiri agar tidak sering menunda pekerjaan. Karena banyak mata kuliah praktikum dan pasti menghasilkan laporan praktikum, maka laporan praktikum jangan sampai menumpuk.

Jangan mencontek laporan praktikum milik teman, karena kamu hanya menyalin tidak belajar, padahal dalam praktikum yang dilakukan itu dapat di ujikan di UTS, UAS maupun UKOM (Uji Kompetensi)

Quotes gila saya :

Jika kamu menumpuk laporan praktikum, mereka akan bertemu saling mencintai dan beranak pinak. Maka kerjakan laporan praktikum sesegera mungkin.

Prospek Kerja / Alumni Kerja dimana aja ?

Prospek Kerja jurusan Analis Kesehatan dapat di Laboratorium klinis dan non klinis, Negeri Maupun Swasta. Nah buat intipers yang ga mau berprofesi sebagai “pekerja” kalian bisa lo buka Laboratorium Swasta sendiri. Keren Kan !!

Alumni yang aku kenal ada yang bekerja di RSUP, RSUD, Puskesmas, Balai Laboratorium Kesehatan, Lab Klinik Swasta, RS Swasta, Balai Lingkungan Hidup, dan sebagai Pranata Laboratorium di kampus-kampus Negeri ataupun swasta. Selain yang berpfofesi sebagai pekerja ada juga nih yang sekarang berprofesi sebagai pengusaha mendirikan Laboratorium Klinik Swasta di Jawa Barat.

Banyak juga yang melanjutkan pendidikan hingga bekerja sebagai dosen, kebanyakan dosen di Kampus saya merupakan lulusan dari kampus saya sendiri.

Organisasi ? Bisa Banget

Kalian mahasiswa kura-kura (Kuliah-Rapat Kuliah-Rapat) ? Bisa banget nih jadi bagian dari Ormawa yang ada di sini. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta memiliki Berbagai Organisasi Mahasiswa dan UKM yang dapat diikuti bagi kalian yang ga bisa diem.

Untuk Ormawa di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ada Badan Legislatif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, dan Himpunan Mahasiswa Program Studi. Untuk UKM yang bisa diikuti adalah Saka Bhakti Husada yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa regular tingkat I, Bela Diri, Futsal, Badminton, Sentra Kerohanian Islam, Pengenbangan Studi Al-Qur’an, Tari dan Masih banyak lagi. Kalau ada yang mau ditanyakan mengenai UKM komen dikolom komentar ya J

Aku sendiri mengikuti Ormawa HMJ Analis Kesehatan dan UKM Sentra Kerohanian Islam. Nah buat peraturanya mahasiswa boleh mengikuti Ormawa dan UKM secara bersamaan, tapi tidak boleh jika dobel Ormawa misal BEM dan HMJ, namun untuk UKM mahasiswa boleh mengambil sebanyak mungkin sesuai kemampuannya.

Tips Untuk Masuk Jurusan Analis Kesehatan

Tips untuk masuk di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah Jaga Kesehatan ini poin penting bagi calon mahasiswa, karena pada akhirnya kita akan merawat pasien jadi kita yang merawat juga harus sehat terlebih dahulu. Sehat yang dimaksud adalah tidak ada kecacatan fisik, penyakit, sampai kesehatan mental juga harus dijaga intipers. Tttssshhh jangan stress

Jalur SIPENMARU (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) yang tersedia di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ada 2 yaitu Jalur PMDP dan Uji Tulis. Jalur PMDP adalah jalur seleksi maba melalui prestasi  sedangkan Jalur Uji Tulis adalah tes seleksi secara tertulis. Soal-soal sipenmaru pada tahun sebelumnya dapat kalian pejalari dibuku yang setiap tahunnya di jual oleh BEM dan ada juga di internet. Untuk melihat sejauh mana kalian belajar kalian dapat mengikuti Try Out Sipenmaru yang diadakan setiap tahunnya di Auditorium Grha Bina Husada.

Untuk informasi yang lebih detail kalian bisa langsung cek di poltekkesjogja.ac.id

Rencana Setelah Lulus

Harapan saya setelah lulus adalah mengabdi menjadi bagian dari Tim Nusantara Sehat yang akan mengabdi di pelosok negeri dan memberikan keahlian yang saya miliki untuk membantu mereka agar tetap sehat. Tantangan yang saya pikirkan adalah bagaimana saya mensiasati agar setelah selesai dari pengabdian saya tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan informasi yang terus berkembang.

