Antropologi, Universitas Gadjah Mada

Antropologi Budaya UGM (Rizky)

Antropologi Budaya UGM (Rizky)

Halo sobat intipers! Aku Rizky Kadar dari Antropologi Budaya UGM angkatan 2009. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Antropologi Budaya UGM seperti apa?

Antropologi itu sesuai konteks bahasanya berarti mempelajari tentang manusia. Di antropologi yang dipelajarinya itu lebih spesifik dan holistik berkenaan manusia. Tidak hanya sejarah, kesehatan dan psikologis manusia, tapi juga dipelajari dengan utuh dan spesifik. Kalau ngomongin tentang antropologi budaya itu ada variasi-variasi budaya di dalamnya, jadi kita bisa menemukan aspek kehidupan manusia dalam kebudayaan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Antropologi Budaya UGM?

Saya suka sekali kesenian, jadi saya berpikir jurusan apa yang sangat berkenaan dengan kesenian. Saya mulai baca mengenai sosiologi, menarik sekali ketika saya membaca tentang antropologi di suatu ensiklopedia. Jadi saya tertarik karena hal yang saya senangi itu kesenian tercover di antropologi meskipun tidak secara keseluruhan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tadi kita mengungkap variasi kebudayaan yang dipelajari di jurusan ini, itu banyak sekali dan ada unsur-unsurnya. Misalnya bahasa, itu tidak hanya kebahasaannya tapi juga cara mereka berkomunikasi. Selain bahasa, itu ada unsur teknologi, ilmu pengetahuan. Kita belajar menajdi seorang etnografer yang baik, belajar menceritakan keadaan dari kehidupan dalam sebuah masyarakat secara utuh dan kita bisa menceritakannya kepada banyak orang.

Observasi terlibat itu identik di antropologi. Kita melakukan penelitian secara langsung ke masyarakatnya. Di semester 5 saya melakukan penelitian di sebuah desa di Pemalang. Itu di mata kuliah Metode Penelitian Etnografi, kita belajar melakukan penelitian secara individu dan kelompok. Waktu itu saya topiknya ketenagakerjaan. Letak desa itu jauh dari perkotaan dan disekitaran pegunungan. Observasi terlibat ini kita berpartisipasi kepada masyarakat langsung, tidak hanya masuk tapi juga terlibat. Waktu itu saya mengikuti aktivitas seorang petani, beliau biasanya berangkat jam 5 pagi, melewati 2 gunung, 2 sungai. Ketika ingin pulang harus sebelum jam 5 sore, kalau setelah itu tidak bisa pulang lagi karena sudah tinggi. Nah itu banyak pengalaman yang didapatkan ketika pengalaman, kita tahu apa yang dialami individu dan masyarakat. Ketika itu saya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh bapak petani itu.

Kalau di perkuliahan kita udah disiapkan dengan sumber bacaan yang akan diriview untuk topik perkuliahan di minggu depan, ketika di kelas itu kita diskusi. Misalnya kajian tentang anak dan remaja di perkotaan, kita membahas kehidupan anak dan remaja perkotaan, anak jalanan, lalu coba didalami dengan teori dan pengalaman penelitian.

Ada juga kuliah apresiasi, apresiasi musik, apresiasi kuliner, kriya dan film. Artinya kita mencoba melihat sebuah karya dalam kacamata antropologi. Kita melihat dan merasakan karya yang dibuat seseorang, apa yang ingin disampaikan dan bagaimana penyampaiannya. Itu tidak dilakukan tidak dalam waktu sebentar.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Antropologi Budaya UGM?

Peminatan ada 2, konsentrasi sosial dan budaya. Itu dibedakan dari kajian yang ada di perkuliahan. Kalau di budaya itu mengkaji kesehatan dan hubungannya dengan budaya, kesenian, studi tubuh. Kalau dari sosial itu kita melihat kesejahteraan, anak dan remaja, psikologis, pemberdayaan masyarakat.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri atau UTUL. Dulu saya masuknya lewat UTUL. Infonya bisa dilihat di ugm.ac.id

Kuota penerimaan itu di tahun saya ada 40, kalau sekarang ini semakin banyak sekitar 60-70 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Sebenernya di antropologi itu kan yang dipelajari sangat luas, pesan saya pilih lah sebuah keterampilan yang akan menonjolkan kemampuan nanti kita hubungkan dengan antropologi. Misalnya saya menghubungkan kesenian dan antropologi.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu bisa masuk ke mana aja, sektor pemerintahan, swasta, dll. Kita belajar banyak hal tentang metode jadi bisa jadi konsultan masyarakat, wartawan, etnografer. Prospek lainnya itu banyak tergantung yang jadi kelebihan dalam diri kita. Seperti senior saya yang suka fotografi itu jadi fotografer presiden.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Karena saya berasal dari daerah, dulu saya berkeinginan untuk membangun daerah sendiri, ada beberapa yang ingin saya bagikan beberapa utamanya dalam hal pendidikan. Kebetulan saya masuk ke sebuah sekolah swasta di Aceh untuk membangkitkan semangat mereka.

Kode Konten: C157

Komen dibawah! 1

  1. Ghiyast Nadim Wibowo

    Di fakultas antropologi ugm wajib bhs inggris di setiap matkul gak si kak ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *