Tips

Apa itu Volunteer? Cek 3 Hal Penting tentang Jadi Volunteer!

Apa itu Volunteer? Cek 3 Hal Penting tentang Jadi Volunteer!

3 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jadi Volunteer

 

apa itu volunteer

Halo sobat intipers! Lagi punya waktu luang dan ingin menambah pengalaman serta koneksi? Tidak tahu kemana harus mencari dan memulai? Volunteering adalah jawabannya. Tapi apakah kalian tahu tentang apa itu volunteer, manfaat jadi volunteer, dan cara jadi volunteer? Untuk menjawab pertanyaan kalian, kali ini mimin akan membahas 3 hal penting yang harus kamu ketahui tentang jadi volunteer.

1. Apa Itu Volunteer?

Mungkin bagi yang belum mengetahui sering bertanya-tanya apa itu volunteer dan apa itu volunteering.

Volunteering bukan hal yang baru. Kata lain dari volunteering adalah kesukarelawanan. Sedangkan volunteer adalah sukarelawan atau yang biasa disebut dengan relawan. Menurut KBBI, sukarelawan adalah orang yang melakukan sesuatu secara sukarela (tidak ada kewajiban dan paksaan).

intipkuliah-web1

Jadi ketika seseorang menjadi volunteer orang tersebut tidak diberi upah atau gaji. Wah rugi dong? Tidak, sobat intipers. Kalian tetap akan mendapatkan manfaat. Mau tau apa saja manfaatnya? Cek Manfaat Jadi Volunteer di bawah ini!

2. Manfaat Jadi Volunteer

Setelah kalian mengetahui tentang apa itu volunteer, sekarang mimin akan bahas apa saja manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika menjadi volunteer. Berikut beberapa manfaat jadi volunteer:

1.    Memperbanyak Koneksi

Ketika kalian mengikuti kegiatan volunteering, kalian akan bertemu dengan berbagai macam individu dengan karakteristik dan latar belakang yang berbeda.

Kalian bisa memanfaatkan momen ini untuk menjalin koneksi dengan orang lain. Menjalin koneksi dengan orang lain dapat memperbesar peluang dan kesempatan karir nantinya.

Keuntungan lain adalah kalian bisa mendapatkan arahan, masukan, dan pengetahuan dari anggota komunitas yang bergerak di bidang yang kalian minati. Siapa tahu nantinya rekan volunteer kalian bisa menjadi partner bisnis, mentor, dsb.

2.    Meningkatkan Softskill

Softskill merupakan salah satu skill yang banyak dilirik oleh perusahaan atau penyedia kerja lainnya. Hal ini diperkuat oleh studi yang dilakukan oleh SHRM (The Society for Human Resources Management) yang mensurvei pengusaha atau penyedia kerja yang hasilnya adalah 97% pengusaha atau penyedia kerja mengatakan softskill sama atau lebih penting daripada hardskill.

Beberapa contoh softskill antara lain teamwork, problem-solving, leadership, dan communication. Ketika mengikuti volunteering, kalian bisa melatih kemampuan-kemampuan softskill kalian tersebut. Kalian dihadapkan dalam situasi nyata di dunia kerja dan bermasyarakat yang tentu saja tidak bisa didapatkan dengan hanya duduk dibangku sekolah.

3.    Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah memperbanyak koneksi dan meningkatkan softskill, manfaat yang terakhir adalah meningkatkan rasa percaya diri.

Ketika kalian memutuskan untuk menjadi volunteer, kalian dipaksa untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain yang mungkin saja mempunyai latar belakang serta karakteristik yang berbeda.

Tidak hanya itu, kalian juga berlatih untuk mengembangkan diri sesuai dengan bidang yang kalian pilih. Hal ini membuat siapa saja yang pernah menjadi volunteer menjadi lebih percaya diri ketika dihadapkan pada situasi riil atau dalam dunia kerja.

3.  Cara Menjadi Volunteer

Langkah terakhir setelah mengetahui apa itu volunteer dan manfaatnya adalah cara menjadi volunteer.

Bagi kalian yang berminat untuk menambah pengalaman dan koneksi, kalian bisa mendaftarkan diri untuk menjadi volunteer di kegiatan kampus atau sekolah kalian.

Selain itu, kalian bisa bertanya dan memantau perekrutan volunteer di setiap komunitas atau organisasi yang kalian tahu melalui website atau sosial media masing-masing.

Terakhir, kalian bisa mengunjungi website IndoRelawan yang menyediakan berbagai jenis volunteering, seperti daring dan luring. Kalian juga bisa memilih kegiatan berdasarkan domisili, prioritas bidang, dan bahkan waktu yang kalian inginkan di platform satu ini.

Oke, jadi itu 3 hal penting yang kamu harus ketahui tentang jadi volunteer. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi volunteer? Semoga artikel ini membantu ya! Oh ya, kalau kalian merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update, jangan lupa follow mimin (@intipkuliah) di Instagram dan baca tips lainya di sini.

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.