Setelah itu saya akan melanjtkan pendidikan Alih Jenjang. Bekerja dan memiliki laboratorium klinik swasta. Sehingga pada akhirnya saya dapat berguna bagi banyak orang terutama bagi teman seprofesi saya. 

Selalu Semangat untuk mewujudkan mimpi intipers !!!

Kode Konten: X202

Komen dibawah! 15

  1. ILHAM NOOR CAHYO

    Assalamu’alaikum kak

    Perkenalkan saya Ilham Noor Cahyo, kelas XII IPA di SMAN 2 Sampit.
    Saya sedang mencari referensi tentang perkuliahan dan tertarik untuk menggali lebih dalam jurusan analis kesehatan, terutama di POLTEKKES KEMENKES Yogyakarta. Kak, saya masih ragu dan bingung karena ketidaktahuan saya. Saya ingin menanyakan beberap hal kak, untuk jalur pmdb sendiri itu apa bisa diikuti dari luar Yogya(Kalteng), kak mata saya minus, apa menjadi kendala dalam seleksi atau penerimaan, untuk jurusan analis kesehatan sendiri apakah wajib asrama juga kak?
    Maaf kalau kurang sopan kak, mohon bantuannya.

    • sukmayulianapawestri

      hai ilham, jalur pmdp dapat diikuti oleh pendaftar dari luar jogja, dan hanya bisa didaftar dari SMA / MAN IPA. Mata minus tidak menjadi kendala dalam mengikuti seleksi penerimaan calon mahasiswa. Untuk jurusan Analis Kesehatan Tidak ada asrama
      semoga menjawab pertanyaan kak ilham 😉

  2. Nurfitriyah

    Kak boleh tanya,, Bisa tidak masuk poltekes dr jurusan IPS,, krn skg di jurusan IPS ada mata pelajaran peminatan Kimia dan Biologi,,

  3. Tri Purwanti

    Assalamualaikum kak. Saya ingim bertanya nih. Klo orang yang giginya berlubang apa bisa masuk di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di fakultas analis kesehatan? Dan bukan penghafal Al Qur’an apa busa di terima kak? Saya ingin tau kak.

    • sukmayulianapawestri

      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarokatuh
      dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru akan ada tes kesehatan yang harus dilalui.
      Yang penting bisa lolos tes lewat jalur PMDP atau uji tulis Simama (dulu Sipenmaru) bisa diterima sebagai mahasiswa tidak harus hafal Al-Quran. Penghafal Quran merupakan salah satu cara, bukan satu-satunya cara

  4. Dila

    Assalamu’alaikum kak boleh bertanya syarat-syarat apa saja untuk masuk ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta jurusan analis kesehatan ?
    Apakah jika mata minus bisa menjadi kendala saat seleksi atau penerimaan?
    Jurusan analis kesehatan apakah wajib asrama kak?
    Terima kasih.

  5. Christa Sebatubun

    Halo kak saya mau tanya, Poltekkes kemenkes ini terbuka untuk Umum atau tidak?

  6. Andri kurniawan

    Assalamualaikum wr. Wb
    Kak saya andri asal jambi saya sekolah di kesehatan jurusan perawat, sayamau nanya kak syarat untuk mengikuti ujian seleksi masuk itu apa aja kak trs harus mempelajari apa aja biar bisa mengerjakan soal ujian masuk karena kan sara dari jurusan perawat jdi tidak ada dasar di ilmu analis kak, dan jika ada gigi berlubang apa masih boleh masuk kesitu kak? Mohon jawabannya ya kak

    • sukmayulianapawestri

      Wa’alaikumussalam wr.wb
      Halo andri, Syarat untuk mendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru dapat diakses melalui wesite poltekkesjogja.ac.id ya 🙂
      Untuk soal uji tulisnya dapat mempelajari kumpulan soal-soal Sipenmaru tahun tahun seelumnya. atau dapat juga mengikuti Try Out yang dilaksanakan oleh BEM Poltekkes.
      Terimakasih andri semoga menjawab 🙂

    • Tiqa_

      Maaf kak mau tanya..saya masih kls 1 SMK kesehatan jurusan TLM..jika lulus nanti saya ingin lanjut ke sana..tp bisakah kuliah sambil kerja?

  7. Salsabila

    Hai kak mau tanya apa bener sih kalo dipoltekkes kemenkes susah buat sambil kerja?

  8. Cut riska maulidar

    Assalamualikum kk, kalau ingin masuk ke jurusan analis dari SMAN apa saja yang harus di fokuskan di mata pelajaran SMA nya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *