Tips

Apa itu TOEFL? Cek 5 Hal Penting tentang TOEFL yang Kamu Harus Tau!

Apa itu TOEFL? Cek 5 Hal Penting tentang TOEFL yang Kamu Harus Tau!

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui tentang Tes TOEFL

Apa itu TOEFL

Halo sobat intipers! Siapa sih yang gak mau dapat beasiswa? Lolos tahap seleksi CPNS? Atau bahkan diterima kerja dan mendapatkan kenaikan pangkat? Semuanya dapat tercapai dibantu dengan TOEFL. Apa itu TOEFL? Nah, di sini mimin bantu rangkumkan 5 hal penting yang perlu kamu ketahui tentang tes TOEFL. Yuk, cek!

1. Apa itu TOEFL?

Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes kemampuan berbahasa inggris internasional yang dapat digunakan untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi terutama ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, seperti Australia, Kanada, Amerika, dan New Zealand.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

TOEFL ini milik ETS (Educational Testing System) yang berpusat di New Jersey, USA. Jadi pastikan bahwa tes TOEFL yang akan kalian ambil sudah tersertifikasi asli agar bisa digunakan ya, sobat!

Nah, bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri, jangan khawatir! TOEFL ini bisa digunakan di 10.000 universitas di 130 negara, loh! Selain itu, TOEFL bisa digunakan untuk keperluan imigrasi ke Australia dan New Zealand.

Untuk memastikan persyaratan yang dibutuhkan, jangan lupa untuk cek langsung ke website lembaga yang kalian tuju atau bisa cek di sini.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

2. Jenis-Jenis Tes TOEFL

Tes TOEFL yang kali ini mimin bahas ada 3 yaitu, TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan TOEFL Essentials. Pembagian tes TOEFL ini dibagi berdasarkan tujuan dan preferensi mengambil tes. Berikut penjelasannya!

1. Apa itu TOEFL ITP?

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) diperuntukan untuk pemantauan kemajuan berbahasa Inggris, kepentingan sekolah, dan kepentingan lainnya.

Tidak hanya paper-based, tes ini juga menyediakan online-based test. Tes ini bisa digunakan sebagai syarat pendaftaran beasiswa dan universitas dalam negeri, bahkan sering digunakan sebagai salah satu penentuan kelulusan, loh.

Oh ya sobat intipers, tes ini menguji peserta mulai dari level High Beginner (A2) sampai Advanced (C1) dan dibagi menjadi 2 level, level 1 dan 2. Letak perbedaannya adalah di lama waktu pengerjaan, jumlah soal, dan level awal peserta yang akan melakukan tes. Untuk penjelasan lebih lanjut, mimin akan bahas di Format Tes TOEFL.

2. Apa itu TOEFL iBT?

TOEFL iBT (Internet-Based Test) diperuntukan untuk pemantauan kemajuan berbahasa inggris, kepentingan sekolah, dan proses kepengurusan visa di beberapa negara (New Zealand dan Australia).

Tes ini menguji peserta mulai dari level intermediate (B1) sampai advanced (C1), agak sedikit berbeda dengan TOEFL ITP.

Selain itu, tes satu ini hanya menyediakan format online-based test.

Kabar baiknya, apabila kalian ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, tes ini yang kalian butuhkan!

3. Apa itu TOEFL Essentials?

TOEFL Essentials merupakan produk terbaru ETS yang diluncurkan pada tahun 2021.

Berbeda dengan TOEFL ITP dan TOEFL iBT, tes ini meliputi konteks general dan akademik.

Selain itu, penutur Bahasa Inggris level beginner (A1) hingga advanced (C1) bisa mengikuti tes ini!

Keunikan lain dari TOEFL Essentials adalah sepenuhnya dilaksanakan di rumah (online) dan level kesulitan soal menyesuaikan level berbahasa inggris peserta.

3. Format Tes TOEFL

Format tes TOEFL berbeda-beda tergantung tipe tes yang dipilih. Waktu yang digunakan juga bervariasi antara 1,5 jam sampai 3 jam. Berikut penjelasannya!

1. TOEFL ITP

TOEFL ITP menguji keterampilan mendengarkan, membaca, dan memahami struktur dan ekspresi tertulis dalam bahasa Inggris. Terdapat sedikit perbedaan waktu dan format soal antara level 1 dan 2. Berikut penjelasannya:

Level 1

Level: Intermediate – advance

Waktu: 2 jam

Materi:

  • Listening Comprehension: 50 soal, 35 menit
  • Structure and Written Expression: 40 soal, 25 menit
  • Reading Comprehension: 50 soal, 55 menit

Level 2

Level: High beginner – intermediate

Waktu: 1 jam 10 menit

Materi:

  • Listening Comprehension: 30 soal, 22 menit
  • Structure and Written Expression: 25 soal, 17 menit
  • Reading and Vocabulary: 40 soal, 31 menit

Ingin informasi lebih lanjut? Cek Pedoman TOEFL ITP: Contoh Soal & Pembahasan!

2.  TOEFL iBT

TOEFL iBT menguji keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Waktu yang dialokasikan untuk mengerjakan tes ini adalah selama 3 jam, tapi ada jeda waktu 10 menit istirahat setelah selesai mengerjakan bagian mendengarkan dan membaca. Berikut penjelasannya:

  • Reading: membaca 3 – 4 bacaan kemudian menjawab 10 pertanyaan untuk tiap bacaan (54 – 72 menit)
  • Listening: mendengarkan audio tentang perkuliahan, diskusi akademik, dan percakapan kemudian menjawab beberapa pertanyaan (41 – 57 menit)
  • Speaking: mengungkapkan pendapat berdasarkan topik-topik yang diberikan dan memberikan jawaban secara verbal tentang tugas membaca dan mendengarkan (17 menit)

Untuk penjelasan lebih lanjut, bisa cek Format Keterampilan Berbicara TOEFL iBT

  • Writing: menulis essay berdasarkan tugas membaca dan mendengarkan, kemudian menuliskan pendapat mengenai isu yang dibahas di tugas menulis sebelumnya (50 menit)

Ingin informasi lebih lanjut? Cek TOEFL iBT: Contoh Soal & Pembahasan!

3. TOEFL Essentials

TOEFL Essentials menguji keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Akan tetapi materi yang diujikan adalah perpaduan konteks akademik dan general dengan perbandingan 50:50.

Sobat intipers hanya perlu menghabiskan 1,5 jam saja untuk menyelesaikan tes ini, jauh lebih cepat dari TOEFL ITP dan iBT. Berikut penjelasannya:

  • Listening: menjawab 30 – 45 pertanyaan tentang dialog dan percakapan di berbagai situasi (21 – 34 menit)
  • Reading: menjawab 30 – 45 pertanyaan tentang teks akademik dan non-akademik (22 – 33 menit)
  • Writing: merespon 15 – 19 pertanyaan dan menyelesaikan 2 tugas yang mengharuskan peserta menyusun kalimat dan menulis respon/balasan dalam konteks akademik dan non-akademik (24 – 30 menit)
  • Speaking: menyelesaikan 3 tugas dengan 19 respon/balasan yang mengharuskan peserta untuk menceritakan kembali apa yang sudah ditulis dan berbicara kepada interviewer (13 menit)
  • Video personal (tidak masuk dalam perhitungan skor): respon 2 pertanyaan tentang diri sendiri dan pandangan pribadi (5 menit)

Ingin informasi lebih lanjut? Cek Format TOEFL Essentials!

4. Skor Tes TOEFL

Standar skor TOEFL berbeda-beda tergantung tes yang diambil. Berikut mimin rangkum skor TOEFL ITP, iBT, dan Essentials:

  • TOEFL ITP

Level 1: 310 – 677

Level 2: 200 – 500

  • TOEFL iBT: 0 – 120 poin
  • TOEFL Essentials: 1 – 12

Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan kunjungi interpretasi skor untuk masing-masing tes TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan TOEFL Essentials.

5. Harga Tes IELTS

Harga tes TOEFL beragam berdasarkan jenis tes dan lokasi yang dipilih.

Untuk TOEFL ITP harga berkisar Rp500.000 – Rp600.000, sedangkan untuk TOEFL iBT Rp2.600.000 – Rp3.300.000, dan yang terakhir TOEFL Essentials Rp1.400.000 – Rp1.700.000. Jadi bisa disimpulkan bahwa TOEFL ITP merupakan yang termurah dan TOEFL iBT yang termahal.

Oke, jadi itu 5 hal penting yang perlu kamu ketahui tentang tes TOEFL! Semoga membantu ya. Jadi, gimana? Sudah tau tes TOEFL mana yang kalian butuhkan? Kalau kalian merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin (@intipkuliah) di Instagram dan baca tips lainya di sini.

Referensi:

  1. https://www.etsglobal.org/pl/en/test-type-family/toefl-itp-tests
  2. https://www.etsglobal.org/pl/en/test-type-family/toefl-ibt-test
  3. https://www.etsglobal.org/pl/en/test-type-family/the-toefl-essentials-test
  4. https://www.ets.org/toefl/test-takers/ibt/where/country/australia-nz/#:~:text=TOEFL%20iBT%20scores%20are%20also,prior%20to%20your%20application%20date 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.